logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Inilah Data Penjualan Wardah 1 Tahun Terakhir

Inilah Data Penjualan Wardah 1 Tahun Terakhir

Inilah Data Penjualan Wardah 1 Tahun Terakhir

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Berdasarkan laporan The Royal Islamic Strategic Study Centre (RISSC), terdapat 231.06 juta penduduk Indonesia yang beragama Islam. Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, tak heran masyarakat Indonesia jadi memiliki concern tersendiri akan halal atau tidaknya produk yang mereka gunakan sehari-hari.

Concern ini pun difasilitasi oleh pemerintah dengan kebijakan penyematan label “halal” pada semua produk yang “habis pakai”, mulai dari makanan, minuman, skincare hingga kosmetik. Label halal hanya bisa diperoleh jika suatu produk telah lolos rangkaian tes tertentu untuk membuktikan bahwa kandungan di dalamnya benar-benar halal.

Ada sebuah fenomena menarik yang muncul dari penyematan “halal” itu sendiri, yaitu identitas “halal” yang melekat pada suatu local brand ternama di Indonesia. Adakah yang bisa menebak nama brand tersebut?

 

Wardah: Pioneer Brand Kosmetik Halal di Indonesia

Yup. Sejak dulu, Wardah dikenal sebagai beauty brand dengan produk-produk kecantikan berlabel “halal”. Hal ini agaknya cukup mengherankan. Pasalnya, ada lusinan beauty brand yang sudah memperoleh sertifikasi halal, lantas mengapa hanya Wardah yang lengket dengan ciri khas “halal”nya?

Rupanya, identitas “halal” tersebut merupakan salah satu strategi branding yang dilakukan Wardah. Melalui penelusuran ke berbagai platform digital, Compas menemukan bahwa Wardah kerap menggunakan model berhijab dalam iklan-iklan promosi produk.

Brand garapan PT Paragon ini berulang kali menyematkan slogan “Wardah, Halal.” di voice over iklannya. Pada tahun 2018 lalu, Wardah bahkan pernah meluncurkan TV Commercial video di Youtube resminya dengan tajuk “Halal dari Awal”.

 

Data Penjualan Wardah 1 Tahun Terakhir

Tim internal Compas melalui metode online crawling berhasil menemukan data penjualan Wardah selama satu tahun terakhir, terhitung sejak 1 Juli 2021—31 Juli 2022 di Shopee dan Tokopedia untuk Official dan Non-Official Store.

Sebagai beauty brand yang menempelkan diri pada label dan identitas “halal”, apakah Wardah berhasil mendulang kejayaan dalam satu tahun terakhir? Simak data penjualan Wardah dan pencapaiannya dalam 1 tahun terakhir berikut!

 

Sales Revenue Wardah di Shopee dan Tokopedia (Official & Non-Official Store)

Di bawah ini merupakan data penjualan brand Wardah di Shopee dan Tokopedia selama satu tahun, tepatnya terhitung sejak 1 Juli 2021—31 Juli 2022.

Dalam waktu 1 tahun, Wardah ternyata berhasil mencapai sales revenue di Shopee, Tokopedia, dan BliBli masing-masing sebesar Rp380 miliar, Rp50 miliar, dan Rp25 miliar seperti pada gambar di bawah ini.

Sales Revenue Wardah

Ingin mengakses data penjualan kompetitormu lebih lengkap? Book Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!

Berdasarkan visualisasi data di atas, dapat disimpulkan bahwa Shopee menjadi e-commerce dengan sales revenue tertinggi untuk penjualan produk-produk Wardah.

Top Seller Produk Wardah di Shopee Official Store

Selain data mengenai capaian sales revenue Wardah selama satu tahun terakhir, Compas Dashboard juga menunjukkan data mengenai top seller yang sukses menjual produk-produk Wardah terbanyak.

Ditilik dari informasi yang tertera pada gambar, dapat disimpulkan bahwa toko Wardah Official Store, Wardah Official, dan Cozme Official✅ menjadi trio seller Wardah dengan penjualan paling ciamik!

Ingin mengakses data penjualan kompetitormu lebih lengkap? Book Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!

