Bermain Game sebagai Strategi Marketing? Ketahui Tentang Strategi Gamification: Definisi, Manfaat, dan 4 Cara Penerapannya!

Bermain Game sebagai Marketing? Ketahui Tentang Strategi Gamification: Definisi, Manfaat, dan 4 Cara Penerapannya!

Author: Nimas Cemara

Bermain game tentu adalah hal yang menyenangkan. Selain bisa membantu kita melawan bosan dan suntuk, game ternyata bisa digunakan untuk strategi marketing yang cukup menjanjikan dan meningkatkan brand awareness

Apakah kamu pernah memainkan atau tahu tentang Goyang Shopee dan Shopee Tanam dari Shopee atau GoPoint dari gojek? Jika beberapa nama tadi terdengar cukup familiar di telinga Anda, itu tadi adalah beberapa contoh penerapan strategi gamification.

Apa itu strategi gamification? Di artikel kali ini, Compas akan membahas tentang gamification sebagai salah satu strategi untuk menaikkan brand awareness produk kamu. Simak selengkapnya di artikel ini, ya.

Apa Itu Strategi Gamification dan Manfaatnya

Strategi gamification adalah memasukkan konsep dan teknik permainan (game) dalam brand marketing. Dengan menerapkan gamification, kamu dapat memicu ketertarikan konsumen dengan mengikuti game dan memenangkan game tersebut.

Ketika menerapkan gamification, jangan lupa untuk memperhatikan elemen pentingnya yaitu poin, lencana, dan papan nilai/peringkat. Ketiga elemen ini akan membangun sisi kompetitif konsumen dan membuat mereka semakin bersemangat menyelesaikan game sehingga, secara tidak langsung, akan menambah traffic situs atau sosial media brand Anda.

Manfaat gamification umumnya adalah untuk menarik konsumen. Gamification terbukti dapat menaikkan engagement. Selain itu, gamification juga bermanfaat untuk meningkatkan komunikasi antara konsumen dan brand sehingga terbangun kepercayaan, loyalitas, dan kedekatan emosional dengan brand. Bila menarik, game yang diterapkan akan meninggalkan kesan bagi konsumen kamu dan meningkatkan brand awareness

Sesuai strategi brand awareness yang pernah dibahas Compas sebelumnya, jika konsumen sudah mengenal dan memikirkan brand kamu secara terus-menerus, hal itu akan membuat konsumen penasaran dengan produk brand kamu. Hal ini akan membuat mereka ingin tahu lebih lanjut dengan membeli produk dan berlangganan. Pada akhirnya, gamification dapat membantu kamu untuk mendapatkan konsumen potensial dan mengubahnya menjadi konsumen tetap.

Setelah mengetahui definisi dan manfaat gamification, saatnya kita mengetahui cara penerapannya di brand kamu. Yuk, lanjut membaca! 

 

4 Cara Menerapkan Gamification di Brand Kamu

1. Pahami dulu konsep gamification dan perhatikan konsumen kamu

Sebelum memulai menerapkan konsep gamification, ada baiknya anda memiliki pengetahuan dasar mengenai hal tersebut. Dengan membaca artikel Compas, kamu sudah memiliki sedikit pengetahuan dasar tentang gamification, lho.

Kemudian, perhatikan konsumen kamu ketika membuat permainan. Tentukan target konsumen dengan hati-hati sehingga kamu dapat memberikan pengalaman game yang berkesan. Jangan sampai skenario game yang dibuat malah membuat konsumen bosan atau merasa terlalu kesulitan.

2. Buatlah game simpel terlebih dahulu

Ketika ingin memulai gamification, kamu tidak perlu langsung membuat permainan yang rumit. Permainan yang terlalu rumit atau kompleks pun belum tentu dapat menarik konsumen.

Kamu bisa menerapkan game yang mudah terlebih dahulu. Banyak game yang mudah namun tetap menarik apabila dipadukan degan desain dan copy yang menonjol. Contohnya, kamu bisa membuat kuis berhadiah atau membuat permainan simpel lainnya seperti mencari kata yang berhubungan dengan brand di unggahan Instagram brand kamu. 

3. Siapkan hadiah yang menarik untuk konsumen kamu

Semua orang suka hadiah. Jangan lupa untuk memberikan hadiah di game yang telah diterapkan. Dengan memberikan hadiah, konsumen akan termotivasi untuk mengikuti dan menyelesaikan game.

Hadiah yang diberikan dapat berupa produk terbaru dari brand kamu atau produk yang paling menjadi favorit konsumen. Hadiah yang wow dan game yang seru adalah suatu kombinasi yang menarik!

4. Terakhir, jangan lupa untuk tetap make it fun!

Ingat, permainan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan sampai membuat konsumen kamu merasa kesulitan untuk melakukan permainan kamu. Pastikan konsumen enjoy dengan game yang diterapkan.

 

Kesimpulan

Nah, kita baru saja membahas mengenai konsep gamification dalam marketing. Sepertinya, gamification akan terus populer. Dengan menerapkan konsep ini, kamu bisa menambahkan elemen permainan yang menarik seperti poin, lencana (badge), atau papan nilai di situs atau akun sosial media brand kamu. 

Dengan menerapkan gamification, terbukti brand kamu akan mengalami peningkatan engagement dan loyalitas konsumen.

Sekian untuk artikel Compas hari ini dan selamat mencoba menerapkan gamification di strategi marketing brand kamu!

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang Compas dan data apa saja yang bisa kami bantu, kamu bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2025 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.