logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Pepsodent Raih Market Share Tertinggi 54.22% Dalam Kategori Mouth Care di Tokopedia, Lazada, dan Blibli

Compas Data Market Insight: Pepsodent Raih Market Share Tertinggi 54.22% Dalam Kategori Mouth Care di Tokopedia, Lazada, dan Blibli

Author: Nabila Suci Andini

Compas.co.idTak terasa bulan ramadhan sudah berjalan selama seminggu. Selama itu pula masyarakat muslim semakin fokus menjaga kesehatan tubuh, termasuk kebersihan mulut melalui penggunaan produk-produk perawatan mulut atau mouth care agar kesehatan gigi dan gusi tetap terjaga, serta terhindar dari bau mulut. Beberapa tips agar terhindar dari gangguan mulut, yakni menyikat gigi dengan teratur sebanyak dua kali sehari, membersihkan area lidah dengan pasta gigi, kumur – kumur dengan obat kumur andalan, minum air yang cukup dan kurangi konsumsi makanan atau minuman manis.

Tren Penjualan Produk Kategori Mouth Care Jelang Ramadhan

Compas.co.id melihat bahwa bulan ramadhan selalu memberikan peluang bisnis yang lebih besar, sehingga tim Compas.co.id memantau kondisi pangsa pasar kategori mouth care untuk melihat tren yang muncul dan besarnya peluang bisnis yang dapat. Berdasarkan data pantauan Compas.co.id pada periode 25 Februari – 10 Maret 2024 menunjukkan bahwa total pendapatan (sales revenue) dari jumlah produk yang terjual untuk kategori mouth care mencapai angka 9,8 miliar rupiah dan lebih dari 301 ribu produk telah terjual hanya dalam dua minggu.

Angka yang cukup fantastis tersebut telah berhasil menggambarkan besarnya peluang untuk meningkatkan pendapatan dan/atau penjualan dari produk – produk mouth care. Berikut ini terdapat 7 Brand yang berhasil meraih penjualan tertinggi selama 14 hari di marketplace Tokopedia, Lazada, dan Blibli.

Pepsodent Raih Market Share Tertinggi 54.22% Dalam Kategori Mouth Care di Tokopedia, Lazada, dan Blibli

1) Pepsodent

Pepsodent adalah brand terkemuka dalam kategori perawatan mulut (mouth care). Produk pertama Pepsodent adalah pasta gigi yang diperkenalkan pada tahun 1915. Awalnya, Pepsodent diproduksi sebagai formula untuk menghilangkan noda pada gigi dan memberikan nafas segar, namun seiring berjalannya waktu Pepsodent terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas, serta layanan agar dapat memuaskan para pembeli setianya.

Hal tersebutlah yang membuat Pepsodent menjadi juara top 1 dari top 7 brand dengan market share tertinggi untuk kategori mouth care di Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Bahkan, sales revenue yang didapat oleh Pepsodent mencapai angka 5,3 miliar rupiah dengan jumlah produk terjual sebanyak 149 ribu produk terjual. Angka tersebut mampu dicapai hanya dalam waktu dua minggu. Dengan demikian, Pepsodent meraih market share tertinggi sebesar 54.22%. Pencapaian ini semakin menegaskan posisi Pepsodent sebagai brand pilihan utama bagi konsumen dalam hal perawatan mulut.

2) Sensodyne

Sensodyne pertama kali diperkenalkan pada tahun 1961 oleh perusahaan farmasi Inggris bernama Block Drug Company. Sensodyne adalah pasta gigi yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah gigi sensitif atau sensitivitas gigi. Perbedaan formula dan target menjadikan Sensodyne lebih unggul dibanding merk produk mouth care lainnya, khususnya dalam hal pasta gigi.

Dalam pantauan data Compas.co.id, Sensodyne menempati posisi ke-2 sebagai brand dengan penjualan terbanyak, yakni 14.3 ribu item terjual. Total nilai penjualan yang diperoleh Sensodyne kali ini sebesar 7.48%.

