5 Review dan Rekomendasi Popok Bayi Terbaik Akhir Tahun 2022
Author: Salsabila
Compas.co.id – Jika ditilik dari jumlah penduduk, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan setidaknya ada kira-kira 4.8 juta bayi yang lahir di Indonesia setiap tahunnya. Dilihat dari kacamata bisnis, angka tersebut cukup fantastis karena artinya pasar industri Mom and Baby–terutama untuk bayi–terbuka luas dan masih bisa digali lagi.
Popok bayi menjadi kategori yang menarik diperbincangkan karena sifatnya yang esensial bagi kebutuhan bayi. Tim data Compas melaporkan dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 bahwa kategori Popok Bayi menjadi unggulan di industri Mom and Baby. Kategori Popok Bayi menyusul kategori Susu Formula dan Makanan Bayi dengan perolehan market share sebesar 16,6%.
Untuk tahu detail data pasar lainnya yang berkaitan dengan kategori Mom and Baby, Anda bisa langsung coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini. Atau baca Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI.
Penasaran brand apa saja yang masuk review dan rekomendasi top brand popok bayi terbaik masa periode 16-31 Desember 2022? Apakah brand Anda menjadi salah satunya? Simak review dan data penjualan lengkapnya di bawah ini.
Mamypoko Raih Share Tertinggi di Rekomendasi Popok Bayi Terbaik Periode 16-31 Desember 2022
1. Mamypoko
Mamypoko sukses jadi rekomendasi popok bayi terbaik di akhir tahun 2022. Mengacu data Compas dashboard, Mamypoko menutup tahun dengan gemilang karena perolehan sales revenue sebesar Rp6.4 miliar. Merek ini juga dapat merebut pasar nyaris 50% atau tepatnya 46,98% dan produk terjual sebanyak 51.6K. Angka tersebut adalah angka share paling tinggi dari semua brand popok bayi.
Menilik produknya, diketahui bahwa brand di bawah payung PT Unicharm Indonesia ini memiliki beberapa variasi popok bayi. Beberapa produknya yang terkenal adalah Mamypoko Royal Soft yang bahannya terbuat dari 100% kapas organik sehingga teksturnya lebih lembut dan nyaman di kulit bayi yang cenderung sensitif.
Lalu produk terbarunya yaitu Mamypoko Pants Xtra Kering, diklaim sebagai produk yang tiap helai karet pinggang mampu merespon secara otomatis perubahan postur dan mengikuti gerakan bayi yang cukup aktif.
Mamypoko tak ketinggalan untuk menjalin kolaborasi bersama public figure seperti Aurel Hermansyah dan Ameena, putrinya. Di media sosial pun tak kalah aktif posting dan berinteraksi dengan followers.
Dari segi promosi pun, pastinya Anda sering melihat iklannya berlalu lalang di televisi sampai saat ini. Strategi iklan di TV masih dipertahankan sejak dulu agar tetap bisa menjangkau masyarakat secara luas.
Brand Anda juga bisa menjadi yang paling paham kebutuhan mama dan bayi jika mengacu pada data pasar yang tepat. Kabar bagus bagi Anda, data riset pasar bisa dibaca sekarang di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau langsung saja coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini.
2. Sweety
Sweety merupakan brand lokal Indonesia yang dibawahi oleh PT Softex Indonesia. Di akhir tahun 2022, Sweety mencetak performa bisnis yang cukup luar biasa. Dibuktikan oleh raihan pendapatan sebesar Rp2.2 miliar.
Nilai market share yang berhasil diambil oleh Sweety adalah 16,26%. Walaupun angka tersebut cukup jauh dibandingkan Mamypoko, tak bisa dipungkiri bahwa merek diapers bayi ini juga merupakan favorit para ibu Indonesia.
Sweety adalah brand yang punya hubungan dekat pula dengan masyarakat. Aktivitasnya di media sosial terbilang cukup banyak seperti membuat berbagai challenge menarik dan giveaway.
Beberapa produk Sweety antara lain Sweety Silver Pants yang mempunyai bahan bantalan selembut awan di permukaan popok, lingkar pinggang, dan paha agar bayi aman dari iritasi. Produk ini juga menggunakan teknologi diamond layer baru dengan 1000 jalur yang serap air ekstra cepat dalam 1 detik sehingga tetap kering.
Ada juga Sweety Gold Pants NextGen yang dilengkapi teknologi cerdas untuk menghasilkan popok premium dengan menyesuaikan bentuk tubuh dan pergerakan aktif bayi sehingga terasa nyaman dan bebas iritasi. Popok ini juga cepat serap air dan tidak akan gembung meskipun buang air berkali-kali.
3. Makuku
Peringkat ketiga rekomendasi popok bayi terbaik direbut brand Makuku. Makuku merupakan merek diapers bayi yang menggunakan teknologi terbaru struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) di Indonesia.
Teknologi SAP tersebut diklaim dapat membuat para bayi terhindar dari ruam popok–yang merupakan masalah bayi paling umum terjadi–karena daya serapnya sangat tinggi.
