logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
data penjualan shampoo

Data Penjualan Shampo Bulan April – Juni 2022 di Shopee: 10 Brand ini Menjuarai!

Data Penjualan Shampo Bulan April – Juni 2022 di Shopee: 10 Brand ini Menjuarai!   

Author: Farah Ramadhani

Compas.co.idDewasa ini, telah banyak jenis produk perawatan rambut bermunculan dengan beragam fungsi. Beberapa contoh jenis produknya adalah hair serum, hair mask, conditioner, hingga shampo. Produk shampo memang tak bisa lepas dari kebutuhan sehari-hari dan bisa dikatakan salah satu produk pembersih diri primer.

Tim internal Compas telah mendata penjualan shampo di salah satu platform jual-beli terbesar di Indonesia, Shopee. Data ini didapat dari metode online crawling di official store dengan rating 4 atau lebih pada periode April – Juni 2022. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak rincian data penjualan shampo di Shopee selama kuarta II – 2022 berikut.

Merk Shampo Terlaris Kuarta II – 2022

data penjualan shampo

Menduduki peringkat pertama kategori perawatan rambut terlaris, ada berbagai merek shampo lokal maupun internasional yang berhasil menjual berbagai varian produknya. Berikut top 10 brand shampo terlaris di Shopee periode Juni 2021.

1. L’Oreal

Brand asal Paris, L’Oreal, berhasil menduduki peringkat pertama produk shampo terlaris di Shopee selama kuartal II – 2022. Tim internal Compas mencatat adanya kurang lebih 47,1 ribu transaksi yang telah terjadi. Jumlah transaksi tersebut menghasilkan sales revenue sekitar Rp6.4 miliar.

Total penjualan yang fantastis ini didasari oleh jenis shampo L’Oreal yang bervariasi. Memiliki 7 varian, fungsi dari merk shampo asal Paris ini beragam, mulai dari menghilangkan ketombe di kulit kepala, merawat rambut kering dan rusak sehabis diwarnai, hingga menguatkan akar rambut.

Sementara jenis shamponya yang termasuk top produk, yakni L’Oreal Paris Resist 3x Complete Set. Produk shampo tersebut laku terjual hingga 8.2K produk sepanjang kuartal II – 2022. Secara harga, shampo dari L’Oreal ini dibanderol dengan average price senilai Rp117.761* per produknya. 

Minat data penjualan lainnya? Segera akses datanya melalui 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

2. Kelaya

Peringkat kedua sukses diraih oleh brand lokal yang berdiri sejak tahun 2015, Kelaya. Dengan sales revenue mencapai Rp3.2 miliar, Kelaya berhasil meraih top brand shampo periode April – Juni 2022. 

Produk-produk Kelaya ini dikenal akan branding-nya yang menggunakan bahan natural seperti aloe vera, minyak kemiri, dan minyak kelapa. Jenis produknya yang laris terjual itu ada Kelaya Hair Treatment Shampo yang laris terjual hingga 24,9 ribu pcs di official store Shopee. Produk shampo dari Kelaya ini dijual dengan average price Rp125.000*. Angka yang tidak jauh beda dengan kompetitor sebelumnya. 

3. Pantene

Merk shampo yang diproduksi oleh perusahaan P&G asal Eropa ini menyusul di peringkat ketiga sebagai merk shampo terlaris selama kuartal II 2022. Tim Compas mendata dari penjualan di Shopee, terdapat kurang lebih 32,3 ribu transaksi produk Pantene dalam satu kuartal.

Dengan jumlah transaksi mencapai belasan ribu, sales revenue Pantene pun tembus dua miliar, yaitu kurang lebih Rp2.8 miliar. Produk shampo ini memang terkenal di kalangan masyarakat karena sudah berdiri sejak tahun 1940.

Dalam penjualannya, Pantene membanderol shamponya dengan average price Rp47.377* per produk. Dengan rata-rata harga tersebut, brand ini mengunggulkan produk terlarisnya bernama Pantene Shampoo Smooth & Silky 400 ml.

4. Tresemme

Masuk ke Indonesia pada tahun 2012 silam, Tresemme berhasil menduduki peringkat keempat shampo terlaris di Shopee. Awal mula brand ini didirikan untuk memberi layanan rambut khas salon kepada para pembelinya. Hingga saat ini, Tresemme terus berkembang untuk menuntaskan masalah rambut para wanita, dimulai dari merawat rambut rusak hingga mengurangi hair fall atau rambut rontok.

Pasar merespon baik produk Tresemme yang dibuktikan dengan sales revenue bulan April – Juni 2022 yang mencapai sekitar Rp2.6 miliar. Sales revenue tersebut didapat dari jumlah pembelian di Shopee sebesar kurang lebih 45,7 ribu transaksi.

