Tokopedia Ramadan Insight 2022, Cari Tahu Market Insights dan Tren F&B Selama Bulan Puasa

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Bulan Ramadan merupakan bulan yang spesial untuk berbagi berkah dan keceriaan bersama keluarga dan kerabat. Ramadan tahun 2022 terasa lebih spesial. Setelah sekian lama terhalang Covid, akhirnya kita dapat merasakan hangatnya melepas rindu dengan seluruh anggota keluarga di bulan yang penuh berkah.

Bulan Ramadan identik dengan kegiatan makan-makan bersama, baik itu saat berbuka maupun lebaran. Tak heran, datangnya bulan puasa disambut dengan harapan dan antusiasme yang tinggi untuk mencapai kesuksesan, salah satunya sukses menaikkan performa penjualan selama bulan Ramadan!

Alih-alih mengalami lonjakan, tim internal Compas malah menemukan data penjualan yang menurun di angka 8,99% pada kategori F&B di Tokopedia selama bulan Ramadan. Eits, biar begitu, pada report kali ini tetap ada highlight 4 jenis produk F&B yang performa penjualannya melejit, yakni produk minuman, makanan instan, bahan-bahan pokok, dan makanan ringan.

 

Highlight Market Insights Report: Tren F&B di Tokopedia Ramadan Insight 2022 


Kategori Minuman: Jumlah Produk Terjual Sirup ABC Jadi yang Paling Manis di Angka 787%

Selama bulan puasa, sirup tentu menjadi pilihan favorit untuk melepas dahaga setelah menyantap hidangan penuh santan dan minyak. Alhasil, penjualan subkategori sirup terlaris dijuarai oleh si orange ABC dengan sales quantity yang mencapai +787%.

Untuk produk kopi, ada Kopi Kapal Api yang melejit dengan peningkatan sales quantity sebesar 53%. Sementara itu, juara satu produk ready-to-drink disabet oleh Floridina dengan capaian sales quantity yang meningkat di angka fantastis 182,54%.

 

Kategori Makanan Ringan: Peningkatan Sales Garuda Raih Angka 262%

Untuk varian jajanan manis, Astor dan Gery jadi juara dengan peningkatan performa sales yang masing-masing sebesar 150,14% dan 153,23%. Di sisi lain, Krisbee jadi top rank produk jajanan asin dengan capaian sales growth sebesar 72,30%. Ada juga brand snack kacang Garuda yang jadi pemain utama kategori makanan ringan dengan kenaikan sales 262,69%.

 

Kategori Makanan Instan: Sukses Besar, Mie Suksess Tingkatkan Sales Volume 121,41%

Merek mie instan favorit di Tokopedia masih dipegang oleh Indomie dengan sales quantity sebesar 75.000+. Sayang, angka ini justru lebih rendah -7,01% dibanding capaian sales quantity Indomie sebelum bulan Ramadan.

Brand mie instan lainnya, yakni Mie Suksess yang jadi primadona dengan peningkatan sales quantity sebesar 122,41%. Peningkatan performa Mie Suksess dapat dilihat sebagai keberhasilan strategi marketing-nya melalui pengadaan lomba foto menu buka puasa dengan produk Mie Suksess Isi 2 sebagai syarat utama. Hadiah yang ditawarkan pun cukup menarik sehingga mampu menarik cukup banyak konsumen untuk ikut serta dalam lomba tersebut.

Masih di bawah naungan perusahaan yang sama dengan Indomie, bumbu Racik Indofood berhasil jadi brand dengan pertambahan jumlah produk terjual tertinggi di angka 72,62%.

 

Kategori Makanan Pokok: Setra Ramos jadi Beras dengan Penjualan Paling Pulen, Capai Sales Volume 122,74%

Di kategori beras, Highlight utamanya jatuh kepada brand Setra Ramos dengan peningkatan penjualan yang mencapai 122,74% di Tokopedia selama bulan Ramadan.

Sementara itu, di kategori penyedap rasa, terdapat brand Totole. Seperti yang telah diketahui, dengan fenomena meningkatnya gaya hidup sehat berimbas pada kecenderungan masyarakat dalam memilih bahan-bahan masakan yang dinilai lebih sehat. Penjualan Totole, brand penyedap rasa non-MSG dengan perisa alami jamur berhasil meningkatkan sales sebesar 108,69%.

Tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Tokopedia Ramadan Insight 2022? KLIK DI SINI untuk mengakses data lengkapnya! Ada data penjualan brand Marjan, Kopi Kapal Api, Mie Sedaap, dan masih banyak lagi. Siapa tahu ada brand kamu…👀

 

Kesimpulan

Berdasarkan data yang didapat oleh tim internal Compas, dapat disimpulkan bahwa tren penjualan makanan dan minuman di Tokopedia selama bulan ramadan mengalami penurunan. Namun, hal tersebut bukan menjadi penghalang bagi sejumlah brand untuk terus meningkatkan performa penjualannya.

Buktinya, ada Sirup ABC dengan peningkatan sales volume yang mencapai 787% dan Mie Suksess yang sukses dengan kenaikan sales volume di angka 121%. Apapun kondisinya, jika memiliki strategi marketing yang diiringi dengan data market insight yang cermat, tidak mustahil rasanya untuk mengalahkan kompetitor yang bermain dalam kategori produk yang sama.

 

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

 

Source: Dashboard Compas


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.