12  1  1

Data Penjualan Shampo Bulan Juni 2021 di Shopee: 10 Brand ini Menjuarai!   

Author: Farah Ramadhani

Dewasa ini, telah banyak jenis produk perawatan rambut bermunculan dengan beragam fungsi. Beberapa contoh jenis produknya adalah hair serum, hair mask, conditioner, hingga shampo. Produk shampo memang tak bisa lepas dari kebutuhan sehari-hari dan bisa dikatakan salah satu produk pembersih diri primer.

Tim internal Compas telah mendata penjualan shampo di salah satu platform jual-beli terbesar di Indonesia, Shopee. Data ini didapat dari metode online crawling di official store dengan jumlah listing kurang lebih 7 ribu produk. Tim riset Compas juga hanya mengambil data produk yang memiliki penjualan dengan rating 4 atau lebih pada periode bulan Juni 2021.

Dari data yang diambil tim internal Compas tersebut, sub-kategori shampo memiliki market share terbesar dalam kategori perawatan rambut, dengan persentase sebesar 41,9%. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak rincian data penjualan shampo di Shopee bulan Juni 2021 berikut.

Brand Shampoo Terlaris Juni 2021

12  3.1  Copy  4

Menduduki peringkat pertama kategori perawatan rambut terlaris, ada berbagai merek shampo lokal maupun internasional yang berhasil menjual berbagai varian produknya. Berikut top 10 brand shampo terlaris di Shopee periode Juni 2021. 

1. L’Oreal

Brand asal Paris, L’Oreal, berhasil menduduki peringkat pertama produk shampo terlaris di Shopee pada bulan Juni 2021. Tim internal Compas mencatat adanya kurang lebih 27 ribu transaksi yang telah terjadi. Jumlah transaksi tersebut menghasilkan total penjualan sekitar Rp2,36 miliar dalam satu bulan saja. 

Total penjualan yang fantastis ini didasari oleh jenis shampo L’Oreal yang bervariasi. Memiliki 7 varian, fungsi dari shampo brand asal Paris ini beragam, mulai dari menghilangkan ketombe, merawat rambut sehabis diwarnai, hingga menguatkan rambut. 

 

2. Pantene

Produk pembersih rambut yang diproduksi oleh perusahaan P&G asal Eropa ini menyusul di peringkat kedua sebagai merek shampo terlaris bulan Juni 2021. Tim Compas mendata dari penjualan di Shopee, terdapat kurang lebih 12,3 ribu transaksi produk Pantene dalam satu bulan lalu. 

Dengan jumlah transaksi mencapai belasan ribu, total penjualan Pantene pun tembus satu miliar, yaitu kurang lebih Rp1,31 miliar. Produk shampo ini memang terkenal di kalangan masyarakat karena sudah berdiri sejak tahun 1940.

3. Tresemme

Masuk ke Indonesia pada tahun 2012 silam, Tresemme berhasil menduduki peringkat ketiga shampo terlaris di Shopee. Awal mula brand ini didirikan untuk memberi layanan rambut khas salon kepada para pembelinya. Hingga saat ini, Tresemme terus berkembang untuk menuntaskan masalah rambut para wanita.

Pasar merespon baik produk Tresemme yang dibuktikan dengan total penjualan bulan Juni 2021 yang mencapai sekitar Rp839,44 juta. Sales revenue tersebut didapat dari jumlah pembelian di Shopee sebesar kurang lebih 17,3 ribu transaksi. 

4. Head & Shoulders

Sebagai shampo anti-ketombe terkemuka, Head & Shoulders memiliki total penjualan sebesar Rp690,18 juta di platform Shopee. Total penjualan tersebut didapat dari kurang lebih 7,6 transaksi yang terjadi selama bulan Juni 2021.

Meskipun berfokus pada shampo anti-ketombe, produk keluaran P&G ini menawarkan pula produk lain dengan fungsi utama yang sama. Beberapa produk tersebut adalah shampo anti-ketombe yang juga melembutkan rambut, menutrisi kulit kepala, dan mencegah rambut rontok.

5. Matrix

Matrix merupakan anak perusahaan dari L’Oreal Paris yang menyediakan produk perawatan rambut khusus salon. Shampo dari brand ini berhasil masuk 5 besar produk terlaris untuk bulan Juni 2021.

Tim internal Compas berhasil mendata total penjualan brand Matrix di Shopee, yaitu mencapai Rp518,41 juta. Angka tersebut berhasil diraih dengan penjualan yang berlangsung pada bulan Juni 2021 lalu sebanyak kurang lebih 3,1 ribu transaksi. 

6. Love, Beauty & Planet

Brand Love, Beauty & Planet mengajak para pembelinya untuk mencegah kerusakan ekosistem laut dengan menyajikan produk perawatan tubuh ramah lingkungan, termasuk shampo.

Dengan metode produksi yang vegan dan cruelty-free, shampo Love, Beauty & Planet berhasil mencapai kurang lebih 6 ribu transaksi di Shopee. Total penjualan yang dihasilkan dari transaksi periode Juni 2021 tersebut adalah sekitar Rp492,74 juta.

7. Sunsilk

Menduduki peringkat 7 penjualan shampo terlaris, Sunsilk memiliki data penjualan shampo sebesar kurang lebih 10,8 ribu transaksi dan total penjualan mencapai Rp425 juta. Perbandingannya lumayan tipis dengan brand sebelumnya, ya.