Produk terlaris dari brand ini adalah Tresemme Shampoo Keratin Smooth Rambut Lembut 48 Jam. Produk tersebut berhasil tembus penjualan dengan sales quantity 10 ribu produk lebih di Shopee. Produk shampo Tresemme ini dijual dengan harga yang cukup bersaing dengan Pantene, yakni Rp57.934*.

5. Kerastase

Tak hanya L’Oreal, brand perawatan rambut asal Paris ini juga laris menjual produknya di dalam negeri. Pertama kali meresmikan pasarnya di Indonesia melalui Official Flagship Shop, kini Kerastase juga merambah pasar di e-commerce

Dengan mengantongi sales revenue senilai Rp2.6 miliar, Kerastase mampu menyabet gelar top brand shampo kuartal II 2022. Pendapatan tersebut setara dengan sales quantity sebesar 4 ribu produk.

Apabila dibandingkan dengan beberapa brand sebelumnya, data penjualan shampo Kerastase terbilang lebih kecil. Kendati demikian, dengan average price Rp454.675*, maka mudah saja bagi Kerastase untuk meraih revenue yang tinggi meski produk yang terjual tidak sebanyak kompetitornya. Harga tersebut menjadikan produk Kerastase paling mahal diantaranya shampo brand lainnya. 

Untuk produk terlarisnya berasal dari Kerastase Anti Hair Fall Shampoo & Serum Rambut Rontok & Patah. Produk tersebut laku terjual sekitar 400 pcs selama kuartal II – 2022 di Shopee. 

6. Head & Shoulders

Sebagai shampo anti-ketombe terkemuka, Head & Shoulders memiliki sales revenue sebesar Rp2.4 miliar di platform Shopee. Total penjualan tersebut didapat dari kurang lebih 29,7 ribu transaksi yang terjadi selama bulan April – Juni 2022.

Meskipun berfokus pada shampo anti-ketombe, produk keluaran P&G ini menawarkan pula produk yang diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut namun tetap memiliki fungsi utama yang sama. Beberapa produk tersebut adalah shampo anti-ketombe yang juga melembutkan rambut, menutrisi akar hingga ujung rambut, dan mengurangi kerontokan.

Shampo terlaris dari brand ini merupakan produk bundling, yaitu Head & Shoulders Shampoo Cool Menthol 850 ml – Paket Isi 3. Produk tersebut terjual sekitar 900 pcs di Shopee selama kuartal II – 2022. Dari segi harga, Head & Shoulders menawarkan average price Rp50.696* per produknya.

7. Dove

Dove merupakan brand Beauty & Care asal Inggris yang berdiri sekitar tahun 1990-an. Brand ini pertama kali debut dengan meluncurkan produk deodorant antiperspirant, namun kini kian berkembang dengan menghadirkan aneka produk perawatan dan kecantikan.

Di bawah naungan PT Unilever Indonesia, Tbk, Dove mencoba menjajaki pasar di Indonesia sejak tahun 1952. Selama beberapa dekade perjalanannya, Dove mencoba mempertahakan konsisten performanya sehingga masuk pemain unggulan seperti top brand shampo kali ini. 

Shampo dari brand ini berhasil masuk 10 besar produk terlaris untuk periode April – Juni 2022.Tim internal Compas berhasil mendata sales revenue Dove di Shopee, yaitu mencapai Rp2 miliar.

Sama halnya dengan Head & Shoulders, shampo terlaris dari Dove juga termasuk produk bundling. Produk tersebut, yakni Dove 3 In 1 Super Shampoo Hair Serum 125 ml x 2 yang laku terjual hingga 5 ribu pcs lebih. Untuk average price, produk shampo Dove ini dijual senilai Rp40.833*.

Minat data penjualan lainnya? Segera akses datanya melalui 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

8. Makarizo

Berawal dari pengembangan produk pelurus rambut bernama Makarizo Rebonding System, brand ini sukses mencetak prestasi dalam industri perawatan rambut. Makarizo, pemain asal Taiwan yang berdiri sejak tahun 1980-an juga dikenal sebagai brand perawatan rambut legendaris.

Brand yang populer dengan nuansa kemasannya berwarna orange tersebut mampu memperoleh sales revenue hingga Rp1.6 miliar. Pencapaian tersebut setara dengan sekitar 59,9 ribu transaksi.

Pencapaian Makarizo ini juga didukung dengan produk andalannya, yaitu Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo Aloe. Produk tersebut laku sekitar 9 ribu produk selama periode April – Juni 2022 di Shopee. Sementara rata-rata harga yang ditawarkan dari produk shampo Makarizo ini, yaitu Rp35.342*. Harga tersebut bisa dikatakan lebih terjangkau diantaranya brand-brand sebelumnya.

