5 Tips Membuat Action Plan agar Bisnis Online Anda Sukses
Author: Farah Ramadhani
Action plan adalah bagian terpenting yang dapat membantu arah jalan perusahaan. Dengan membuat action plan, pekerjaan tim akan lebih terfokus dan efektif. Strategi penjualan juga akan lebih optimal dengan perencanaan yang baik.
Membuat action plan dibutuhkan perusahaan untuk mencapai visi dan misinya. Anda masih bingung cara menyusun action plan? Compas telah merangkum beberapa tips dan manfaat dalam menyusunnya. Simak selangkapnya di artikel ini, ya.
5 Tips Membuat Action Plan
1. Tentukan Tujuan Akhir
Pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan akhir perusahaan. Penentuan tujuan akhir dapat diawali dengan menemukan permasalahan yang ada. Lalu, carilah solusinya dan masukkan dalam daftar tujuan atau visi misi perusahaan. Anda juga dapat menerapkan strategi SMART, yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely.
2. Buat Checklist
Cara membuat action plan yang kedua adalah dengan membuat checklist terkait pekerjaan yang harus diselesaikan. Cantumkan pula deadline dan jatuh tempo pekerjaan tersebut beserta informasi PIC (Person in Charge). Pastikan juga checklist tersebut memuat dokumen serta aksesnya agar dapat dipantau oleh semua personel tim.
3. Atur Prioritas
Berkaitan dengan poin sebelumnya, aturlah prioritas hal yang harus dikerjakan. Hal ini agar tim Anda tidak kebingungan dalam menentukan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Dengan menentukan prioritas, membuat action plan jadi lebih teratur dan realistis.
4. Tentukan Deadline
Jangan lupa tentukan tenggat waktu atau deadline yang realistis. Pilihlah deadline yang sesuai dengan waktu pengerjaan. Anda juga bisa membuat waktu pengerjaan untuk memantau seberapa jauh progress pengerjaan suatu project. Tim juga akan termotivasi jika Anda menentukan deadline yang sesuai dengan target pengerjaan mereka.
5. Atur Jobdesk
Dalam menentukan anggaran dan alokasi biaya, Anda tentu harus menentukan sumber daya manusia beserta jobdesknya. Dengan mengikuti tips membuat action plan kelima ini, maka pekerjaan tim Anda akan lebih terfokus dan sesuai target.
Jangan lupa juga untuk memberi semangat kepada tim agar mereka tidak merasa burn out. Salah satu cara untuk menyemangati tim Anda adalah dengan memberi reward atas pekerjaannya yang sesuai dengan target perusahaan.
Manfaat Membuat Action Plan
Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan Anda jika menyusun action plan? Tentu ada beberapa kemudahan, contohnya adalah hal-hal di bawah ini.
- Memperjelas arah atau visi misi perusahaan
- Dapat menentukan langkah perusahaan selanjutnya dengan mudah
- Mempertahankan motivasi tim selama pengerjaan project
- Memantau sejauh mana suatu project berjalan
- Prioritas pekerjaan terlihat jelas
Action plan memang merupakan salah satu aspek penting agar perusahaan Anda sukses bertahan di antara persaingan bisnis era online yang sangat cepat berjalan. Pemantauan kompetitor juga diperlukan untuk menambah motivasi dan memperbaiki strategi pemasaran bisnis Anda.
Dalam melakukan riset kompetitor untuk menyusun action plan, Compas Dashboard dapat membantu Anda dengan menyajikan data penjualan e-commerce terlengkap dan real time.
Data yang Anda peroleh meliputi market share, total sales revenue, daftar top brands dan produk terlaris, serta market insights dari data yang ada. Dengan data tersebut, perusahaan Anda dapat menentukan langkah selanjutnya secara realistis dan real-time.
Tertarik dengan Compas Dashboard? Ketahui selengkapnya dengan follow Instagram kami melalui link ini, ya! Anda juga bisa berdiskusi dengan tim kami dengan mengisi form online di link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan data Compas!