logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Harbolnas 12.12 FMCG E-commerce Report 2023

Harbolnas 12.12: Data Penjualan FMCG Capai Rp279 Miliar di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli!

Author: Irene Yustika Lintin

Compas.co.id – Harbolnas 12.12 yang jatuh pada tanggal 12 Desember 2023 telah menjadi fenomena tahunan yang ditunggu-tunggu. Sebagai salah satu event e-commerce terbesar di Indonesia, Harbolnas 2023 membawa gelombang besar dalam dunia belanja online, mendorong konsumsi, dan memberikan berbagai penawaran menarik bagi konsumen. Momentum ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan penawaran terbaik, tetapi juga menjadi momen penting bagi para penjual online untuk meningkatkan penjualan dan kehadiran merek mereka di pasar.

Sebagai #1 Indonesia E-commerce Market Insight, Compas.co.id menganalisis data penjualan kategori produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang meliputi produk Perawatan Kecantikan, Makanan & Minuman, Kesehatan, serta Ibu & Bayi selama Harbolnas 12.12 untuk membantu para pelaku bisnis mempersiapkan strategi penjualan di double date campaign yang akan berlangsung di setiap bulan sepanjang 2024. Riset dilakukan melalui metode online crawling di Official Store & Nonofficial Store di Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada pada periode 1-14 Desember 2023. Riset dilakukan terhadap 216 subkategori FMCG, 25.211 brand, dan 2.450.685 product listings. 

Harbolnas 12.12: Nilai Penjualan Rata-Rata Kategori FMCG Meningkat 86%, Jumlah Transaksi Rata-Rata Meningkat 102%

Harbolnas 12.12: Nilai Penjualan Rata-Rata Kategori FMCG Meningkat 86%, Jumlah Transaksi Rata-Rata Meningkat 102%

Harbolnas 12.12 telah membawa dampak yang sangat positif pada penjualan produk FMCG di Indonesia. Berdasarkan pantauan Compas.co.id, terjadi peningkatan nilai penjualan rata-rata sebesar 86% dan peningkatan jumlah transaksi rata-rata sebesar 102% selama periode Harbolnas 12.12 dibandingkan dengan hari biasa. Nilai penjualan rata-rata meningkat dari Rp150 Miliar menjadi Rp279 Miliar, sementara jumlah total transaksi rata-rata naik dari sekitar 4,5 juta menjadi lebih dari 9 juta unit. Data ini menunjukkan efektivitas kampanye Harbolnas 12.12 dalam mendorong pertumbuhan e-commerce, dengan Shopee. Tokopedia, Blibli, dan Lazada yang berkontribusi pada peningkatan tersebut.

Harbolnas 12.12: Shopee Capai Nilai Penjualan Tertinggi, Blibli Meningkat 316%!

Harbolnas 12.12: Shopee Capai Nilai Penjualan Tertinggi, Blibli Meningkat 316%!

Selama Harbolnas 12.12 2023, Shopee mencatat nilai penjualan tertinggi di antara platform e-commerce lainnya karena mencapai Rp171 Miliar, sementara Tokopedia dan Blibli mengalami pertumbuhan yang paling signifikan, seperti Blibli dengan pertumbuhan sebesar 316% dan Tokopedia dengan pertumbuhan sebesar 214%. Lazada turut alami peningkatan sebesar 154%. 

Dalam hal total jumlah transaksi, Shopee juga memimpin sebagai platform e-commerce dengan jumlah produk terjual terbanyak, dan alami pertumbuhan sebesar 93%. Blibli lagi-lagi sukses alami pertumbuhan total transaksi tertinggi, karena alami pertumbuhan sebesar 313%. Disusul oleh Tokopedia dengan pertumbuhan jumlah total transaksi sebesar 157% dan Lazada sebesar 82%. 

