Data Penjualan Serum

Top 7 Data Penjualan Serum Wajah di Tokopedia: Local Brands on the Rise!

Author: Farah Ramadhani

Tak diragukan lagi, serum merupakan salah satu jenis produk perawatan wajah yang populer saat ini. Terbukti, penjualannya pada bulan Juni 2021 saja tembus Rp148 miliar. Hal ini didasari karena serum memiliki banyak manfaat yang mengatasi permasalahan kulit kebanyakan orang Indonesia.

Data penjualan serum bulan Agustus 2021 lalu menggambarkan Somethinc menjuarai pasar pada periode tersebut. Lantas bagaimana dengan penjualan serum di Tokopedia periode 8-15 November 2021?

Pada artikel ini, Compas merangkum hasil riset internal tim kami di Tokopedia dengan metode online crawling. Toko yang di riset merupakan non official dan official store dengan rating lebih dari 4. Terdapat ± 52.7 ribu listing produk (± 48.5 ribu listing di non official store dan ± 4.2 ribu listing di official store). 

Data penjualan serum di bawah ini disusun berdasarkan sales revenue terbesar selama 8-15 November 2021 di Tokopedia. Simak daftar lengkapnya di bawah ini, ya. 

Top Produk Serum di Tokopedia Periode 8-15 November 2021

Data Penjualan Serum

1. SK-II Facial Treatment Essence

Peringkat pertama pada data penjualan serum di Tokopedia diduduki oleh brand asal Jepang, SK-II. Kandungan yang di highlight pada produk ini adalah Pitera, yaitu 50 nutrisi mikro seperti vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik. Selain mencerahkan, produk ini juga mampu meremajakan kulit wajah dan berfungsi sebagai sumber multivitamin.

2. Somethinc Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol 

Somethinc menduduki peringkat kedua dengan produk Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol. Seperti namanya, kandungan utama dalam produk ini adalah Alpha Arbutin 3%, Bakuchiol, SabiWhite, dan Rice Bran Water.

Dengan kandungan tersebut, serum ini mampu mencerahkan kulit, memperkuat skin barrier, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah hiperpigmentasi. Bahkan, klaim Somethinc adalah serum ini fungal acne friendly.

3. BioAqua Blueberry Serum Wonder Essence

Brand asal China, BioAqua, masuk ke peringkat top produk serum di Tokopedia periode kali ini. Kandungan yang menjadi hero ingredientsnya adalah ekstrak buah blueberry. Fungsi utamanya adalah untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini serta melindungi lapisan kulit.

4. Somethinc Repair Your Skinbarrier

Produk dari Somethinc, masuk kembali ke data penjualan serum peringkat empat dengan produk bundle Repair Your Skinbarrier. Produk yang dibundle yaitu HYALuronic9+ Advanced + B5 Serum dan 5% Niacinamide Barrier Serum.

Seperti namanya, fungsi utama dari produk bundle serum Somethinc ini adalah untuk memperkuat skin barrier. Hero ingridients yang ada mampu mengurangi jerawat, mencegah hiperpigmentasi, serta meratakan warna kulit.

5. Somethinc 3% Astaxanthin + Chlorelina Serum 

Somethinc kembali masuk peringkat dengan produk 3% Astaxanthin + Chlorelina Serum. Uniknya, produk ini mengandung Astaxanthin, zat antioksidan yang lebih kuat 65x dari vitamin C.

Dapat digunakan pada siang dan malam hari, serum Somethinc ini diklaim dapat mengatasi kulit wajah yang lelah, memperkuat skin barrier, dan menyamarkan dark circle serta kerutan halus tanda penuaan dini.

6. Missha Time Revolution Night Repair Ampoule 5x 

Brand asal Korea Selatan, Missha, masuk daftar top produk serum periode ini di posisi keenam. Produknya adalah Time Revolution Night Repair Ampoule 5x. Hero Ingrientsnya adalah exclusive Blend of 5 Purple Energy Components (plum, carrot, plum cabbage, eggplant, beetroot, and blueberry).

Fungsi utama dari serum Missha ini adalah untuk mengurangi 10 tanda penuaan, yaitu elastisitas, keriput, ketahanan terhadap kelelahan, menenangkan, sel kulit mati, serta tekstur kulit tidak rata.

7. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol

Produk Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol menjadi penutup daftar top serum di Tokopedia periode kali ini. Kandungan yang menjadi highlight adalah 1% Retinol, Betaine, dan Squalane.

Retinol memang terkenal sebagai Gold Standard for Anti-Aging di kalangan pecinta skincare. Masalah penuaan dini seperti kerutan halus dapat diatasi oleh serum Somethinc ini. Produknya pun diklaim lebih stabil dan efektif dari produk retinol biasa.

Kesimpulan

Dari daftar top produk serum di atas, Somethinc menguasai dengan meraih 4 dari 7 posisi yang ada. Tim Compas pun melakukan riset lebih lanjut bagaimana brand lokal ini bisa mendominasi pasar kategori serum di Tokopedia pada periode tersebut.

Ternyata, Somethinc melakukan campaign penjualan serum di Tokopedia pada awal bulan November. Promosi yang ditawarkan adalah potongan hingga 40% serta Buy 1 Get Anti Aging Kit. Campaign “Serum Wonderland” ini dinilai efektif meningkatkan penjualan di Tokopedia kategori yang sama.

campaign Data Penjualan Serum

Source: Tokopedia.com

Anda juga bisa mendapat insight produk kategori FMCG yang bisa membantu penentuan strategi penjualan bisnis. Compas Dashboard dapat membantu Anda dengan provide data penjualan yang ada di e-commerce.

Beberapa kategori data yang Anda dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! Anda juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.