3 Produk Wardah yang Paling Laris

Top Seller Produk Wardah di Shopee Official Store

1. Wardah Lightening Series

Series terlaris dalam jajaran produk Wardah tak lain adalah Wardah Lightening. Series skincare yang satu ini terdiri dari Day & Night Cream, Milk Cleanser 150ml, Toner, Gentle Wash (ukuran 50ml dan 100ml), Facial Mask 50ml, Facial Scrub 50ml, Whip Facial Foam (ukuran 50ml dan 100ml (besar) Micellar Water 100ml, Face Mist 60ml, Essence Sheet Mask, dan Serum Ampoule Blister (tersedia ukuran 8ml dan 30ml).

Sesuai dengan namanya, rangkaian produk Wardah Lightening Series memiliki fungsi utama untuk menutrisi kulit sekaligus membantu mencerahkan kulit.

Di samping itu, produk besutan Wardah ini juga membantu mempercepat regenerasi sel kulit mati melalui kandungan Glycolic Acid. Lightening Series pun dapat membantu merawat dan melembabkan wajah berkat kandungan ekstrak rumput laut, allantoin, serta Vitamin E dan C sebagai antioksidan.

Adapun seller Shopee yang berhasil menjual produk Wardah Lightening Series terbanyak adalah Belia Cosmetic. Usut punya usut, toko online yang satu ini juga memperoleh Shopee Super FMCG – Seller Super Award 2021, lho!

 

2. Wardah UV Shield Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ 40ml

Produk terlaris dari brand Wardah yang kedua adalah Wardah UV Shield Sunscreen Gel SPF 30 PA+++. Sunscreen garapan Wardah ini unggul dengan teknologi Broad Spectrum Protection yang 30x lebih optimal menjaga kulit dari sinar UVA/UVB serta pancaran blue light berlebih.

Dengan inovasi formula 0% alkohol, Wardah UV Shield Sunscreen Gel tetap terasa ringan di muka dan tidak lengket saat diaplikasikan. Kombinasi kandungan vitamin E dan Pro Vitamin B5 di dalamnya turut bantu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit sehari-hari.

Seller yang mendulang cuan dengan penjualan Wardah UV Shield Sunscreen Gel terlaris adalah Cozme Official✅ di Shopee.

 

3. Wardah Lightening Face Toner 125ml

Masih tergolong dalam kategori skincare, urutan ketiga produk Wardah terlaris diduduki oleh Wardah Lightening Face Toner ukuran 125ml.

Dengan kandungan Niacinamide, produk face toner yang termasuk dalam deretan Lightening Series ini bermanfaat dalam menjaga keseimbangan pH kulit, menyegarkan wajah seketika setelah pemakaian, mencerahkan dengan proses natural, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Posisi Shopee Official Store dengan penjualan Wardah Lightening Face Toner terlaris digenggam oleh toko online Wardah Official sendiri.

Ingin mengakses data penjualan kompetitormu lebih lengkap? Book Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!

 

Kesimpulan

Berdasarkan data yang ditunjukkan oleh Compas Dashboard selama setahun terakhir, dapat disimpulkan bahwa produk Wardah terlaris berada di kategori skincare wajah.

Hal ini dibuktikan dengan larisnya top product Wardah Lightening Series, Wardah UV Shield Sunscreen Gel, dan Wardah Lightening Face Toner. Dapat dilihat bahwa ketiganya merupakan jajaran produk perawatan wajah.

Selain lekat dengan label “halal”, Wardah yang merupakan anak PT Paragon dikenal sebagai “pemain lama” yang masih terus berjaya hingga kini. Hal ini disebabkan Wardah selalu tampil inovatif dalam meluncurkan produk-produk baru.

Selain itu, local brand yang satu ini juga tidak tanggung-tanggung dalam hal riset pasar. Salah satu produk kosmetik terlarisnya, yakni Wardah Cushion Colorfit bahkan disebut-sebut memiliki shade color yang diriset berdasarkan warna kulit asli wanita Indonesia.

Tak heran, produk-produknya selalu laris di pasaran, sebab Wardah sudah mengetahui keselarasan antara target konsumen dengan tujuan produknya.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.