logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Selama Ramadhan, Harga Nastar Naik Hingga 137.5%

Selama Ramadhan, Harga Nastar Naik Hingga 137.5%

Author: Compas


Di bulan Ramadan, tren pembelian barang-barang secara online maupun offline cenderung meningkat dibandingkan bulan biasa. Terlebih pada Ramadan tahun ini, Indonesia masih berada dalam suasana pandemi Covid-19 dan beberapa wilayah juga masih diberlakukan PSBB. Dalam situasi tersebut tentunya banyak e-commerce di Indonesia yang menawarkan beragam promosi untuk menarik minat penggunanya selama bulan puasa, agar konsumen tetap berada di rumah.

Dari seluruh kegiatan belanja online selama bulan Ramadan, tentunya konsumen tidak akan lepas dari berbelanja camilan seperti kue kering, kurma, kacang, dan berbagai macam merk kue kaleng, untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa hingga menjelang Lebaran. Telunjuk.com sebagai e-commerce hub telah memantau sekitar 67.019 data produk kue kering, kue kaleng, kurma, hingga kacang di beberapa e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Dari data tersebut, terlihat bahwa selama bulan Ramadan total penjualan kurma di toko online mengalami kenaikan lebih dari 3000% bila dibandingkan sebelum Ramadan, yaitu dengan total penjualannya mulai dari hari pertama puasa (24/04) hingga Senin kemarin (11/05) mencapai 714 Juta Rupiah.

traffic penjualan kue kering, kurma, dan kacang mede

Namun berdasarkan hasil riset yang sama, selama bulan Ramadan ini kue kering seperti nastar, putri salju, kastengel, kue kacang hingga kue semprit mengalami kenaikan harga dengan rata – rata sebesar 137.5% bila dibandingkan sebelum Ramadan. Harga untuk 500 gram kue kering yang sebelum Ramadan ini rata-rata sebesar Rp.40,000 kini harganya menjadi rata-rata sebesar Rp.95,000

rata-rata kenaikan

Hal tersebut menjadi gambaran bahwa, kurma tetap menjadi favorit orang dalam berbuka puasa. Dan kue kering seperti nastar, putri salju kestengel dan kue kering lainnya juga tetap menjadi makanan wajib setiap orang dalam menyambut Lebaran. Walaupun Ramadan kali ini kita berada di dalam situasi pandemi covid-19, semoga kita tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat dan sanak saudara dengan selalu tenang di rumah.

Baca juga: Hand Sanitizer Sulit Didapat, Harga Meningkat Tajam

Metodologi riset : Tim Riset Telunjuk melacak data harga, penjualan, dan transaksi belanja online di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak terhadap produk – produk Kue Kaleng bermerk Khong Guan, Gerry, Monde, Roma, Oreo, Selamat, Tango, Nissin, Good Times, Hatari serta generik keywords seperti : Kue Kaleng, Kacang Mede, Kurma, Kue Kering (Nastar, Kue Putri Salju, Kue Kastengel, Kue Lidah Kucing, Kue Semprit, Kue Widaran Keju, Kue Bawang, Kue Coklat Chip, Kue Kacang). . Data sampel berjumlah 67,019 list produk dan diambil berdasarkan periode tanggal 1 April 2020 hingga 11 Mei 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.