Salah satu faktor yang membuat Shopee unggul adalah kesuksesan kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale. Menurut Chris Feng, CEO Shopee, kesuksesan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat dari berbagai lapisan mempercayai Shopee dalam memberikan pengalaman belanja online terbaik. Hal ini membawa Shopee mencatatkan rekor terbaru di Indonesia dengan raihan gross merchandise value (GMV) hingga Rp1,3 Triliun dalam 24 jam pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale.

Harbolnas 12.12: Nilai Penjualan Seluruh Kategori FMCG Meningkat Drastis, Produk Ibu & Bayi Meningkat 211%!

Harbolnas 12.12: Nilai Penjualan Seluruh Kategori FMCG Meningkat Drastis, Produk Ibu & Bayi Meningkat 211%!

Seluruh kategori produk mengalami peningkatan nilai penjualan yang signifikan selama kampanye 12.12. Kategori Perawatan Kecantikan mencatat kenaikan nilai penjualan sebesar 51%, Makanan dan Minuman meningkat 129%, Kesehatan 104%, dan kategori Ibu dan Bayi tumbuh sebesar 211%. Dari sisi total jumlah transaksi, Perawatan Kecantikan meningkat 72%, Makanan dan Minuman 124%, Kesehatan 138%, dan Ibu dan Bayi mengalami lonjakan hingga 170%. Data ini menunjukkan bagaimana kampanye 12.12 berhasil mendorong penjualan lintas sektor di industri e-commerce.

Harbolnas 12.12: Parfum & Wewangian Jadi Kategori Produk Perawatan Kecantikan Terlaris, Terjual 271K Produk!

Harbolnas 12.12: Parfum & Wewangian Jadi Kategori Produk Perawatan Kecantikan Terlaris, Terjual 271K Produk!

Dalam kampanye 12.12, kategori Parfum & Wewangian memimpin dengan penjualan tertinggi, karena sukses terjual hingga 271K produk dan alami pertumbuhan total transaksi sebesar 17%. Parfum & Wewangian sebagai kategori dengan jumlah penjualan terbanyak, menegaskan minat konsumen yang besar terhadap produk ini selama kampanye Harbolnas 12.12. 

Harbolnas 12.12: Top 3 Brand Perawatan Kecantikan Terlaris Diraih La Mei La, Wardah, dan Hanasui!

Harbolnas 12.12: Top 3 Brand Perawatan Kecantikan Terlaris Diraih La Mei La, Wardah, dan Hanasui!

Dalam kampanye belanja online 12.12, La Mei La memimpin dalam jumlah total transaksi sebanyak 96.5K produk, dengan pertumbuhan sebesar 32% dibandingkan hari-hari biasa. Disusul oleh 2 brand lokal yang mampu menjadi merek Perawatan Kecantikan terlaris dengan terjual hingga 68K-71K produk di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Compas.co.id juga mencatat ada merek Perawatan Kecantikan yang alami peningkatan jumlah total transaksi sebesar 367%. Cari tahu siapa merek yang sukses raih peningkatan fantastis tersebut selengkapnya di sini. 

Bagaimana dengan top kategori produk dan top brand dari kategori FMCG lainnya seperti Makanan & Minuman, Kesehatan, serta Ibu & Bayi? Compas telah merangkum data & insightnya dalam Compas Market Insight: Harbolnas 12.12 FMCG E-commerce Report 2023 yang dapat di akses di sini.

Kesimpulan

Nilai penjualan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) meningkat 86% dan total jumlah transaksi meningkat 102% selama Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023. Shopee memimpin dalam penjualan, diikuti oleh pertumbuhan tinggi di Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Kenaikan penjualan terjadi di seluruh kategori, terutama Perawatan Kecantikan, Makanan & Minuman, Kesehatan, dan Ibu & Bayi, dengan Parfum & Wewangian menjadi subkategori produk Perawatan Kecantikan terlaris. Adapun Top 3 Brand Perawatan Kecantikan diraih oleh La Mei La dan 2 brand lokal yaitu Wardah dan Hanasui, menunjukkan efektivitas kampanye Harbolnas dalam mendorong pertumbuhan pasar FMCG di e-commerce Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.