logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
top brand hand sanitizer

Menjanjikan, Intip Yuk 10 Top Brand Hand Sanitizer Paling Laris di E-Commerce Indonesia

Menjanjikan, Intip Yuk 10 Top Brand Hand Sanitizer Paling Laris di E-Commerce Indonesia

Author : Raga Putra Wiwaha 

Compas.co.idBulan suci Ramadan merupakan saat yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan ini, umat Islam dilatih untuk melawan hawa nafsu, serta rasa lapar dan haus mulai dari subuh hingga maghrib selama sebulan hingga Hari Raya Idul Fitri tiba. Tahun 2022 ini, pemerintah Indonesia menetapkan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Minggu 2 April 2022. 

Di tengah situasi pandemi COVID-19, bagaimana agar  dapat menjaga kebersihan selama bulan puasa? Tentunya dengan cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Kebiasaan baru ini membuat hand sanitizer menjadi salah satu barang wajib untuk dibawa pergi sehingga bisnis hand sanitizer menjadi subur. Pada tahun 2020, menurut laporan tim Compas, penjualan hand sanitizer di marketplace naik hingga 81,12%. 

Diantara dua jenis produk hand sanitizer yaitu cair dan gel, hand sanitizer berbahan gel dinilai lebih efektif daripada cair. Hal ini karena hand sanitizer gel dapat menjangkau seluruh permukaan tangan dan menyerap lebih lama pada kulit.Lantas, bagaimana penjualan hand sanitizer di Shopee dan Tokopedia pada periode 1-15 Maret 2022?

Dalam artikel kali ini, Compas akan menyajikan rangkuman hasil riset internal data penjualan hand sanitizer  metode online crawling Official dan Non-Official Store di Shopee dan Tokopedia. Pada kategori handsanitizer, terdapat -/+10.5 ribu listing produk (-/+8.7 ribu listing di Non-Official Store dan -/+1.7 ribu listing di Official Store) untuk periode 1-15 Maret 2022.  simak yuk pembahasannya berikut!

Top Brand Hand Sanitizer Terlaris di Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 Maret 2022

top brand hand sanitizer

1. Antis

Di Urutan pertama dalam daftar top rank hand sanitizer di pimpin oleh brand lokal, Antis dengan memiliki jumlah sales volume sebesar 22.0%. Dilansir dari laman infobrand.id kepopuleran Antis di media sosial cukup hebat dibuktikan dengan 236 ribu lebih ulasan pada halaman internet serta memiliki jumlah followers yang tinggi pada instagram dan facebook yaitu 750 ribu followers. Berkat hal tersebut Antis meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020.

Dibalik kesuksesannya mendapat penghargaan di tahun 2020, tak lepas dari giatnya menerapkan strategi marketing seperti hasil pantauan tim Compas, Antis menerapkan diskon produk, mengadakan kolaborasi dengan perusahaan lain serta giveaway yang menarik. Hasilnya terdapat produk terlarisnya yaitu Antis saset 5 ml Hand Sanitizer yang mampu melindungi tangan dari bakteri atau virus dan cocok dibawa kemana saja.

2. Lux

Dibawah naungan perusahaan raksasa Unilever Lux berhasil menduduki peringkat kedua dalam daftar top rank hand sanitizer terlaris dengan jumlah sales volume sebanyak 9.3%. Jika mendengar Lux mungkin langsung terpikirkan akan produk sabun mandinya. Namun, di masa pandemi sekarang ini Lux berkomitmen ingin ikut andil dalam memutus penyebaran virus Covid-19 ini dengan menciptakan hand sanitizernya.

Dalam kategori ini, hasilnya terdapat salah satu produk terlaris Lux Hand Sanitizer Jasmine 50ml berdasarkan hasil riset tim compas yang memiliki manfaat untuk membunuh 99% kuman dan bakteri serta mengandung moisturizing cepat kering dan tidak lengket.

3. Nuvo

Nuvo merupakan merek produk sabun antiseptik dari Wings Group yang berguna untuk melindungi badan dari kuman kini berhasil menduduki peringkat kedua dengan sales volume 8.8%. Tak hanya sabun mandinya saja, kini Nuvo melebarkan sayapnya dengan membuat produk hand sanitizernya, tentu Nuvo juga ingin membantu menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat indonesia di masa pandemi ini. 

Dalam mendekatkan diri pada konsumennya, Nuvo menerapkan berbagai strategi marketing menarik seperti membuat campaign, edukasi tentang kebersihan dan kesehatan keluarga. Hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Nuvo Hand Sanitizer 50ml dan Antis Hand Sanitizer 60ml yang mudah dibawa kemana-mana dan menjaga tangan dari kuman berbahaya.

