logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
seller susu uht

Compas Data Market Insight: 7 Top Seller Susu UHT yang Jadi Andalan Konsumen

Compas Data Market Insight: 7 Top Seller Susu UHT yang Jadi Andalan Konsumen

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id –  Susu UHT sangat populer di seluruh dunia karena kepraktisannya dan kemampuannya untuk tetap segar tanpa perlu refrigerasi. Proses UHT tidak hanya membunuh bakteri yang bisa merusak susu, tetapi juga mempertahankan nutrisi penting yang terkandung dalam susu. Kehadiran susu UHT telah memberikan alternatif yang lebih tahan lama dan mudah disimpan daripada susu segar biasa.

Industri Food & Beverage di Indonesia bertumbuh dengan cukup baik di e-commerce tahun 2023. Berdasarkan Indonesia FMCG E-commerce Report 2022, pasar susu olahan sendiri memiliki market share sebesar 12,3% di Shopee & Tokopedia. Lebih lanjut, berdasarkan Compas Market Insight:Tokopedia WIB Februari 2023, susu UHT menjadi subkategori ketiga dengan 30 ribu pieces penjualan.

Banner Insight

Tim Compas pun kembali mengulas tentang performa susu UHT di Shopee & Tokopedia selama periode 1–15 Mei 2023. Kali ini, kita akan membahas mengenai persebaran produk susu UHT di beberapa seller di e-commerce. Data ini didapatkan berdasarkan Compas Dashboard–FMCG e-commerce market insight tools–dengan menggunakan beberapa fitur dan filter unggulan.

7 Top Seller Susu UHT Paling Unggul di E-commerce

seller susu uht

1. Ultra Milk Official Store

Ultra Milk Official Store di Tokopedia menjadi yang paling menonjol di berbagai segi penjualan. Dalam hal kuantitas, official store ini meraih angka penjualan 5.8K produk susu terjual. Mereka juga berhasil meraih revenue sebesar Rp506 juta, yang menjadikan mereka sebagai pemimpin dalam hal revenue. Market share mereka juga mencapai 26,9%, yang menunjukkan betapa dominannya posisi mereka di pasaran.

Compas Dashboard melihat produk listing terlaris dari Ultra Milk adalah Ultra Milk Susu UHT Cokelat 250 ml [Paket isi 24 pcs] yang menyumbang revenue tertinggi untuk official store ini. Rahasia kesuksesan Ultra Milk Official Store salah satunya terletak dalam deskripsi produk. 

Ultra Milk memberikan manfaat produk, memperlihatkan kandungan gizi dalam produk sehingga konsumen dapat memahami nilai nutrisi yang mereka peroleh, dan menyebutkan kelebihan dari setiap lapisan kemasan guna menunjukkan betapa Ultra Milk peduli terhadap pengalaman konsumen dalam mengonsumsi susu UHT mereka.

Selain itu, Ultra Milk memanfaatkan kekuatan promosi dan penawaran menarik untuk mendorong konversi penjualan yang lebih tinggi. Mereka sering kali mengadakan promo khusus, diskon, atau bundling produk untuk menarik minat pelanggan. 

Tidak hanya di media sosial, Ultra Milk juga memberikan konten informatif dan menarik tentang manfaat susu UHT di halaman toko mereka di Tokopedia. Strategi ini membantu meningkatkan brand awareness dan membangun koneksi emosional dengan pelanggan.

Banner E-Commerce Report

2. Frisian Flag Official

Sementara itu, Frisian Flag Official di Tokopedia tetap menjadi pesaing serius. Meskipun memiliki penjualan yang lebih rendah, yaitu 2.6K produk susu, mereka berhasil menghasilkan revenue sebesar Rp170.7 juta. Dengan market share sebesar 9%, mereka mampu mempertahankan basis pelanggan mereka dan menjadi alternatif yang kuat bagi konsumen.

Frisian Flag tidak hanya menyediakan produk susu UHT. Maka dalam mempromosikan produknya, brand ini memberikan promo bundling pembelian susu UHT dengan susu bubuk anak. Hal ini sangat efektif untuk para orang tua yang ingin membeli susu untuk anaknya.

