5 Strategi Menarik Pelanggan Bisnis Online

Author: Nimas Cemara

Memiliki pelanggan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam melakukan bisnis. Namun, terkadang mendapatkan pelanggan dapat menjadi hal yang cukup sulit. Selain produk yang bagus dan berkualitas, dibutuhkan beberapa strategi untuk menemukan dan menarik pelanggan.

Berikut Compas telah merangkum beberapa strategi menarik pelanggan bisnis online yang dapat membantu Anda. Simak selengkapnya dalam artikel ini.

5 Strategi Menarik Pelanggan Bisnis Online

strategi menarik pelanggan bisnis online

1. Aktif Menggunakan Media Sosial

Saat ini, media sosial merupakan salah satu tempat yang paling digandrungi semua orang. Media sosial juga dapat digunakan sebagai langkah awal pemasaran untuk menarik pelanggan baru. 

Melalui media sosial, Anda dapat membangun branding yang cocok dengan bisnis online Anda melalui konten yang diunggah dan membagikannya secara luas. Media sosial Instagram dan TikTok merupakan platform yang banyak digunakan konsumen

Gunakan fitur-fitur yang tersedia di kedua platform dan unggah konten secara konsisten. Melalui kedua hal ini, Anda dapat membangun jaringan yang kuat sebagai strategi menarik pelanggan bisnis online.

 

2. Gunakan Foto Produk yang Menarik Perhatian

Masih seputar media sosial, tampilan profil akan sangat berpengaruh untuk menarik pelanggan. Atur profil dengan tampilan yang menarik atau artsy. Contohnya, Anda dapat memilih penggunaan warna di profil media sosial yang akan menjadi branding bisnis online Anda.

Selain itu, unggah foto produk yang berkualitas dan menarik perhatian. Misalnya, bila anda menekuni bisnis online dalam bidang makanan, gunakan foto yang menggugah selera. Ambil perhatian pelanggan dengan foto yang ciamik dan rapi.

 

3. Memaksimalkan Berbagai Channel dan Penggunaan SEO

Setelah aktif menggunakan sosial media, Anda juga perlu memaksimalkan setiap channel yang tersedia sehingga Anda dapat menjaring pelanggan baru. Anda dapat mengirim e-mail marketing untuk memberikan update mengenai produk baru kepada pelanggan.

Penggunakan kata kunci yang tepat di sosial media juga dapat membantu menarik pelanggan baru. Penggunaan foto produk yang berkualitas dan kata kunci yang tepat dapat membuat produk Anda muncul di halaman atas mesin pencarian atau di sosial media.

Dengan memaksimalkan berbagai channel dan SEO, bisnis online Anda akan menarik pelanggan baru. Branding yang akrab dengan pelanggan dan ulasan customer juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan sekaligus  mempertahankan pelanggan bisnis online.

 

4. Memberikan Penawaran Khusus untuk Pelanggan

Pelanggan menyukai penawaran khusus berupa hadiah atau potongan harga. Manfaatkan hari-hari besar seperti hari libur nasional atau hari ketika Anda mengeluarkan produk baru untuk memberikan promo berupa potongan harga.

Anda juga dapat menyelenggarakan giveaway atau kuis berhadiah pada hari-hari tersebut. Gunakan produk best selling Anda sebagai hadiah atau hal-hal yang sedang populer saat itu.

Dengan memberikan penawaran khusus secara rutin, Anda tidak hanya menarik pelanggan baru tetap juga mendapatkan loyalitas pelanggan lama.

 

5. Ketahui Tren Terkini

Untuk aktif di sosial media, Anda perlu mengetahui tren terkini yang viral di sosial media. Hal ini membantu untuk membangun hubungan yang lebih akrab dengan pelanggan. Unggah konten yang unik dan mengikuti tren, namun tetap relevan dengan bisnis Anda.

Mengetahui tren juga dapat membantu untuk memberikan hadiah yang tepat ketika Anda melakukan giveaway. Anda perlu mengetahui tren produk yang sedang digemari masyarakat. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui apakah bisnis Anda up-to-date atau tidak.

Compas Dashboard dapat membantu Anda mencari tahu produk apa yang sedang laris di e-commerce. Selain mengetahui produk yang sedang menduduki daftar best seller, Anda juga dapat melihat tren pasar melalui data yang telah tim Compas susun. Melihat data Compas Dashboard dapat menjadi salah satu strategi menarik pelanggan bisnis online Anda.

Beberapa data penjualan yang ditampilkan di Compas Dashboard adalah list top brands, top product listings, top sellers, total sales revenue, total sales quantity, dan market share. Data tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, seperti periode waktu dan marketplace yang dipilih.

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.