logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
brand diet detox

Battle Diet Detox, Flimty vs Herwell! Data Penjualan Buka Suara: Siapa Brand Terfavorit?

Battle Diet Detox, Flimty vs Herwell! Data Penjualan Buka Suara: Siapa Brand Terfavorit? 

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Tren diet detox makin populer dengan maraknya para influencer atau pegiat media sosial yang mempromosikan produk tersebut. Melansir dari The Conversation, sebuah studi mengungkapkan bahwa 37% konsumen berusia 18-34 tahun cenderung lebih percaya pada produk diet yang dipromosikan oleh influencer

Tak mengherankan jika banyak brand diet detox yang menerapkan strategi marketing melalui influencer. Hal inilah yang dilakukan beberapa brand ternama diet detox di Indonesia seperti Flimty dan Herwell. 

Menurut pantauan Tim Compas, kedua brand tersebut memang bersaing ketat dalam data penjualan produk diet detox di e-commerce selama periode Maret hingga September 2022. Nah, kira-kira siapa brand terfavorit konsumen di e-commerce? Simak, info selengkapnya dalam data penjualan dari Compas Dashboard berikut ini. 

Data Penjualan Diet Detox Periode 1-15 September 2022: Flimty Ungguli Herwell 

brand diet detox

Flimty, Brand Diet Detox yang Berturut-turut Masuk 3 Besar

Selama periode ini, data penjualan Flimty mengalami pertumbuhan yang baik. Menurut data Compas Dashboard, brand tersebut berturut-turut sukses masuk 3 besar jajaran top brand diet detox di Shopee dan Tokopedia.

Tim Compas melakukan riset per tiga bulan sekali, yakni Maret, Juni, dan September untuk melihat penjualan produk diet detox di e-commerce. Hasilnya, Flimty menempati posisi kedua pada periode 1-15 Maret 2022 dengan market share di angka 18,19%.

Flimty kalah saing dengan Yourslim, brand lokal yang mampu meraih market share sebesar 47,71%. Meski begitu, Flimty berhasil merebut pasar diet detox pada bulan Juli dengan periode yang sama. 

Tercatat, Flimty meraih posisi pertama sebagai top brand diet detox dengan market share yang melejit di angka 55,40%. Kira-kira apa rahasianya?

Usut punya usut, ternyata Flimty menggandeng presenter sekaligus Youtuber papan atas Indonesia, Deddy Corbuzier, sebagai brand ambassador (BA) produknya. Hal ini pun resmi diumumkan dalam Instagram @flimtyfiber pada 30 Maret 2022. 

Postingan dalam Instagram tersebut juga mendapat sambutan baik dari para audiens. Ada banyak komen yang menunjukkan rasa penasaran untuk menjajal manfaat produk ini setelah dipromosikan oleh Deddy Corbuzier. 

Popularitas dan kuatnya nama Deddy Corbuzier di kalangan masyarakat Indonesia diduga kuat meningkatkan brand awareness produk tersebut. Apalagi, Youtuber tersebut dikenal pula sebagai fitness enthusiast yang mana sejalan dengan persona Flimty. 

Kesesuaian antara Flimty dengan gaya hidup dan karakter sang BA turut meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap manfaat yang ditawarkan. Selain itu, Flimty juga memberikan “bukti dan hasil” dari berbagai testimoni konsumen yang telah mencobanya. 

Tak hanya itu, brand yang populer dengan tagar #FitSlimAndHealthy ini mendukung para pejuang body goals untuk berjuang bersama melalui produknya. Dengan begitu, brand seolah kian dekat dan tetap keep in touch dengan konsumen setianya.

Strategi tersebut tentunya bermanfaat untuk menjaga interaksi dengan konsumen sekaligus mendorong hadirnya pelanggan baru. Terbukti, tiga bulan berikutnya Flimty kembali mempertahankan gelar sebagai juara satu top brand diet detox dengan market share mencapai 36,35%. 

Ditambah lagi, Flimty sukses meraih Top Brand Awards 2021 dan 2022. Tentunya, prestasi tersebut kian meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa produk ini berkualitas sehingga banyak dipilih untuk mendukung program diet. 

Herwell, Kompetitor Kuat Diet Detox Flimty

Berdasarkan data Compas Dashboard, terpantau data penjualan Herwell kejar-kejaran dengan Flimty dalam merebut posisi top brand diet detox. Kendati demikian, Herwell hanya mampu meraih peringkat kelima pada periode 1-15 Maret 2022. Saat itu, brand ini mencapai market share sebesar 5,75%. 

Tiga bulan selanjutnya, brand tersebut berhasil naik podium pada posisi kedua. Pencapaian tersebut tidak lepas dari besarnya market share yang meningkat cukup signifikan pada angka 12,58%. 

Sama halnya dengan Flimty, Herwell juga menggaet presenter sekaligus influencer ternama Indonesia sebagai brand ambassador, yakni Ivan Gunawan. Brand tersebut juga turut berkolaborasi dengan Miss Grand International (MGI) 2022. 

Sebuah kolaborasi yang ideal untuk menggambarkan visual dan manfaat produk. Selain itu, melalui laman Instagram @herwell terlihat brand tersebut memasang bio “Lose Weight, Don’t Weight” dengan klaim “Turun BB 4-6 kg dalam 1 bulan”. 

Bagi pejuang body goals, tentu info tersebut sangat menarik. Bahkan, disertai pula cerita para konsumen yang telah membuktikannya melalui testimoni dalam @ceritawellies. Melalui cara ini, brand ingin menunjukkan akan khasiat produknya yang bukan sekadar memberi janji tapi solusi. 

Keberhasilan brand dalam menjalankan strateginya tersebut dapat dilihat dari pencapaian pada periode ini. Data Compas Dashboard menemukan, Herwell masih kokoh pada peringkat kedua di bawah Flimty dengan market share sebesar 9,73%. 

Kesimpulan

Dari data Compas Dashboard tersebut, telah terbukti bahwa Flimty menjadi brand diet detox favorit konsumen di e-commerce dibandingkan Herwell. Apabila dicermati, kedua brand menjalankan strategi penjualan yang tidak beda jauh. 

Hal ini dapat menjadi contoh bagi brand serupa karena produk semacam diet detox ini akan lebih mudah menarik konsumen apabila ada testimoni yang telah membuktikannya. Apalagi jika testimoni tersebut berasal dari public figure tentu makin membuat penasaran konsumen untuk merasakan khasiatnya pula. 

Di sisi lain, perusahaan juga perlu memaksimalkan strategi dengan melakukan riset pasar. Riset pasar akan mempermudah perusahaan dalam memantau data penjualan sekaligus pergerakan kompetitor. 

Melalui data Compas Dashboard, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.