tren belanja produk kecantikan

Tren Belanja Beauty & Care di Tokopedia Pada September 2022, Brand Lokal Jadi Primadona!

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Hasil penelusuran Tim Compas menemukan, Beauty & Care jadi kategori terlaris dalam industri FMCG di Tokopedia selama periode September 2022. Terhitung, kategori tersebut mengantongi sales revenue hingga Rp79 miliar dalam sebulan. 

Tren belanja Beauty & Care terpantau didominasi oleh sub kategori Perawatan Wajah, Perawatan Tubuh, dan Perawatan Rambut. Perawatan Wajah menempati posisi pertama dengan mencetak sales revenue sebanyak Rp26 miliar. 

Untuk sub kategori Perawatan Wajah, serum mendominasi penjualan bulan September 2022 ini. Sales revenue yang diperoleh dari penjualan produk serum mencapai Rp6 miliar. 

Pada peringkat 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh sub kategori Pembersih Wajah dan Pelembab Wajah. Masing-masing sub kategori tersebut mampu mendapatkan sales revenue sebesar Rp5 miliar dan Rp4 miliar. 

Data tersebut membuktikan potensi pasar serum di Tokopedia begitu menggiurkan. Tak mengherankan jika banyak pemain lokal menjajal pasar tersebut dan beberapa diantaranya tercatat menorehkan prestasi. 

Top Brands Serum di Tokopedia, 2 Pemain Lokal Jawaranya!

tren belanja produk kecantikan

Riset Compas Dashboard selama bulan September 2022 membuktikan pemain lokal dalam industri Beauty & Care tak bisa diremehkan. Dua nama besar yang terbilang masih baru ini sukses membuktikan performanya melalui data penjualan serum yang laris manis.

Perolehan sales revenue tertinggi menjadikan Somethinc dan Avoskin sebagai dua brand skincare lokal yang berjaya di peringkat teratas. Baru berdiri pada tahun 2019, Somethinc berhasil menyabet juara pertama top brand serum dengan sales revenue Rp729 juta. 

Sedangkan Avoskin, brand di bawah naungan PT Avo Innovations & Technology ini menduduki peringkat kedua melalui sales revenue senilai Rp623 juta. Selain dua brand skincare tersebut, sebenarnya ada sejumlah pemain lokal lainnya yang masuk daftar top 10 brands serum. 

Mungkin saja brand Anda yang berhasil menjadi salah satunya. Cari tahu info selengkapnya hanya dengan mengakses data penjualan tersebut DI SINI

Tak hanya memantau performa top brands, Tim Compas juga menelusuri jenis serum terlaris berdasarkan tipenya. Hasilnya, dengan manfaat utama “mencerahkan” menjadikan tipe serum brightening terunggul di antaranya jenis lainnya. 

Namun, temuan lain cukup mengejutkan karena pasar produk tipe serum brightening tersebut tidak dikuasai oleh brand skincare lokal. Kendati demikian, dua brand lokal sebelumnya tetap masuk tiga besar.

Kira-kira, siapakah yang meraih penjualan tertinggi pada produk serum brightening tersebut? Anda bisa memantaunya secara langsung dengan mengakses datanya melalui Compas Market Insight Report

Menariknya lagi, top 3 brands serum brightening ini mengandung formula yang sama, yakni Niacinamide. Satu resep rahasia yang menarik konsumen untuk membeli produk dari brand tersebut sehingga performa bisnisnya konsisten di industri Beauty & Care ini. 

Kesimpulan

Data Compas Dashboard membuktikan, pasar Beauty & Care di Tokopedia sangat potensial dijadikan ladang bisnis terutama pada produk serum yang belakangan ini banyak diburu konsumen. Ditambah lagi, atensi konsumen Indonesia yang memberikan respon positif terhadap brand-brand lokal sehingga kuat bersaing di dalam negeri. 

Namun, kehadiran berbagai pemain luar juga perlu diperhatikan mengingat pasar Beauty & Care di Indonesia skalanya masih luas. Riset Tim Compas menyebutkan, beberapa brand luar yang sukses merebut hati konsumen Indonesia di antaranya Skintific dan Garnier. 

Antisipasi berbagai kompetitor yang bisa menjatuhkan performa bisnis Anda dengan melakukan riset pasar. Riset pasar akan mempermudah Anda dalam memantau pergerakan kompetitor hingga melihat peta persaingan bisnis di e-commerce. 

Butuh data riset pasar secara akurat dan cepat? Hubungi Team Compas atau DM Instagram Compas. Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.