mascara terlaris

Maybelline Mendominasi: Ini Daftar Brand Mascara Terlaris Periode 1-15 Agustus 2021 di Shopee dan Tokopedia

Author: Farah Ramadhani

Mascara merupakan produk kosmetik mata yang berfungsi untuk menebalkan dan menambah lentik bulu mata. Di Indonesia, mascara terlaris masih dipegang oleh Maybelline New York. Hal ini dikuatkan dengan kepopulerannya di situs review produk kecantikan, Female Daily.

Dilansir dari Female Daily, Maybelline menempati 8 peringkat dari daftar 10 mascara terpopuler. Bahkan, salah satu produknya, The Falsies Push Up Drama Mascara, memenangkan beauty award pada tahun 2017 silam.

Namun, ada beberapa merek lokal yang berhasil menyusul Maybelline dengan produk mascara andalannya, lho. Untuk mengetahui daftar selengkapnya, simak artikel di bawah ini, ya.

Brand Mascara Terlaris Periode 1-15 Agustus 2021

mascara-terlaris-

1. Maybelline

Menempati peringkat pertama, brand Maybelline mendominasi penjualan produk di kategori mascara dengan market share sebesar 49.7%. Mascara Maybelline memang terkenal dan tersedia dalam beberapa jenis sesuai fungsi.

Produk terlarisnya, The Falsies Lash Lift Mascara Makeup Waterproof, memiliki rating nyaris sempura di Female Daily, yaitu 4.7. Adapun produk terlaris keduanya adalah Hyper Curl Volum’ Express Mascara yang juga berhasil meraih rating 4.3 di Female Daily.

2. Madame Gie

Selanjutnya, brand lokal Madame Gie by Giselle Anastasia menyusul dengan 5.0% market share. Merek kosmetik lokal ini memiliki visi sebagai penyedia produk kosmetik yang berkualitas dan terjangkau.

Terbukti, mascara Madame Gie Gorgeus Wink Celebs Beauty Long MakeUp Maskara Waterproof menempati peringkat ke-9 untuk penjualan produk terlaris periode 1-15 Agustus 2021 di Shopee dan Tokopedia.

3. Esenses

Merek asal Indonesia, Esenses, menyusul brand-brand di atas dengan 4.4% market share. Esenses merupakan merek lokal yang berdiri sejak tahun 2016 dan telah menyediakan berbagai rangkaian makeup seperti cushion, eyeshadow, dan mascara.

Seperti fungsi mascara pada umumnya, produk Esesnses berfungsi untuk menebalkan dan melentikkan bulu mata. Bedanya, terdapat kandungan vitamin E yang bisa membuat bulu mata lebih sehat.

4. Wardah

Pelopor makeup halal di Indonesia, Wardah, masuk ke daftar mascara terlaris dengan market share sebesar 3.9%. Dilansir dari official store Shopee, Wardah memiliki 2 jenis mascara, yaitu Wardah EyeXpert The Volume Expert Mascara dan Wardah EyeXpert Perfectcurl Mascara.

Kedua produk mascara Wardah tersebut memiliki fungsi yang berbeda sesuai namanya. EyeXpert The Volume Expert Mascara untuk menambah tebal bulu mata dan EyeXpert Perfectcurl Mascara untuk membuat bulu mata lebih lentik.

5. L’Oreal

Merek asing L’Oreal Paris masuk ke peringkat 5 dengan market share 3.5%. Mascara L’Oreal yang legendaris adalah Voluminous Lash Paradise Mascara yang meraih rating 4.6 di Female Daily dan sempat dinobatkan di platform tersebut sebagai mascara terbaik pada tahun 2018.

Mascara Lash Paradise menjadi fenomenal karena dilengkapi dengan ultra sensorial fiber brush dan ultra creamy balmy formula yang menjaga bulu mata tetap sehat serta terlihat tebal dan lentik.

