logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
metode forecasting

3 Manfaat dan Faktor Metode Forecasting Untuk Memenangkan Pasar Bisnis Online

3 Manfaat dan Faktor Metode Forecasting Untuk Memenangkan Pasar Bisnis Online

Author: Nimas Cemara

Selain cuaca, ternyata kata “ramalan” juga dapat ditemukan di dunia bisnis online. Metode forecasting adalah salah satu metode untuk “meramal” masa depan dalam menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan data riwayat brand.

Metode forecasting tentu memiliki manfaat bagi bisnis online Anda. Apa saja manfaat dari metode ini? Berikut Compas sudah merangkum tiga manfaat metode forecasting untuk Anda.

Tiga Manfaat Metode Forecasting

metode forecasting

1. Prediksi Masa Depan Bisnis Online

Sesuai dengan namanya, forecasting dapat membantu untuk melihat prediksi masa depan bisnis online. Dengan metode forecasting, manajemen bisnis online akan terbantu karena dapat memberikan gambaran umum mengenai apa yang bisa diharapkan di masa depan.

Hal itu pun dapat membantu bisnis untuk mengambil langkah selanjutnya yang tepat dengan menempatkan diri sesuai dengan target di masa depan dan meraih untung sebanyak-banyaknya.

2. Menjaga Brand Tetap Up-to-Date

Karena dengan melakukan forecasting dapat “melihat” masa depan, maka bisnis online yang rutin menerapkan strategi ini memiliki kecenderungan untuk berpikir di masa depan. 

Dengan melakukan hal tersebut, brand akan terus mendapat update informasi, contohnya terkait produk, untuk keberlangsungan bisnis. Hal ini dapat membantu brand untuk mengantisipasi perubahan tren pasar dan berkompetisi dengan pesaing.

3. Memenuhi Kepuasan Konsumen

Dengan memprediksi masa depan, maka bisnis dapat mengetahui kemungkinan permintaan produk di kemudian hari. Mengetahui perubahan tren juga membantu untuk menghasilkan produk yang kemungkinan akan laris di pasaran.  

Hal ini dapat membantu brand untuk memenuhi permintaan konsumen. Jika permintaan konsumen terpenuhi, maka akan menghasilkan kepuasaan pelanggan dan kemungkinan terjadinya repeat order akan muncul.

 

Setelah mengetahui manfaatnya, tentu akan semakin menarik untuk menerapkan metode forecasting dalam bisnis online Anda. Namun, ada baiknya bila Anda mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi forecasting.

Selanjutnya, Compas sudah merangkum tiga faktor yang dapat memengaruhi metode forecasting. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

Tiga Faktor yang Memengaruhi Metode Forecasting 

metode forecasting

1. Persaingan Pasar

Brand perlu mengetahui tingkat persaingan yang terjadi di pasar. Faktor yang dapat dilihat dari persaingan pasar adalah ada berapa banyak pesaing dan bagaimana posisi mereka di pasar. Selain itu, penting pula untuk mengetahui posisi brand Anda di pasar.

Hal ini perlu diperhatikan dengan saksama. Compas Dashboard dapat membantu Anda untuk melihat persaingan pasar dan posisi brand Anda di pasar. Dengan Compas Dashboard, Anda dapat melihat kompetitor serta strategi yang mereka gunakan dalam memasarkan produk.

2. Sifat Produk

Sifat produk pun dapat memengaruhi metode forecasting. Dalam hal ini, brand perlu menilai apakah produk memerlukan waktu lama untuk diproduksi.

Kemudian, perhatikan pula apakah produk tersebut dapat bersaing dan bertahan di pasar apabila disandingkan dengan produk kompetitor. Jika dapat bertahan, perhatikan juga berapa lama produk tersebut dapat survive di pasar.

3. Riwayat Data Brand

Berdasarkan Corporate Finance Institute, metode forecasting dilakukan dengan mengumpulkan berbagai opini dan intuisi, begitu pula dengan fakta dan data yang relevan. Data historis perkembangan atau performa brand dapat memengaruhi jalannya metode forecasting.

Dengan melihat data tersebut, brand dapat mengantisipasi dan menentukan langkah selanjutnya dalam melakukan bisnis online. Compas Dashboard pun dapat membantu Anda untuk melihat data historis brand

Selain melihat data dan strategi kompetitor dan data historis brand, Anda juga dapat mengakses data lainnya melalui Compas Dashboard. Data tersebut antara lain total sales revenue, total sales quantity, market share, list top brands, top product listings, dan top sellers.

Data Compas Dashboard dapat menyesuaikan periode waktu dan marketplace yang Anda pilih sehingga akan memudahkan untuk mengakses laporan market insight sesuai kebutuhan. Dengan bantuan Compas Dashboard, bisnis online Anda dapat menjalani metode forecasting dengan nyaman.

 

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.