3. Japfa Best Official

Di urutan ketiga, Japfa Best Official di Shopee hadir dengan penjualan sebesar 1.9K produk susu. Official store ini juga mampu mencatatkan revenue yang signifikan sebesar Rp134.6 juta dengan market share sebesar 7,16%.

Official store Japfa Best Official menjual berbagai brand susu UHT seperti Greenfields, V-soy, Oatside, dan So Good. Dengan berbagai macam pilihan susu mulai dari susu sapi, susu kedelai, susu oat, dan susu steril, konsumen dapat menemukan produk yang mereka inginkan dalam satu tempat dengan sangat mudah.

4. Shopee Supermarket

Mengikuti tepat di urutan ke-4, Shopee Supermarket hadir dengan laris menjual sebesar 4.7K produk susu dalam periode 1–15 Juni 2023. Kemudian, revenue Rp123.1 juta yang berhasil dicapai oleh Shopee Supermarket hanya dari produk susu menunjukkan keberhasilan mereka dalam menghasilkan pendapatan yang signifikan.

Dengan market share sebesar 6,55%, Shopee Supermarket menunjukkan kontribusinya dalam pasar susu UHT. Market share yang relatif tinggi ini menunjukkan bahwa Shopee Supermarket berhasil memperoleh sebagian besar pangsa pasar dari persaingan yang sengit di industri susu UHT. Hal ini bisa disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti kualitas produk, harga yang kompetitif, promosi menarik, dan pelayanan pelanggan yang baik.

5. Greenfields Official Store

Di sisi lain, Greenfields Official Store di Tokopedia hadir di posisi ke-5 dengan menjual 1.3K dan 2.8K produk. Angka ini setara dengan revenue yang mengesankan yaitu Rp105.9 juta dan market share mencapai 5,63%.

 

Greenfields Official Store menonjolkan keunggulan produk susu Greenfields, seperti bahan baku alami, proses pengolahan yang terjaga, dan kualitas tinggi di laman Tokopedia mereka. Hal ini menciptakan citra merek yang berkualitas dan menarik minat pelanggan yang peduli dengan aspek kebersihan dan kesehatan.

6. Nestle Indonesia

Nestle Indonesia juga berperan penting dalam pasar susu UHT. Di peringkat 6, Toko online Nestle Indonesia di Shopee meraih penjualan 2.8K produk susu. Revenue yang dihasilkan sebesar Rp91.7 juta dan market share mencapai 4,87%.

Toko online ini menjual seluruh brand susu UHT yang berada di bawah naungan PT Nestle seperti Dancow dan Milo. Walau tidak aktif memberikan potongan harga, Nestle Indonesia memberikan promo bundling yang beragam untuk susu UHT mereka.

7. Frisian Flag Official Shop

Terakhir, Frisian Flag Official Shop di Shopee hadir dengan menjual 2K produk. Di platform Shopee, official store ini menghasilkan revenue sebesar Rp77.4 juta. Meskipun market share mereka sebesar 4,12%, Frisian Flag Official Shop tetap berperan sebagai salah satu pesaing yang patut diperhitungkan di pasar.

Sedikit berbeda dengan toko online-nya di Tokopedia, Frisian Flag Official Shop di Shopee menggunakan desain toko yang konsisten dengan brand Frisian Flag dan memanfaatkan fitur-fitur Shopee, seperti “Flash Sale” dan “Gratis Ongkir,” untuk menarik minat pelanggan dengan promosi khusus. Toko ini juga menawarkan program Membership Shopee dengan berbagai benefit bagi konsumen.

Kesimpulan

Data penjualan dari pantauan Compas Dashboard menunjukkan variasi dalam hal penjualan, revenue, dan market share antara berbagai penjual susu UHT terkemuka. Dapat disimpulkan bahwa ketujuh penjual brand susu UHT tersebut memiliki kontribusi yang signifikan dalam pasar. Berbagai strategi penjualan online pun dimanfaatkan untuk mencapai kesuksesan dalam pasar susu UHT di platform e-commerce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.