logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
gula

Sulit Dicari, Harga Gula di Marketplace Naik Hingga 76%

Author: Compas


Sebuah startup edukasi berbelanja online, telunjuk.com melakukan riset selama 16 hari sejak tanggal 1 Maret sampai 16 Maret 2020 untuk memantau pergerakan harga gula di e-commerce.

Hasilnya, harga gula naik hingga 76 persen menjadi Rp 22.000 per kilogram (kg) dibanding Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 12.500 per kg. Harga gula tertinggi mencapai Rp 22.000 per kg pada tanggal (15/3).

CEO Telunjuk.com Hanindia Narendrata mengasumsikan kenaikan harga gula di e-commerce salah satunya disebabkan adanya panic buying efek virus corona. Selain itu, ia bilang, kenaikan harga gula eceran di e-commerce seiring dengan situasi gula eceran di pasaran (offline) yang sulit dicari.

“Harga kenaikan gula 76 persen. Puncak sempat Rp 22 ribu per kg. Meskipun harga mahal tetapi kebutuhan gula (ada) (masyarakat) cari di online. Efek corona (panic buying),” katanya kepada kumparan, Kamis (19/3).

 

ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online Foto: Shutterstock

Riset ini menggunakan empat e-commerce populer di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan JD.ID. Adapun sampel gula eceran yang dipakai sebagai sampel sebanyak 5.610 gula eceran per kilo.

Beberapa merek gula yang diambil seperti, GMP, PSM, Rose Brand, Gulaku,La-Ku, Pedati Mas dan Merbabu. Merek-merek gula tersebut dipilih lantaran yang paling dikenal masyarakat.

Sedangkan puncaknya permintaan tertinggi gula eceran terjadi pada 16 Maret 2020 sebanyak 878 gula per kg dibandingkan pada tanggal 1 Maret 2020 sebanyak 14 gula per kg.

Secara total, dari 1 Maret hingga 16 Maret 2020 terjadi sebanyak 1.991 transaksi dengan nilai mencapai Rp 36.102.303.

sourcekumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.