perbedaan revenue dan sales

Pentingnya Mengetahui Perbedaan Revenue dan Sales untuk Atur Strategi Bisnis Online 

Author: Farah Ramadhani

Masih bingung dengan perbedaan revenue dan sales yang ada di Compas Dashboard? Artikel ini akan membahas tuntas pengertian masing-masing aspek beserta fungsinya. Langsung simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Pengertian Revenue dan Sales

perbedaan revenue dan sales

Pada Compas Dashboard, peletakan sales revenue dan sales quantity bersebelahan di bagian atas. Selain itu, kedua aspek tersebut ada di samping masing-masing produk atau brand. Jika dilihat sekilas, sales revenue angkanya berupa rupiah sedangkan sales quantity angka general.

Revenue atau Sales Revenue

Revenue atau sales revenue merupakan total penjualan yang diperoleh perusahaan atau suatu kategori tertentu. Jika letaknya di atas Compas Dashboard, maka sales revenue menggambarkan penghasilan suatu kategori dalam rupiah. 

Namun, apabila revenue terletak di sebelah brand atau produk, maka yang digambarkan adalah penghasilan brand atau produk dalam kurun waktu dan kategori yang dipilih. Misalnya, Anda memilih kategori lipstik periode bulan September dan melihat sales revenue dari brand X adalah Rp1.6 miliar. Dapat dikatakan pendapatan brand X dari produk lipstiknya di bulan September adalah Rp1.6 miliar.

Jika ingin lebih spesifik, Anda bisa juga mengakses sales revenue dari produk tertentu. Caranya sama, pilih kategori, periode waktu, lalu daftar produk akan tersedia.sales revenue yang ditampilkan akan menggambarkan jumlah pendapatan perusahaan dari produk tersebut.

Sales atau Sales Quantity

Memiliki arti yang serupa, sales atau sales quantity berarti jumlah produk yang berhasil dijual suatu brand atau listing pada kategori dan periode waktu tertentu. Sama seperti revenue, jika sales quantity posisinya di atas Compas Dashboard, maka angkanya menggambarkan banyak produk terjual pada kategori dan periode waktu tertentu.

Jika lokasinya di sebelah brand atau produk, maka sales quantity menggambarkan jumlah produk yang berhasil dijual suatu brand. Contohnya, brand X memiliki sales quantity sebesar 437 ribu pada kategori lipstik periode September. 

Artinya, brand X berhasil menjual produk lipstiknya sebanyak 437 ribu selama periode yang dipilih. Anda juga bisa mengambil informasi yang lebih spesifik terkait produk apa yang berhasil terjual dengan banyak melalui opsi top product listing di Compas Dashboard.

Fungsi Revenue dan Sales

perbedaan revenue dan sales

Setelah mengetahui perbedaan revenue dan sales, bagaimana kedua aspek tersebut mendukung peningkatan penjualan brand Anda? Ternyata, sales dan revenue berimbas besar pada perencanaan strategi penjualan, lho.

Dengan mengetahui revenue dan sales brand dibandingkan kompetitor, Anda bisa mengetahui seberapa banyak penghasilan kompetitor serta keefektifan strategi penjualan mereka. Akhirnya, strategi penjualan brand Anda pun dapat mengadaptasi dari kompetitor dan menjadi lebih efektif.

Selain itu, dari mengetahui sales quantity kompetitor, Anda juga bisa mengetahui produk apa yang populer dan memiliki penjualan tinggi. Insight ini tentunya sangat penting dalam melakukan riset sebelum peluncuran produk baru bagi brand Anda.

Selain sales revenue dan sales quantity, Compas Dashboard juga menampilkan data seputar performa bisnis Anda dan kompetitor. Beberapa aspek data yang ditampilkan antara lain adalah market share, daftar top brands, dan top listings.

Selain itu, Anda juga akan mendapat pendampingan berupa market insight report dari tim kami berisi rekomendasi strategi berdasarkan data yang ada. Anda jadi bisa menentukan strategi penjualan yang efektif dan perbandingannya dengan kompetitor.

Penasaran dengan Compas Dashboard? Follow Instagram kami melalui link ini, yuk! Anda juga bisa langsung request diskusi serta demo Compas Dashboard bersama tim kami dengan mengisi form online di link berikut. Jadilah jawara di e-commerce dengan Compas Dashboard! 


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.