logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
seller produk wellness

Compas Data Market Insight: Menggali Potensi Kategori Wellness: Cara 3 Seller Produk Wellness Sukses di E-commerce

Compas Data Market Insight: Menggali Potensi Kategori Wellness: Cara 3 Seller Produk Wellness Sukses di E-commerce

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id – Menjaga kesehatan diri tentunya sudah menjadi hal yang penting bagi sebagian besar orang. Berkaitan dengan semakin banyaknya yang peduli akan kesehatan tubuh, tim Compas ikut melihat apa yang terjadi di e-commerce untuk produk kesehatan.

Pada awal bulan Juni, tepatnya dari tanggal 1–15 Juni 2023, Compas Dashboard—FMCG E-commerce Market Insight Tools—melihat tren yang menarik di e-commerce. Di Kategori Wellness, lebih dari 1.200 seller produk wellness yang aktif di Shopee dan Tokopedia. Namun, siapa saja yang akhirnya menjadi pilihan masyarakat untuk membeli produk wellness? Strategi apa saja yang dilakukan para official store ini? 

Banner Insight

Dalam artikel ini, tim Compas melihat 3 seller produk wellness teratas dari platform Shopee dan Tokopedia beserta strategi mereka. Untuk mendapatkan data ini, tim Compas menggunakan fitur top seller, fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type di Compas Dashboard.

3 Seller Produk Wellness yang Dituju Konsumen untuk Masalah Kesehatan

seller produk wellness

1. Apotek Mandjur Official Shop

Apotek Mandjur yang sudah berdiri sejak lama, tepatnya tahun 1918, ini sukses menduduki peringkat 1 untuk seller produk wellness di e-commerce. Dalam periode dua minggu, Apotek Mandjur Official Shop di platform Shopee berhasil mendominasi pasar produk wellness dengan menjual >13K produk!

Ternyata, Apotek Mandjur sangat aktif di media sosial. Melalui media sosialnya, mereka sangat aktif memberikan info tentang berbagai macam promo. Mulai dari potongan harga, hadiah gratis, flash sale, sampai campaign marketplace yang sedang diikuti oleh Apotek Mandjur.

Tidak hanya aktif memberikan info mengenai diskon potongan harga dan hadiah gratis melalui media sosial, mereka juga aktif mengadakan webinar melalui Instagram Live. Hal ini menjadi nilai tambah yang sangat positif dari para konsumen. Selain mendapatkan produk Wellness yang berkualitas, konsumen juga bisa mendapatkan info tentang dunia kesehatan dari dokter tepercaya.

Banner E-Commerce Report

2. Sapnu Herbal Official Shop

Seller produk wellness selanjutnya adalah Sapnu Herbal Official Shop di platform Shopee. Toko obat ini berhasil duduk di peringkat 2 untuk penjualan produk Kategori Wellness sebanyak >10K dalam periode 1–15 Juni 2023.

Sapnu Herbal Official Shop adalah official store yang berfokus pada penjualan obat herbal saja. Di laman toko resminya di Shopee, konsumen langsung disambut banner mengenai toko dan keuntungan berbelanja di Sapnu Herbal Official Shop, salah satunya adalah pilihan pembayaran COD dan gratis ongkir. Informasi toko yang jelas beserta benefit dapat membantu untuk mendapatkan consumer trust.

3. Watsons Indonesia Official Shop

Di urutan ketiga, Watsons Indonesia Official Shop dari platform Shopee sebagai seller produk wellness. Toko retail obat dan perawatan diri ini berhasil menjual >7K produk wellness dalam periode dua minggu.

Sudah memiliki awareness yang tersebar luas, Watsons tetap menggunakan strategi marketing untuk memasarkan produknya. Penggunaan sosial media sebagai channel untuk menyebarkan informasi mengenai berbagai macam promo yang sedang dijalankan Watsons.

Kesimpulan

Dari ketiga seller produk wellness yang dituju konsumen untuk masalah kesehatan, terlihat jelas bagaimana strategi marketing yang digunakan masing-masing untuk berhasil mendominasi pasar di platform e-commerce. 

Secara keseluruhan, ketiga seller ini telah berhasil memanfaatkan berbagai strategi marketing untuk mencapai keberhasilan dalam penjualan produk wellness. Aktivitas yang konsisten di media sosial, memberikan informasi yang jelas dan nilai tambah bagi konsumen, serta memanfaatkan berbagai macam promo, telah menjadi kunci sukses mereka dalam mendapatkan kepercayaan konsumen dan mendominasi pasar di platform e-commerce. Dengan tetap berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar, ketiga seller ini menjadi inspirasi bagi industri wellness dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.