4. Secret Clean 

Buatan indonesia, Secret Clean menjadi brand keempat terlaris dalam daftar top rank hand sanitizer paling laris di e-commerce dengan mencapai jumlah sales volume yaitu 7.4%. Dilansir dari laman website lifestyle.kompas.id selain cairan pembersih tangan brand ini membuat aneka pembersih untuk perabotan, termasuk desinfektan untuk helm.pelengkap ibadah hingga pembersih makanan.

Tak hanya menciptakan produk baru sebagai strategi marketingnya, Secret Clean juga turut melakukan edukasi tentang kebersihan dan kesehatan hingga produknya di review oleh kalangan selebriti. Hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Secret Clean Hand Sanitizer Liquid 60 ml yang diklaim mengandung aloe vera, alkohol 70% yang membantu menjaga kebersihan tangan. 

5. Instance

Selanjutnya, di peringkat kelima Instance berhasil menduduki daftar top rank hand sanitizer terlaris dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 5.6%. 

Dalam mendekatkan diri dengan konsumennya, Instance turut melakukan strategi marketing seperti hasil pantauan dari laman instagram resminya yaitu dengan giveaway, promo hingga menciptakan produk kebersihan baru. hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya pada kategori ini yaitu Instance Hand sanitizer pocket spray 18ml yang memiliki kandungan 75% alkohol yang lebih efektif membunuh kuman dalam 30 detik.

6. Onemed

Di Peringkat keenam, Onemed brand lokal berhasil menduduki daftar top rank hand sanitizer terlaris dengan memiliki jumlah sales volume mencapai 4.6%. 

Onemed turut melakukan strategi marketing, seperti hasil pantauan tim Compas melalui laman instagram resminya yaitu dengan diskon promo hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Onemed Hand Sanitizer Aseptic Plus Spray 100 ml yang efektif untuk mencegah bakteri gram gram positif dan gram negatif, terdapat kandungan aloevera yang membuat tangan menjadi lembut.

7. Saniter 

Di Peringkat ketujuh Saniter berhasil menduduki daftar top rank hand sanitizer terlaris dengan memiliki jumlah sales volume mencapai 4.0%. dilansir dari laman website lifestyle.sindonews.com Saniter menggunakan multilocal business model yang dimaksud yaitu dapat memproduksi dalam waktu singkat khususnya produk hand sanitizernya.

Terdapat berbagai strategi marketing yang mereka lakukan seperti, dikson produk, edukasi tentang kesehatan dan kebersihan pada media sosial resminya. Hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Saniter Sanitizer Desinfektan Spray Udara Ruangan Barang 400 ml mengandung alkohol 70% dapat disemprot pada ruangan sehingga terhindar dari bakteri dan virus.

8. Lanco

Lanco Selanjutnya brand yang berhasil menduduki peringkat kedelapan dalam daftar top rank hand sanitizer terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 3.1%.  Dalam kategori ini Lanco berhasil mendaratkan salah satu produk terlarisnya yaitu Hand Sanitizer Antiseptic 500 ml yang sangat efektif untuk mencegah infeksi, tidak lengket ditangan dan tidak terasa kering dan kasar.

9. Happy Care

Selanjutnya, Happy Care menduduki peringkat kesembilan dalam daftar top rank hand sanitizer terlaris dengan memiliki sales volume 1.6%

Dalam kategori ini terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Hand Sanitizer Cair Happy Care alkohol 70% yang memiliki manfaat ampuh untuk membunuh kuman dan virus dengan kandungan alkohol yang tinggi.

10. Natura

Daftar top rank hand sanitizer terlaris pada periode ini ditutup dengan brand Natura dengan memiliki sales volume yaitu 1.3%. 

Hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Natura Hand Sanitizer Cair 5 Liter Hand Sanitizer Spray Refill yang memiliki kandungan alkohol tinggi sehingga ampuh dalam membunuh kuman serta dirancang dengan formula baru 2 in 1 hand sanitizer sekaligus desinfektan dengan double bahan aktif.

Kesimpulan 

Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwatop brand hand sanitizer paling laris dimenangkan oleh brand antis dengan memiliki jumlah sales volume sebesar 22,0%. Uniknya, brand yang lebih terkenal dengan product sabun mandinya Nuvo dan Lux juga bersaing ketat di peringkat kedua dan ketiga dalam kategori hand sanitizer ini.

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu sekarang? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Terbarunya Compas baru saja merilis product Succes Story. Brand innisfreee menjadi brand pertama yang membagikan kisah perjalanan kesuksesannya Bersama Compas. Data yang dimiliki Compas akurat untuk membagikan kisah brand Kamu. Bila masih ragu, Kamu bisa membaca cerita tentang Innisfree berikut yang telah menggunakan data Compas untuk membantunya menentukan strategi bisnis yang tepat. Yuk, ikuti jejak keberhasilan Innisfree bersama Compas!

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

Source: Dashboard Compas.co.id Kategori Kesehatan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.