3) Close up

Close Up adalah merek pasta gigi yang sangat populer di banyak negara di seluruh dunia. Dengan distribusi yang luas dan kampanye pemasaran yang kuat, Close Up berhasil menarik perhatian konsumen dari berbagai latar belakang dan budaya. Terbukti dengan dari yang dipantau oleh Compas.co.id, Close up berhasil masuk top 3 dari dari top 7 brand mouth care dengan market share tertinggi periode 25 Februari – 10 Maret 2024. Sales revenue yang diraih oleh merk ini hampir menyentuh angka 700 juta rupiah dengan jumlah produk terjual sebanyak 28.6K, sehingga market share yang didapat oleh Close Up sebesar 7,12%.

Pepsodent Raih Market Share Tertinggi 54.22% Dalam Kategori Mouth Care di Tokopedia, Lazada, dan Blibli

4) Colgate

Sebagai perusahaan global, Colgate turut berkomitmen untuk bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. Colgate menunjukkan kontribusinya melalui inisiatif untuk meningkatkan kesehatan gigi masyarakat, mendukung pendidikan, dan melindungi lingkungan. Dengan branding dan citra diri yang baik, serta turut andil dalam memberikan edukasi pada masyarakat, maka tak heran jika Colgate masuk dalam jajaran top 7 brand mouth care dengan market share tertinggi di marketplace, Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Jumlah produk terjual dari brand ini sebanyak 7.6K dan memperoleh market share sebesar 4,57%. Dari data tersebut, maka Colgate berhasil mengamankan mereknya di urutan ke empat.

5) Ciptadent

Ciptadent adalah merupakan brand yang berasal dari negara Jepang. Dalam data market insight dashboard Compas.co.id, Ciptadent berada di urutan kelima dari top 7 brand dengan market share tertinggi, yaitu 4.51%. Ciptadent sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1980an dan tetap eksis hingga saat ini.

6) Polident

Polident dikenal dengan brandingnya sebagai produk yang berfokus pada kebersihan gigi palsu, sehingga dirancang khusus untuk membersihkan dan merawat gigi tiruan. Perbedaan formula dan fokus target yang dimiliki Polident berhasil membawa merek tersebut masuk dalam top 7 brand mouth care dan menempati posisi ke enam. Dalam periode ini, Polident memperoleh market share sebesar 3,64% dengan total jumlah produk terjual sebanyak 5.1 ribu produk terjual.

7) Listerine

Pada umumnya listerine dikenal sebagai antiseptik untuk membersihkan luka dan mulut sampai akhirnya melakukan inovasi produk dan branding sebagai obat kumur dengan fokus menjaga kebersihan mulut dan mencegah penyakit gusi. Listerine termasuk salah satu produk yang sering dibeli di bulan suci Ramadhan, berdasarkan data milik Compas.co.id, Listerine menempati posisi ke tujuh dari top 7 brand mouth care dengan perolehan market share tertinggi. Jumlah produk terjual dari Listerine hampir mencapai 5 ribu produk terjual. Listerine juga memperoleh market share sebesar 2.65%.

Kesimpulan

Berdasarkan data periode 25 Februari – 10 Maret 2023 yang dipantau oleh Compas.co.id melalui Compas Market Insight Dashboard, menyatakan bahwa Lazada memperoleh total pendapatan sampai 5 miliar rupiah dari jumlah produk terjual dalam kategori mouth care, sehingga Lazada menjadi marketplace nomor satu, posisi kedua disusul oleh marketplace Tokopedia dan Blibli diurutan terakhir.

Pepsodent Raih Market Share Tertinggi 54.22% Dalam Kategori Mouth Care di Tokopedia, Lazada, dan Blibli

Dari ketujuh brand yang memiliki pencapaian penjualan tertinggi, posisi nomor urut satu diraih oleh Pepsodent. Hal ini dikarenakan Pepsodent mendominasi market share lebih dari 50%. Disusul oleh Sensodyne, Close up, Colgate, Ciptadent, Polident, dan Listerine.

Compas.co.id menyediakan data menarik lainnya dari berbagai kategori dan platform e-commerce. Tertarik ingin mendapat market insight di kategori brand Anda? Silahkan claim free Request Demo Dashboard dari Compas melalui fitur contact us sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.