penjualan kosmetik

Lokal Mendominasi! Ini Data Penjualan Kosmetik Bibir di Shopee Selama Kuartal II – 2022

Author: Farah Ramadhani

 

Put on some lipstick and pull yourself together.

Begitulah peran lipstik atau kosmetik bibir di hidup sebagian besar wanita. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian pada tahun 2001 yang menyatakan bahwa para wanita cenderung membeli lipstik untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Kepopuleran lipstik di kalangan wanita ini terbukti oleh riset yang dilakukan tim internal Compas. Mengambil data sebanyak 4.926 ribu produk yang terlisting di Shopee dengan metode online crawling, tim internal Compas mendapatkan data penjualan kosmetik bibir bulan April – Juni 2022 di e-commerce tersebut.

Dari riset tersebut diperoleh data bahwa total keseluruhan sales revenue kosmetik bibir di Shopee bulan April – Juni 2022 mencapai Rp107.5 miliar. Total penjualan ini didapat dari kurang lebih 2,4 juta transaksi yang telah berlangsung. Lantas, brand apa saja yang berhasil menduduki top 10 penjualan terlaris, ya? Simak penjelasan hasil riset tim internal Compas di bawah ini.

10 Brand Terlaris Kategori Kosmetik Bibir

penjualan kosmetik

1. Maybelline

Brand kosmetik asal Amerika ini meraih peringkat pertama di kategori kosmetik bibir terlaris periode April – Juni 2022 di Shopee. Sales revenue dalam satu bulan telah mencapai Rp24.8 miliar dengan total kurang lebih 299,4 ribu transaksi.

Diklaim sebagai brand nomor 1 di Amerika, tentu banyak orang yang percaya dengan kualitas Maybelline. Brand ini memiliki lebih dari 10 jenis lipstik dengan varian warna yang luas. Mulai dari pilihan warna klasik seperti merah dan pink hingga bold seperti biru dan hitam.

2. PINKFLASH

Brand kosmetik asal China ini sukses menempati peringkat kedua sebagai top brand kosmetik bibir dengan sales revenue hingga Rp8.3 miliar. Total ada sekitar 454,4 ribu transaksi selama kuartal II – 2022. Brand ini termasuk “pemain baru” dalam industri komestik di Indonesia.

Pertama kali resmi diluncurkan pada September 2022 dan kini berhasil merebut hati konsumen Indonesia. Bukan tanpa alasan, PINKFLASH berhasil menguasai pasar dengan menawarkan harga produk yang terbilang sangat terjangkau ketimbang brand lainnya, terutama Maybelline.

3. Focallure

Posisi ketiga kembali lagi dari brand asal Negeri Tirai Bambu, yakni Focallure. Brand ini mampu tembus peringkat ketiga dengan sales revenue hingga Rp8 miliar dan lebih dari 203,8 ribu transaksi. 

Sama halnya dengan brand kosmetik asal China sebelumnya, kesuksesan Focallure juga didukung dengan strateginya yang menerapkan harga terjangkau pada produk-produknya. 

4. Wardah

Pelopor kosmetik halal asal Indonesia, Wardah, berhasil menyusul brand international di atas dengan sales revenue sebesar Rp7 miliar. Sales revenue tersebut berhasil didapatkan brand ini dari kurang lebih 132 ribu transaksi.

Dengan pilihan 18 jenis kosmetik bibir yang tersedia, konsumen dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Pilihan tersebut meliputi lip cream, lipstick, dan lipbalm.

5. Make Over

Make Over merupakan brand asal Indonesia yang menawarkan makeup bold dengan pilihan warna yang berani dibandingkan brand yang masih satu grup dengannya, yaitu Wardah dan Emina yang menawarkan produk dengan warna lebih soft.

Kosmetik bibir yang disediakan oleh brand ini meliputi lipstik, lip palette, lip liner dan lip gloss. Dengan pilihan yang bervariasi, Make Over berhasil mencapai sekitar Rp6.3 miliar penjualan di Shopee. Angka tersebut diperoleh dari total kurang lebih 68,2 ribu transaksi yang terjadi di bulan April – Juni 2022.

6. Madame Gie

Termasuk pendatang baru di dunia kosmetik, Madame Gie by Gisella Anastasia yang berdiri tahun 2018 ini berhasil menduduki peringkat 6 kosmetik bibir terlaris di Shopee. Madame Gie memiliki misi menyediakan kosmetik untuk semua kalangan masyarakat dengan harga terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 ribu.

Penjualan di Shopee untuk kosmetik bibir brand ini telah mencapai kurang lebih 373 ribu total transaksi. Jumlah penjualan ini mendatangkan sales revenue sebesar Rp5.8 miliar selama periode April – Juni 2022.