Makuku sukses mengecup manisnya juara tiga karena berhasil menjual 27.9K unit popok bayi. Market share yang direbutnya sebesar 12,90% dengan revenue periode 16-31 Desember mencapai angka Rp1.8 miliar! Angka yang cukup fantastik bagi merek popok yang berdiri kurang dari 5 tahun dan mengingat ketatnya persaingan pasar FMCG di e-commerce.
Pencapaian Makuku bukannya tanpa usaha keras sepanjang 2022. Dari aktivitas Instagramnya, brand ini terlihat aktif berinteraksi dengan para followers. Kemudian baru-baru ini juga menggandeng Nikita Willy sebagai BA nya. Brand ini pun membuka peluang reseller sehingga produknya dapat tersebar ke seluruh tanah air dan mendapat eksposur yang tinggi sehingga meningkatkan brand awareness.
Sampai saat ini Makuku memiliki 6 produk bayi antara lain Makuku SAP Diapers Pro Care, Makuku SAP Diapers Slim, Makuku SAP Diapers Comfort, Makuku SAP Balance Care, dan Makuku Air Tissue adalah produk tissue kering dengan formula unik yang melembutkan dan melembabkan kulit sehingga aman bagi kulit bayi yang lebih sensitif.
4. Merries
Brand Merries yang berada di bawah naungan PT Kao Indonesia menduduki juara empat dalam top 5 brand rekomendasi popok bayi terbaik. Berdiri sejak tahun 1983 tidak membuat brand lawas ini semakin layu. Nyatanya berdasarkan pantauan data Compas Dashboard, Merries memiliki angka-angka penjualan yang sangat baik.
Pada periode 16-31 Agustus 2022, Merries menutup tahun dengan capaian revenue sebesar Rp1.7 miliar atau setara dengan 9K unit diapers yang dipercaya oleh mama dan bayi. Sedangkan untuk market share yang dikuasai Merries yakni sebesar 12,33%.
Sedikit review mengenai salah satu produk Merries yaitu Merries Good Skin merupakan popok kesukaan ibu karena sudah teruji klinis dapat mencegah iritasi dan kurangi risiko alergi pada kulit bayi. Di dalamnya juga ada ekstrak alami witch hazel yang berfungsi melindungi kelembutan kulit bayi. Kulit bayi terjamin aman dengan menggunakan diapers ini.
Meskipun brand ini sudah lama berdiri, tapi tidak membuatnya ketinggalan zaman dalam menerapkan strategi pemasaran. Kalau dilihat dari Instagram, Merries banyak posting edukasi dan berinteraksi dengan followers sehingga banyak engagement yang bagus. Interaksi dengan konsumen tak boleh dianggap sepele karena brand yang dekat dengan followers bisa meningkatkan brand awareness dan brand loyalty.
Minat mengetahui rincian angka-angka pada data pasar industri Mom and Baby di e-commerce? Kabar bagus di awal tahun 2023 ini, data riset pasar bisa Anda baca sekarang di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini.
5. Nepia Genki
Nepia Genki berada di posisi ke lima rekomendasi popok bayi terbaik untuk mama dan bayi. Masuk top 5 brand artinya Nepia Genki memiliki performa bisnis yang bagus di tahun 2022.
Berdasarkan riset pasar tim Compas, menemukan bahwa Nepia Genki berhasil menjual ribuan diapers kepada para mama. Sales revenue yang diterimanya sebesar Rp473 juta dengan raihan market share di angka 3,47%.
Produk asal Jepang ini memiliki fitur Deep Embossing di bagian dalam popok yang membuat udara bersirkulasi dengan baik. Soal penyerapan juga terbilang lancar, cairan urin dan kotoran lunak akan terserap berkat teknologi Deep Embossing sehingga tidak menyebabkan iritasi dan ruam popok pada kulit bayi.
Sampai saat ini Nepia Genki hanya memiliki 1 jenis produk yaitu Nepia Genki Premium Soft yang hadir dengan dua varian, yakni model tape dan model pants. Diapers ini cocok bagi bayi mama hingga usianya mencapai kategori balita.
Kesimpulan
Popok bayi termasuk produk krusial bagi mama dan bayi, dalam riset Compas dikatakan kategori Popok Bayi termasuk kategori unggulan. Oleh karena itu persaingannya juga bukan main ketatnya. Brand harus membuat perencanaan berdasarkan data-driven agar mampu masuk ke jajaran rekomendasi popok bayi terbaik.
Untuk memenangi persaingan di e-commerce, brand awareness sangatlah penting agar brand dapat positioning yang tepat dalam benak konsumen. Berinteraksi aktif di media sosial tidak boleh ditinggalkan, terutama saat ini banyak mama yang menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi dan edukasi seputar dunia ibu dan bayi.
Selain dari engagement dengan followers di berbagai media sosial, agar brand lebih memahami persona target pasarnya, memiliki data pasar yang akurat juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 sudah bisa dibaca GRATIS dengan KLIK DI SINI. Manfaatkan laporan tersebut sebaik-baiknya demi memberikan produk terbaik bagi konsumen. Atau langsung saja coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini.
Anda juga bisa bertanya di DM Instagram Compas atau hubungi Team Compas. Compas siap mendampingi Anda menjadi brand pilihan kepercayaan mama dan bayi di e-commerce tahun 2023!