11  1

Lokal Mendominasi! Ini Data Penjualan Kosmetik Bibir di Shopee Bulan Juni 2021

Author: Farah Ramadhani

Put on some lipstick and pull yourself together. Begitulah peran lipstik atau kosmetik bibir di hidup sebagian besar wanita. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian pada tahun 2001 yang menyatakan bahwa para wanita cenderung membeli lipstik untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Kepopuleran lipstik di kalangan wanita ini terbukti oleh riset yang dilakukan tim internal Compas. Mengambil data sebanyak 5 ribu produk yang terlisting di Shopee dengan metode online crawling, tim internal Compas mendapatkan data penjualan kosmetik bibir bulan Juni 2021 di e-commerce tersebut.

Dari riset tersebut diperoleh data bahwa total keseluruhan penjualan kosmetik bibir di Shopee bulan Juni 2021 mencapai Rp25,22 miliar, lho. Total penjualan ini didapat dari kurang lebih 467 ribu transaksi yang telah berlangsung. Lantas, brand apa saja yang berhasil menduduki top 10 penjualan terlaris, ya? Simak penjelasan hasil riset tim internal Compas di bawah ini.

10 Brand Terlaris Kategori Kosmetik Bibir

11  3   1

1. Maybelline

Brand kosmetik asal Amerika ini meraih peringkat pertama di kategori kosmetik bibir terlaris periode Juni 2021 di Shopee. Total penjualannya dalam satu bulan telah mencapai Rp6,68 miliar dengan total kurang lebih 86 ribu transaksi.

Diklaim sebagai brand nomor 1 di Amerika, tentu banyak orang yang percaya dengan kualitas Maybelline. Brand ini memiliki lebih dari 10 jenis lipstik dengan varian warna yang luas. Mulai dari pilihan warna klasik seperti merah dan pink hingga bold seperti biru dan hitam.

2. Wardah

Pelopor kosmetik halal asal Indonesia, Wardah, berhasil menyusul brand international di atas dengan total penjualan sebesar Rp2,54 miliar. Sales revenue tersebut berhasil didapatkan brand ini dari kurang lebih 36 ribu transaksi.

Dengan pilihan 18 jenis kosmetik bibir yang tersedia, konsumen dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Pilihan tersebut meliputi lip cream, lipstick, dan lipbalm.

3. MakeOver

MakeOver merupakan brand asal Indonesia yang menawarkan makeup bold dengan pilihan warna yang berani dibandingkan brand yang masih satu grup dengannya, yaitu Wardah dan Emina yang menawarkan produk dengan warna lebih soft.

Kosmetik bibir yang disediakan oleh brand ini meliputi lipstik, lip palette, lip liner dan lip gloss. Dengan pilihan yang bervariasi, MakeOver berhasil mencapai sekitar Rp2,09 miliar penjualan di Shopee. Angka tersebut diperoleh dari total kurang lebih 20 ribu transaksi yang terjadi di bulan Juni 2021 lalu.

4. Madame Gie

Termasuk pendatang baru di dunia kosmetik, Madame Gie by Gisella Anastasia yang berdiri tahun 2018 ini berhasil menduduki peringkat 4 kosmetik bibir terlaris di Shopee. Madame Gie memiliki misi menyediakan kosmetik untuk semua kalangan masyarakat dengan harga terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 ribu.

Penjualan di Shopee untuk kosmetik bibir brand ini telah mencapai kurang lebih 85 ribu total transaksi. Jumlah penjualan ini mendatangkan sales revenue sebesar Rp1,36 miliar untuk bulan Juni 2021 saja.

5. Implora

Berawal dari perusahaan yang fokus di bidang parfum, Implora baru mulai memproduksi kosmetik bibir pada tahun 2017. Produk pertamanya adalah Urban Lip Matte yang dijual eksklusif di pulau Jawa dan Bali. Namun, sekarang produk-produk Implora sudah bisa didapatkan oleh masyarakat Indonesia melalui e-commerce Shopee.

Pada bulan Juni 2021, tim internal Compas mendata kurang lebih 35 ribu transaksi telah berlangsung di official store Shopee Implora. Dari banyaknya transaksi tersebut, brand asal Indonesia ini berhasil mendapatkan sales revenue atau total penjualan sebesar Rp844,03 juta dan menduduki peringkat 5 kosmetik bibir terlaris.

6. Emina

Anak perusahaan dari Wardah ini memiliki fokus memproduksi produk skincare dan makeup untuk remaja hingga dewasa. Uniknya, Anda dapat mencoba produk-produk Emina sebelum membeli melalui website resminya.

Dengan produk yang dijual mulai dari Rp13 ribu, official store Emina di Shopee berhasil meraih total penjualan sebesar Rp733,61 juta. Total penjualan ini didapatkan dari kurang lebih 19 ribu transaksi yang berlangsung pada periode bulan Juni 2021.