Merupakan anak produk dari perusahaan dunia Unilever, Sunsilk sudah terkenal di Indonesia sebagai pelopor shampo berbahan dasar alami. Bahkan, saat ini Sunsilk memiliki produk khusus perawatan rambut wanita berhijab, lho.

8. O’Sweet

Baru dirilis tahun 2013, brand asal Singapore, O’Sweet sudah mampu meraih kurang lebih seribu transaksi di Shopee pada bulan Juni 2021. Total penjualan yang diraih sebesar Rp366,89 juta.

O’Sweet memiliki standar internasional produk dengan menggunakan bahan-bahan alami dan berkualitas. Produknya pun telah melalui penelitian dan uji coba yang diklaim aman dipakai untuk ibu hamil dan menyusui.

9. Lifebuoy

Lifebuoy merupakan salah satu brand dari perusahaan dunia, Unilever. Tim riset Compas telah mendata performa penjualan produk shampo dari brand asal inggris ini di Shopee pada bulan Juni 2021. Didapatkan data kurang lebih 7 ribu transaksi yang menghasilkan total penjualan sebesar Rp354,36 juta pada periode bulan Juni 2021.

Lifebuoy menyediakan rangkaian produk untuk menjaga kehigienisan tubuh seperti sabun, shampoo, dan hand sanitizer. Selain di Indonesia, brand ini juga telah memasarkan produknya ke negara-negara lain seperti China, India, Brazil, hingga Afrika Selatan.

10. Herbal Essences

Berbahan alami dari alam, Herbal Essences menjadi merek shampoo terakhir di daftar shampo paling laris bulan Juni 2021 di Shopee. Tercatat dalam satu bulan tersebut, brand ini mencapai total penjualan sekitar Rp324,11 juta dari total transaksi  kurang lebih 3 ribu transaksi.

Herbal Essences bekerjasama dengan organisasi konservasi tanaman, Royal Botanic Gardens, Kew, untuk mendapatkan bahan baku yang alami. Selain itu, brand ini juga memiliki misi untuk menjaga keasrian tumbuhan sembari menciptakan produk yang sesuai untuk kesehatan rambut Anda.

Artikel di atas merupakan data penjualan shampo di Shopee sepanjang bulan Juni 2021 lalu. Secara keseluruhan, penjualan shampo di Shopee ini telah mencapai kurang lebih 461 ribu transaksi. Total penjualannya pun telah mendominasi kategori perawatan rambut, yaitu sekitar Rp11,9 miliar.

 

Naikkan Penjualan Menggunakan Strategi Bundling 

12  3.2  Copy 12  3.3  Copy

Hasil riset tim internal Compas mengumpulkan top produk sub kategori Shampo untuk tiap 10 brand di atas. Dari hasil tersebut Compas menemukan bahwa sebagian besar produk dengan nilai penjualan tertinggi untuk tiap brand tersebut merupakan produk bundling.

Product Bundling merupakan salah satu bentuk pemasaran dengan menggabungkan dua atau lebih produk dalam sebuah paket penjualan. Menurut ShipBob, terbukti mendorong lebih banyak pendapatan dan meningkatkan nilai pesanan rata-rata (AOV).

Ada beberapa tipe bundling dalam pemasaran seperti mixed bundling, pure bundling, same product bundling, dan kelebihan persediaan. Namun, kali ini Compas akan lebih fokus kepada mixed bundling dan juga product bundling.

Riset tim internal Compas menemukan produk Shampo terlaris untuk brand L’Oreal di Shopee pada bulan Juni 2021 merupakan L’Oreal Paris Total Repair 5 Shampoo Hair Care 620ml yang dijual secara bundling dimana pembeli mendapatkan dua shampo dalam sekali pembelian. Ini merupakan salah satu contoh product bundling.

Brand Pantene juga menggunakan strategi product bundling pada top productnya yaitu Pantene Anti Hairfall Shampoo 900ml paket isi 3. Terakhir ada juga brand Head & Shoulders menjual produk  Head & Shoulders Shampoo Cool Menthol 850 ml dalam paket isi 3.

Berlanjut kepada tipe bundling lainnya yaitu mixed bundling yang merupakan penggabungan beberapa produk yang bisa digunakan konsumen secara bersamaan.

Tim internal compas menemukan dua brand yang melakukan strategi mixed bundling untuk top produk mereka. Salah satunya merupakan brand Love Planet & Beauty yang menjual produk Shampoo  Coconut Water & Mimosa Flower 400 ml yang dipaketkan bersama dengan conditioner dengan varian yang sama.

Sama seperti Love Beauty & Planet, top product untuk brand Herbal Essence juga merupakan mixed bundling yang terdiri dari Herbal Essences Argan Oil Conditioner & Shampoo.

Selain meningkatkan penjualan, strategi bundling juga memiliki beberapa benefit lainnya seperti:

  • Mengurangi biaya pemasaran dan distribusi
  • Mengurangi produk yang tidak laku
  • Tingkatkan kepercayaan dan pengalaman konsumen

Keseluruhan data penjualan ini dapat Anda akses lebih detail menggunakan Compas Dashboard. Jangan khawatir, data yang disajikan mudah dipahami dan dapat Anda atur sesuai kategori yang telah dipilih. Dengan menggunakan Compas Dashboard, Anda dapat mengetahui posisi brand di e-commerce sehingga business plan perusahaan pun tertata dengan rapi. Yuk, chat dengan tim kami untuk mulai menggunakan Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us