6. Pinkflash

Pinkflash merupakan brand asal China yang telah terdaftar BPOM. Melalui Shopee dan Tokopedia, Pinkflash berhasil meraih market share sebesar 2.7% pada periode 1-15 Agustus 2021.

Mascara Pinkflash berhasil masuk ke daftar produk terlaris nomor 6. Produknya adalah OhMyWink Volumezing Mascara Tahan Air. Dilengkapi dengan brush silicone, mascara pinkflash diklaim tidak akan melukai kulit ketika dipakai.

7. Xi Xiu

Walaupun memiliki nama China, ternyata Xi Xiu merupakan produk asal Indonesia. Brand lokal ini memiliki market share 2.2% untuk penjualan di Tokopedia dan Shopee selama periode 1-15 Agustus 2021.

Selain menjual mascara waterproof dan volumenizing, Xi Xiu juga memiliki produk mascara yang unik. Xi Xiu Divine 2in1 Mascara & Eyeliner merupakan produk yang mempunyai dua sisi, yaitu mascara dan eyeliner waterproof

8. O.Two.O

Brand asal Tiongkok, O.Two.O, menyusul dengan market share sebesar 1.7%. Beberapa tahun yang lalu, brand ini cukup terkenal karena produk blush on yang mirip dengan produk high-end, NARS.

Untuk produk mascara, O.Two.O memiliki 2 jenis, yaitu O.TWO.O Makeup Mascara Waterproof Black Curling Volumizing 4D dan O.TWO.O 3D Black Mascara Cosmetic Lash Extension Waterproof. Keduanya dijual di official store-nya dengan harga kisaran 100 ribu rupiah.

9. Holika Holika

Holika Holika merupakan brand asal Korea Selatan yang masuk ke pasar kosmetik Indonesia pada tahun 2013 lalu. Produk kecantikan yang ditawarkan Holika Holika beragam, mulai dari makeup, perawatan wajah, hingga perawatan tubuh.

Dengan market share kategori mascara 1.7%, salah satu produk Holika Holika, Lash Correcting Mascara, berhasil meraih posisi 5 di daftar produk mascara terlaris periode 1-15 Agustus 2021. 

10. Iman of Noble

Posisi terakhir brand mascara terlaris ditempati oleh Iman of Noble dengan 1.7% market share. Iman of Noble merupakan produk asal Thailand yang dijual di Indonesia melalui Shopee dan Tokopedia.

Produknya adalah serum bulu mata yang berbentuk mascara berwarna bening. Mascara Iman of Noble ini diklaim dapat memanjangkan dan melentikkan bulu mata jika dipakai dengan rutin.

 

Data di atas didapat tim internal Compas melalui metode online crawling dari ±7 ribu listing  produk kategori mascara. Data penjualannya diriset melalui dua e-commerce, yaitu Shopee dan Tokopedia pada periode 1-15 Agustus 2021. Toko yang diriset merupakan official store dan non-official store yang memiliki rating lebih dari 4 di kedua e-commerce.

Secara keseluruhan, kategori mascara berhasil memiliki total revenue sebesar Rp7 miliar. Total penjualan tersebut didapat berdasarkan kurang lebih 264 ribu transaksi di Shopee dan Tokopedia selama periode 1-15 Agustus 2021.

Ingin mengakses data penjualan kategori kecantikan lebih detail? Compas Dashboard dapat membantu Anda melakukan riset pasar dengan menampilkan data penjualan di kategori pilihan Anda. Data yang akan didapat meliputi total penjualan dan total transaksi keseluruhan, tiap brand, hingga tiap produk yang ada. 

Selain itu, Anda juga bisa melihat kompetitor terbesar melalui data top seller, top brand, dan top produk kategori pilihan Anda. Periode waktunya pun dapat Anda atur sesuai kebutuhan. Tunggu apa lagi, yuk segera hubungi kami lewat link ini atau klik link Instagram Compas dan hubungi lewat DM!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us