7. ESQA

Dirilis tahun 2016 lalu, ESQA, brand lokal bersertifikasi halal, berhasil masuk top 7 kosmetik bibir terlaris di Shopee bulan Juni 2021. Selain halal, ESQA juga merupakan pelopor brand vegan di Indonesia.

Riset oleh tim internal Compas menemukan bahwa ESQA berhasil mencapai kurang lebih 6 ribu transaksi di Shopee official store. Sales revenue atau total penjualan yang didapat pada bulan Juni 2021 yaitu sekitar Rp721,74 juta.

8. Y.O.U

Y.O.U merupakan brand kecantikan asal Indonesia yang baru berdiri tahun 2018 silam. Walaupun termasuk newbie, di Shopee official store total penjualannya sudah mencapai Rp717,67 juta untuk bulan Juni 2021 saja, lho. Total penjualan tersebut didapat dari kurang lebih 15 ribu transaksi yang berlangsung.

Di Shopee official store, Y.O.U menjual 7 varian produk kosmetik bibir dari berbagai rangkaian seri makeupnya. Kosmetik bibir yang dijual meliputi lipstick, lip cream, dan juga lip tint.

9. Nacific

Dengan motto “the birth of natural beauty”, Nacific ingin memberikan produk kosmetik dengan bahan dasar dari alam untuk menciptakan kecantikan yang natural. Brand asal Korea ini telah masuk ke pasar Indonesia melalui berbagai e-commerce dan media sosial seperti Instagram.

Tim Compas telah meriset penjualan kosmetik bibir Nacific di Shopee selama bulan Juni 2021 dan menemukan bahwa brand ini masuk ke daftar kosmetik bibir terlaris posisi 9. Total penjualannya dalam satu bulan lalu mencapai Rp622,08 juta dengan kurang lebih 7 ribu transaksi yang telah berlangsung.

10. L’Oreal

Brand asal Paris, L’Oreal, menjadi penutup daftar kosmetik bibir terlaris di Shopee periode Juni 2021. Tim Compas berhasil mendata bahwa official store L’Oreal berhasil meraih total penjualan sebesar Rp547,85 juta dengan kurang lebih 5 ribu transaksi.

Saat ini, L’Oreal menjual sekitar 7 jenis kosmetik bibir di Shopee. Varian yang ada meliputi lipstick, lip cream, dan lip gloss. Hasil akhir tiap produk pun berbeda, yaitu glossy dan matte.

Tren Kosmetik Bibir di Shopee bulan Juni 2021

11  3.1

Secara keseluruhan, tim internal Compas menemukan bahwa market share tertinggi di kategori kosmetik bibir ini diraih oleh subkategori lipstik dengan 56,8%. Angka tersebut setara dengan total penjualan di Shopee kurang lebih Rp14,3 miliar dengan transaksi kurang lebih sebesar 256 ribu pada bulan Juni 2021.

Data dari tim internal Compas juga menemukan tipe produk yang memiliki nilai penjualan tertinggi di Shopee pada Juni 2021 lalu. Produk tersebut merupakan Maybelline Superstay Matte Ink Liquid Matte Lipstick Make Up dengan total nilai penjualan sebesar Rp 3,11 Miliar yang setara dengan kurang lebih 45 ribu transaksi di Shopee pada bulan Juni 2021.

Sedangkan produk dengan nilai penjualan tertinggi dari brand lainnya yaitu produk Powerstay Transferproof Matte Lip Cream 7 g – Lip Cream Transferproof dari brand Make Over. Produk ini memiliki nilai penjualan sebesar Rp 917,11 Juta dengan kurang lebih 8 ribu transaksi pada bulan Juni 2021 di Shopee.

Kesamaan dari dua produk tersebut merupakan jenis matte finishing dan non-transfer/transfer proof. Kelebihan produk kosmetik non-transfer tersebut merupakan salah satu tren kosmetik di tahun 2021 yang diungkapkan oleh PT Cosmax Indonesia.

Dikarenakan di masa pandemi ini mewajibkan penggunaan masker, maka orang-orang mulai mencari opsi kosmetik yang tidak menempel di masker. Oleh karena itu, brand pun bisa mulai menjual produk-produk kosmetik bibir non-transfer ataupun menonjolkan keunggulan non-transfer tersebut pada produk-produknya.

Anda masih ingin mengetahui data penjualan kosmetik bibir terlaris periode Juni 2021 di Shopee? Compas Dashboard dapat membantu Anda mengetahui total penjualan kategori tertentu. Data yang bisa Anda akses meliputi brand terlaris, toko dengan total penjualan terbanyak, hingga total transaksi dan sales revenue di kategori tertentu.

Mengetahui data-data di atas dapat membantu mendeteksi pesaing terbesar di kategori yang sama dengan bisnis Anda. Dengan informasi yang tersedia, Anda juga dapat melakukan analisa pasar dan berinovasi agar produk Anda meraih penjualan yang lebih baik di Shopee. Langsung chat dengan tim kami untuk mendapatkan Compas Dashboard, ya!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us