logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
manfaat brand awareness

5 Manfaat Brand Awareness untuk Pertumbuhan Bisnis Online

5 Manfaat Brand Awareness untuk Pertumbuhan Bisnis Online

Author: Nimas Cemara

Ternyata, penggunaan warna, logo, simbol, atau lainnya dapat mengasosiasikan pemikiran seseorang terhadap suatu brand. Misalnya, warna merah-biru-kuning cukup sering dikaitkan dengan Indomaret. Atau, penggunaan suatu nama brand menjadi kategori seperti Odol untuk pasta gigi.

Inilah yang disebut dengan strategi brand awareness atau kesadaran merek. Brand awareness adalah strategi untuk memposisikan brand agar semakin disadari keberadaannya, dikenal, dan diingat oleh konsumen. 

Strategi ini dianggap penting karena dapat menanamkan identitas brand kepada pelanggan. Selain itu, manfaat brand awareness juga dapat menghasilkan pencapaian lain untuk bisnis online Anda, seperti pertumbuhan dan peningkatan penjualan. 

Kali ini, Compas sudah merangkum 5 manfaat dari brand awareness untuk pertumbuhan bisnis online Anda. Simak selengkapnya di artikel di bawah ini.

 

5 Manfaat Brand Awareness untuk Pertumbuhan Bisnis Onlinemanfaat brand awareness

1. Meningkatkan Reputasi dan Membuat Brand Semakin Dikenal

Jika ingin memakan mie instan, banyakan orang akan menyebut kata Indomie. Jika Anda terluka, kebanyakan orang akan mencari Hansaplast. Atau pernahkah Anda mendengar seseorang yang membeli air minum dalam kemasan tetapi menyebutnya dengan Aqua?

Melakukan strategi kesadaran merek dapat menaikkan reputasi brand Anda dan menghasilkan asosiasi, seperti plester luka diasosiasikan dengan Hansaplast. Pelanggan akan mengingat brand Anda dimanapun mereka berada. Hal ini dapat dilakukan dengan penggunaan branding logo dan nama atau penggunaan iklan produk. 

Tim Compas dapat membantu bisnis online Anda untuk menemukan nama yang catchy dan mudah diingat. Dengan data Compas, Anda dapat melihat penamaan produk yang populer di kategori tertentu. Selain itu, Anda juga dapat melihat keyword yang digunakan oleh brand tersebut.

 

2. Kedekatan Emosional dengan Pelanggan

Salah satu tujuan menjalankan strategi brand awareness adalah untuk mendekatkan brand dan, secara tidak langsung, membangun relasi dengan pelanggan. Bila diibaratkan dengan pertemanan, semakin Anda mengenal teman Anda, maka akan muncul kedekatan emosional dalam hubungan pertemanan tersebut.

Begitu pun dengan brand dan pelanggan dalam strategi ini. Kedekatan emosional dengan pelanggan akan membuat brand Anda selalu diingat. Menurut studi, 71% konsumen yang memiliki kedekatan emosional akan merekomendasikan brand ke orang lain.

 

3. Meningkatkan Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan

Menyambung dari poin sebelumnya, kedekatan emosional akan menumbuhkan rasa kepercayaan dan loyalitas terhadap brand. Dengan membangun kesadaran merek, pelanggan akan lebih memilih brand Anda daripada brand lainnya. 

Hal ini pun didukung dengan kebiasaan pelanggan yang terkadang lebih percaya dengan opini atau rekomendasi dalam berbelanja. Ketika pelanggan merasa dekat dan cocok dengan brand Anda, akan muncul rasa loyal yang dapat membantu brand untuk tetap bertahan di pasar.

 

4. Mendorong Repeat Order

Mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan akan sangat membantu untuk menaikkan penjualan karena hal tersebut mendorong terjadinya repeat order. Pelanggan yang sudah mengenal dan merasa nyaman dengan brand cenderung akan membeli kembali produk dari brand tersebut tanpa berpikir dua kali.

Anda juga dapat semakin memfokuskan target konsumen dan mendorong pelanggan untuk semakin terhubung dengan brand Anda melalui strategi brand awareness. Kesadaran merek akan memengaruhi persepsi konsumen yang akan berpengaruh dengan pemilihan brand. Hal inilah yang mendorong pelanggan untuk membeli kembali produk Anda.

 

5. Meningkatkan Market Share dan Penjualan

Dengan terjadinya repeat order, maka akan terjadi peningkatan pada penjualan. Kenaikan angka penjualan pun dapat memengaruhi peningkatan market share Anda. Brand yang menguasai pangsa pasar pun dapat menghasilkan penjualan melebihi kompetitor. 

Walau brand awareness sebenarnya tidak memiliki nilai jualnya sendiri, namun manfaat brand awareness sangat membantu untuk menaikkan penjualan. Menurut Forbes, mempertahan kesadaran merek dengan konsumen dapat menaikkan penjualan sebesar 23%. 

Mengetahui market share penting karena Anda dapat dijadikan tolok ukur indikator keberhasilan brand di pasar. Data market share dapat diubah untuk menjadi strategi dan taktik untuk meningkatkan performa bisnis online.

Melalui data Compas Dashboard, Anda dapat mengakses data market share bisnis online Anda. Date tersebut pun dapat digunakan untuk menganalisis kompetisi pasar dan data list top brands, top product listings, top sellers, total sales revenue, total sales quantity, dan market share

Anda dapat menyesuaikan periode waktu dan marketplace yang dipilih untuk melihat laporan market insight dari Compas. Dengan bantuan Compas Dashboard dan strategi brand awareness, bisnis online akan semakin berkembang dan angka penjualan akan mengalami peningkatan.

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.