logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Tingkatkan Operasional Bisnis Online dengan Melakukan 3 Tahap Demand Planning Ini!

Tingkatkan Operasional Bisnis Online dengan Melakukan 3 Tahap Demand Planning Ini!

Author: Nimas Cemara

Dalam menjalankan bisnis online, tentu saja penting untuk mengetahui permintaan dan kepentingan konsumen. Namun, apakah Anda pernah merasa bingung dalam menyiapkan jumlah produk yang akan dijual?

Untuk mengetahui jumlah tersebut, Anda dapat mencoba menerapkan metode demand planning. Dengan metode ini, Anda dapat memantau jumlah produk ideal yang akan brand Anda jual ke konsumen.

Kali ini, Compas telah merangkum tentang tahapan melakukan metode demand planning di bisnis online Anda. Simak selengkapnya di artikel ini, ya!

demand planning

Mirip dengan metode sales forecasting dimana Anda “meramal” masa depan dalam hal revenue dan sales, metode demand planning juga “melihat” masa depan. Bedanya, metode demand planning dilakukan untuk mempersiapkan jumlah produk di periode penjualan berikutnya. Sehingga, brand Anda memiliki kepastian jumlah produk untuk dijual.

Selain memastikan jumlah produk selalu terpenuhi, demand planning juga bermanfaat untuk menjaga konsumen tetap puas. Karena, bila jumlah persediaan selalu terpenuhi, konsumen dapat tetap membeli produk tanpa takut kehabisan. Kemudian, metode demand planning juga bermanfaat untuk mempersiapkan brand apabila tiba-tiba terjadi lonjakan permintaan.

Demand planning juga dapat bermanfaat untuk menghemat biaya produksi karena sudah mengetahui perkiraan jumlah produk yang akan diproduksi. Selain itu, metode ini juga bermanfaat untuk mengelola pesanan pelanggan dengan cara yang lebih tepat.

Nah, selanjutnya Compas akan membahas bagaimana tahapan melakukan metode ini. Yuk, lanjut membaca artikelnya!

 

Tiga Tahap Melakukan Metode Demand Planning

demand planning

1. Mengumpulkan dan Menganalisa Data

Untuk melakukan metode demand planning, kehadiran data yang clean dan relevan sangat dibutuhkan. Data tersebut bisa didapatkan dari historical data bisnis online Anda yang pada umumnya berisi mengenai penjualan brand dalam satu bulan atau periode lainnya.

Tidak perlu bingung bagaimana mendapatkan historical data bisnis Anda, karena Compas Dashboard dapat membantu! Melalui Compas Dashboard, Anda dapat melihat data mengenai market share dan sales revenue dari produk Anda maupun kompetitor. 

Selain historical data, data dari sales forecasting juga dapat membantu Anda memprediksi jumlah ketersediaan produk. Data dari sales forecasting, salah satunya, didapatkan dengan melihat persaingan pasar yang juga dapat dilakukan dengan Compas Dashboard.

Setelah mendapatkan berbagai data, Anda dapat melakukan analisa terhadap data untuk menentukan langkah selanjutnya.

2. Menyusun Rencana Bisnis

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis berdasakan data yang sudah didapatkan dan dianalisa. Tanpa adanya rencana yang jelas, demand planning akan sulit dilakukan dengan efektif dan efisien. 

Compas akan mencoba untuk memberikan contoh situasi yang bukan berdasarkan situasi sebenarnya. Misal, penjualan lipstik pada saat Tokopedia Cantik Fest Maret 2022 mengalami kenaikan sebesar 80%. Sehingga, sedikit kemungkinan untuk penjualan produk lipstik tetap di atas 50% di minggu berikutnya karena konsumen baru saja membeli produk tersebut. 

Maka, di minggu berikutnya, brand dapat menyiapkan 50% produk yang kemungkinan akan dibeli konsumen. Hal ini didapatkan dari historical data dan sales forecasting yang telah dianalisis pada saat event tersebut terjadi. 

3. Implementasi dan Monitoring Bersama Tim

Setelah proses demand planning berjalan, jangan lupa untuk tetap memantau jalannya proses. Evaluasi dan analisis harus diadakan secara real-time dengan melihat data market insight

Untuk mendapatkan data market insight, Anda dapat menggunakan Compas Dashboard. Selain data market share dan sales revenue produk Anda dan kompetitor yang sudah disebutkan sebelumnya, data market insight apa saja yang tersedia di Compas?

Data lainnya yang dapat Anda akses di Compas Dashboard adalah total sales quantity, market share, list top brands, top product listings, dan top sellers. Data Compas Dashboard pun dapat menyesuaikan periode waktu dan marketplace yang Anda pilih sehingga akan memudahkan untuk mengakses laporan market insight sesuai kebutuhan. 

Bisnis online Anda akhirnya dapat menjalani metode demand planning dengan nyaman dengan bantuan Compas Dashboard.

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.