hand sanitizer

Hand Sanitizer Diburu Gegara Corona di RI, Harga pun Melejit

Author: Compas


Jakarta, CNBC Indonesia – Permintaan produk-produk kebersihan seperti hand sanitizer atau pembersih tangan semakin banyak diburu oleh konsumen, selain juga masker di tengah bertambahnya kasus positif corona di Indonesia yang diumumkan pertama kali sejak Senin 2 Maret 2020 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kondisi yang sama juga terjadi setiap pengumuman tambahan kasus positif baru corona di Indonesia. Selain peningkatan permintaan, juga ada kenaikan harga produk-produk tersebut di toko online.

Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan oleh telunjuk.com, sebuah platform mesin pencari khusus untuk kegiatan belanja online. Mereka melakukan survei terhadap tiga platform e-commerce yaitu Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee pada periode 26 Februari sampai 4 Maret 2020, berdasarkan 6.001 data.

image7
Foto: Warga Buru Masker Murah di Depok. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Setelah Jokowi mengumumkan dua warga Depok terinfeksi virus corona (2/3), produk hand sanitizer mulai diburu konsumen baik dalam toko ritel offline maupun toko online e-commerce.

Pada Senin (9/3) dalam situs resmi Kemkes.go.id, pemerintah melalui Juru Bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa per 9 Maret 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Indonesia bertambah 13 kasus dari sebelumnya, sehingga jumlah kasus menjadi 19 kasus dengan pasien termuda berusia 16 tahun dan pasien tertua berusia 59 tahun.

Telunjuk.com sebagai e-commercehub di Indonesia telah menghimpun data mengenai anomali penjualan hand sanitizer di beberapa toko online di antaranya adalah Tokopedia, Shopee dan Bukalapak,” jelas perseroan dalam keterangan resminya, Kamis (12/3).

Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa estimasi total penjualan pada tiga e-commerce tersebut mencapai puncaknya yaitu sebesar Rp 159.560.430 pada 2 Maret 2020, lalu mengalami penurunan di 3 Maret 2020.

Namun semenjak pengumuman adanya tambahan kasus positif corona di Indonesia, pada Selasa (10/3) jumlah kasus positif menjadi 27 orang telah menimbulkan efek kenaikan estimasi total penjualan menjadi Rp 30.657.900 pada Rabu (11/3)

Selain itu harga di produk-produk hand sanitizer juga mengalami kenaikan dengan rata-rata menjadi Rp 46.404/botol di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak sejak tanggal 2 Maret 2020 dan kembali lagi meroket harganya dengan puncak kenaikan pada Rabu (11/3) yaitu menjadi Rp 60.570.

Telunjuk.com juga telah mencatat produk-produk hand sanitizer yang paling laris di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Dari data yang diperoleh, muncul beberapa merek yang cukup sulit ditemui di toko ritel offline diantaranya adalah Aseptic Gel OneMed 500ml, Softa-Man Braun Hand Sanitizer 500ml dan Brata Med Hand Sanitizer 500ml.

Leave a Comment

Related Post

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us