7. Luxcrime

Peringkat ke-7, kembali diraih brand lokal, yakni Luxcrime. Brand yang mengaku terinspirasi lahir dari kecantikan wanita Indonesia ini berhasil meraih sales revenue senilai Rp4.4 miliar dengan transaksi sekitar 44,4 ribu kali. 

Brand ini memiliki tagline unik “I, Makeup, Skin, Happy :)” yang membuat produknya kian populer. Selain itu, Luxcrime juga menawarkan harga produk yang cukup terjangkau dengan varian produk yang inovatif.

8. Y.O.U

Y.O.U merupakan brand kecantikan asal Indonesia yang baru berdiri tahun 2018 silam. Walaupun termasuk newbie, di Shopee official store sales revenue-nya sudah mencapai Rp4.4 miliar sepanjang kuartal II – 2022. Pencapaian tersebut didapat dari kurang lebih 79,4 ribu transaksi yang berlangsung.

Di Shopee official store, Y.O.U menjual 7 varian produk kosmetik bibir dari berbagai rangkaian seri makeupnya. Kosmetik bibir yang dijual meliputi lipstick, lip cream, dan juga lip tint.

9. Barenbliss (BNB)

Brand asal Korea Selatan seringkali mencuri perhatian, termasuk di bidang kosmetiknya. Brand ini tercatat mampu memperoleh sales revenue hingga Rp2.9 miliar sepanjang kuartal II – 2022. 

Barenbliss meluncurkan produk kosmetiknya dengan membawa tiga filosofi, yaitu BNB yang merupakan singkatan dari Bare Essentials, No Harm, dan Bliss Moment. Melansir dari Popbela, diketahui co-founder brand ini merupakan seorang makeup artis ternama di Korea Selatan, Jina Kim.

10. Somethinc

Perusahaan yang naik daun berkat menggaet NCT Dream sebagai brand ambassador ini tidak hanya fokus pada industri skincare saja. Somethinc termasuk pemain baru dalam industri kosmetik bibir, namun berhasil mencetak prestasi sebagai salah satu top brand kosmetik bibir di Shopee pada kuartal II 2022. 

Performa Somethinc dibuktikan dengan sales revenue yang mencapai Rp2.5 miliar. Angka ini didapatkan dari kurang lebih 38,2 ribu transaksi yang berlangsung pada periode bulan April – Juni 2022. Adapun untuk produk terlarisnya, yakni Somethinc Ombrella Lip Totem Tint – Lip Tint Bibir Plumpy Juicy Seha.

Tren Kosmetik Bibir di Shopee April – Juni 2022

Secara keseluruhan, tim internal Compas menemukan bahwa market share tertinggi di kategori kosmetik bibir ini diraih oleh subkategori lipstik dengan 70,04%. Angka tersebut setara dengan sales revenue di Shopee kurang lebih Rp75.3 miliar dengan transaksi kurang lebih sebesar 1,7 juta pada bulan April – Juni 2022.

Data dari tim internal Compas juga menemukan tipe produk yang memiliki nilai penjualan tertinggi di Shopee pada periode tersebut. Produk tersebut merupakan Maybelline Superstay Matte Ink Liquid Matte Lipstick Make Up dengan sales revenue sebesar Rp15.5 miliar yang setara dengan kurang lebih 192 ribu transaksi di Shopee pada bulan April – Juni 2022.

Sedangkan produk dengan nilai penjualan tertinggi dari brand lainnya yaitu produk Matte Lipstik Lembut Tahan Lama Pelembab Pigmentasi dari brand PINKFLASH. Produk ini memiliki sales revenue sebesar Rp3.6 miliar dengan kurang lebih 226 ribu transaksi pada bulan April – Juni 2022 di Shopee. Kesamaan dari dua produk tersebut merupakan jenis matte finishing dan non-transfer/transfer proof. 

Dikarenakan di masa pandemi lalu yang mewajibkan penggunaan masker, maka orang-orang mulai mencari opsi kosmetik yang tidak menempel di masker. Oleh karena itu, jenis kosmetik bibir tersebut pun laris terjual. 

Di sisi lain, terdapat beberapa brand asal China yang sukses merebut pasar kosmetik bibir di Shopee. Hal ini lantaran harga yang terjangkau yang ditawarkan kedua brand di samping kualitasnya yang sesuai standar. 

Anda masih ingin mengetahui data penjualan kosmetik bibir terlaris periode berikutnya di Shopee? Compas Dashboard dapat membantu Anda mengetahui sales revenue kategori tertentu. Data yang bisa Anda akses meliputi brand terlaris, toko dengan total penjualan terbanyak, hingga total transaksi dan sales revenue di kategori tertentu.

Butuh data riset pasar secara akurat dan cepat? Hubungi Team Compas atau DM Instagram Compas. Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.