9. Sunsilk

Menduduki peringkat 9 data penjualan shampo terlaris, Sunsilk memiliki data penjualan shampo sebesar kurang lebih 34,7 ribu transaksi dan sales revenue mencapai Rp1.5 miliar. Perbandingannya lumayan tipis dengan brand sebelumnya, ya.

Merupakan anak produk dari perusahaan dunia Unilever, Sunsilk sudah terkenal di Indonesia sebagai pelopor shampo berbahan dasar alami. Bahkan, saat ini Sunsilk memiliki produk khusus perawatan rambut wanita berhijab, lho.

Pada periode April – Juni 2022, Sunsilk Super Shampoo Bye Bye Rontok 300 ml menjadi produk andalan brand ini karena performanya yang gemilang. Ditinjau dari segi harga, average price Sunsilk bersaing ketat dengan Makarizo, yaitu dijual senilai Rp34.916* per produknya.

10. O’Sweet

Baru dirilis tahun 2013, brand asal Singapore, O’Sweet sudah mampu meraih kurang lebih 5,6 ribu transaksi di Shopee pada periode April – Juni 2022. Berdasarkan data penjualan shampo yang diperoleh Tim Compas, sales revenue dari O’Sweet mencapai Rp1.5 miliar.

O’Sweet memiliki standar internasional produk dengan menggunakan bahan-bahan alami dan berkualitas. Produknya pun telah melalui penelitian dan uji coba yang diklaim aman dipakai untuk menutrisi rambut ibu hamil dan menyusui.

Dengan keunggulan tersebut brand ini berhasil membawa produk terlarisnya, yaitu O’Sweet Ginger Shampoo 450 ml sebagai shampoo yang sukses mengantongi sales revenue Rp669.2 juta. Padahal, dari segi harga O’Sweet terbilang cukup mahal, yaitu dijual dengan average price Rp263.240*. Harga tersebut menjadikan produk shampo O’Sweet termahal kedua dari jajaran top brand yang ada dalam daftar ini.

Artikel di atas merupakan data penjualan shampo di Shopee sepanjang kuartal II – 2022. Secara keseluruhan, penjualan shampo di Shopee ini telah mencapai kurang lebih 672,7 ribu transaksi. Sedangkan sales revenue yang diraih pun cukup fantastis, yaitu sekitar Rp48.6 miliar.

Minat data penjualan lainnya? Segera akses datanya melalui 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Naikkan Penjualan Menggunakan Strategi Bundling

Hasil riset tim internal Compas mengumpulkan top produk sub kategori Shampo untuk tiap 10 brand di atas. Dari hasil tersebut Compas menemukan bahwa beberapa produk dengan nilai penjualan tertinggi untuk tiap brand tersebut merupakan produk bundling.

Product Bundling merupakan salah satu bentuk pemasaran dengan menggabungkan dua atau lebih produk dalam sebuah paket penjualan. Menurut ShipBob, terbukti mendorong lebih banyak pendapatan dan meningkatkan nilai pesanan rata-rata (AOV).

Ada beberapa tipe bundling dalam pemasaran seperti mixed bundling, pure bundling, sama product bundling, dan kelebihan persediaan. Namun, kali ini Compas akan lebih fokus kepada mixed bundling dan juga product bundling.

Brand Head & Shoulders diketahui menggunakan strategi product bundling pada top product-nya yaitu Head & Shoulders Shampoo Cool Menthol 850 ml paket isi 3. Selain itu, ada juga Dove 3 In 1 Super Shampoo Hair Serum 125 ml x 2. Strategi ini cukup menarik bagi konsumen karena biasanya harga yang ditawarkan lebih terjangkau dengan membeli beberapa produk sekaligus. 

Berlanjut kepada tipe bundling lainnya yaitu mixed bundling yang merupakan penggabungan beberapa produk yang bisa digunakan konsumen secara bersamaan.

Riset tim internal Compas menemukan produk Shampo terlaris untuk brand L’Oreal di Shopee pada bulan April – Juni 2022 merupakan L’Oreal Paris Fall Resist 3x Complete Set yang dijual secara bundling dimana pembeli mendapatkan tiga produk (shampo, conditioner, hair mask) dalam sekali pembelian. Ini merupakan salah satu contoh mixed bundling.

Selain meningkatkan penjualan, strategi bundling juga memiliki beberapa benefit lainnya seperti:

  • Mengurangi biaya pemasaran dan distribusi
  • Mengurangi produk yang tidak laku
  • Tingkatkan kepercayaan dan pengalaman konsumen

Keseluruhan data penjualan shampo ini dapat Anda akses lebih detail menggunakan Compas Dashboard. Minat? Segera hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas dan jadilah jawara di e-commerce!

*Penentuan average price berdasarkan riset Compas Dashboard di official store Shopee dan Tokopedia dengan menyertakan produk bundling.

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.