logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
data penjualan perawatan bayi

5 Top Brand Perawatan Bayi Favorit Bunda: Johnson’s, The Best Choice for Mom’s!

5 Top Brand Perawatan Bayi Favorit Bunda: Johnson’s, The Best Choice for Mom’s!

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Produk perawatan bayi akan terus meningkat seiring bertambahnya kelahiran anak di Indonesia. Kondisi ini pun menjadi ladang bisnis yang menggiurkan bagi sejumlah brand baby & care yang telah lama berkecimpung di pasar produk perawatan bayi dalam negeri. 

Sebut saja beberapa pemain global seperti Johnson’s, My Baby, Zwitsal, Cussons Baby, dan sederet nama lainnya yang merupakan brand perawatan bayi legendaris di Indonesia. Brand-brand tersebut memang dikenal telah berpengalaman melayani para bunda dengan menghadirkan berbagai produk perawatan bayi sesuai kebutuhan. 

Menurut survei Jajak Pendapat (JakPat) pada 12 September 2022, Cussons Baby menjadi brand perawatan bayi terfavorit dengan memperoleh skor 40,6% dari 910 responden. Peringkat kedua ada Zwitsal yang dipilih 36,7% responden, lalu disusul My Baby dan Johnson’s. 

Namun, survei tersebut cukup berbeda hasilnya jika ditinjau dari data penjualan produk perawatan bayi di e-commerce. Riset Tim Compas pada 1-15 September 2022 mengungkap, justru Johnson’s menjadi brand baby & care yang paling banyak dibeli produknya. 

Penasaran dengan performa brand lainnya? Mari bedah datanya sebagai berikut. 

Data Penjualan Produk Perawatan Bayi di E-commerce: Johnson’s dan Zwitsal Bersaing Ketat!

data penjualan perawatan bayi

1. Johnson’s

Johnson & Johnson (JnJ) atau kerap disapa Johnson’s merupakan sebuah perusahaan asal Amerika yang telah berdiri resmi sejak tahun 1887. Berpengalaman lebih dari satu abad, Johnson’s kini telah menyebar ke mancanegara termasuk di Indonesia. 

Johnson’s pertama kali hadir di tanah air pada tahun 1973 dengan mendirikan empat sektor bisnis, yakni Consumer, Medical Devices, Pharmaceutical, dan Vision. Dengan membawa tagline “From the day you’re born, Johnson & Johnson never stops taking care of you”, brand ini berupaya terus berkomitmen hadir melayani konsumen di berbagai negara. 

Sejalan dengan komitmennya, performa bisnis Johnson’s dalam pasar produk perawatan bayi di e-commerce terpantau konsisten. Menempati peringkat pertama sebagai top brand baby & care, Johnson’s sukses menjadi market leader dengan sales revenue Rp1.1 miliar sepanjang periode 1-15 September 2022. 

Kesuksesan Johnson’s ini membuatnya mampu mencetak market share hingga 9,83% di Shopee dan Tokopedia. Pencapaian tersebut juga didukung dengan produk unggulannya, Johnson’s Summer Swing Baby Cologne 100ml yang terjual hingga 2 ribuan produk.

Dari segi usia, bisa dikatakan Johnson’s sudah sepuh sebagai perusahaan. Namun, melihat data penjualan tersebut tidak lantas membuat Johnson’s turun performa bisnisnya. Sebaliknya, brand ini berhasil menjaga kepercayaan masyarakat Indonesia selama puluhan tahun sehingga konsumennya tetap setia. 

Hal ini juga tak lepas dari strategi marketing yang telah diimplementasikan Johnson’s. Misalnya, dengan mengadakan event pelatihan Stimulasi Pijat Bayi Terbesar yang sukses mencetak rekor Guinness World Records pada tahun 2017. Secara tidak langsung, strategi tersebut menarik atensi konsumen terutama para bunda sehingga makin banyak orang yang mengenal produk-produk Johnson’s. 

Event tersebut juga selaras dengan rencana Johnson’s yang ingin memperluas market di e-commerce pada tahun 2017. Melansir dari Marketeers, brand ini menerapkan strategi marketing terefektif dengan cara memfokuskan konsumen melalui harga, distribusi, dan lainnya. 

Secara harga, produk perawatan bayi Johnson’s di Shopee dan Tokopedia dibanderol rata-rata senilai Rp29.690*. Selain itu, brand ini juga giat mengeluarkan produk-produk inovatifnya yang secara eksklusif diluncurkan ke mitra-mitra e-commerce Johnson’s. 

Minat data riset pasar selengkapnya? Dapatkan segera datanya dengan mencoba 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis DI SINI

2. Zwitsal

Posisi kedua top brand perawatan bayi diraih pemain asal Belanda yang saat ini di bawah naungan Unilever, Zwitsal. Brand ini telah menemani perjalanan para bunda Indonesia bersama buah hatinya sejak tahun 1972. 

Dengan mengusung tagline “Bayi Riang Ibu Senang”, Zwitsal mampu meraih market share 9,05% dengan sales revenue sekitar Rp1.1 miliar. Angka tersebut menjadikan pencapaian Zwitsal cukup beda tipis dengan brand sebelumnya sehingga persaingannya cukup ketat. 

Namun, secara produk terlaris keduanya berbeda. Zwitsal Hair Lotion Aloe Vera Kemiri Seledri 100ml menjadi produk perawatan bayi yang paling difavoritkan. Penjualan produk tersebut mencapai angka sekitar 2 ribuan produk selama periode 1-15 September 2022. Produk-produk Zwitsal juga dijual dengan average price yang ramah di kantong, yakni berkisar Rp32.256*. 

Secara marketing, Zwitsal termasuk brand yang kuat dalam menunjukkan citra produknya. Hal ini dapat dilihat dari pengemasan produk yang identik dengan warna kuning dan disertai ikon bayi sesuai dengan persona user. Warna kuning sendiri memiliki makna filosofi yang diasosiasikan membawa keceriaan dan kebahagiaan seolah menggambarkan si kecil. 

Selama puluhan tahun menyediakan produk perawatan bayi, Zwitsal telah menjalankan berbagai campaign agar produknya kian dikenal masyarakat. Mulai dari iklan di beberapa stasiun TV swasta, promosi offline di sejumlah tempat seperti nursery room, gerbong kereta, rumah sakit ibu & anak, serta menawarkan promo di beberapa supermarket. 

Melalui strategi tersebut, Zwitsal dapat mendongkrak brand awareness produknya sehingga pemasaran secara online menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan Zwitsal tak perlu susah payah membangun awareness dari awal, tapi lebih menonjolkan bahwa produknya kini dapat diakses melalui e-commerce

Baca juga: 6 Top Brand Susu Formula, Enfagrow Jagoan Utamanya Para Bunda!

3. Mustela

Brand selanjutnya masih berasal dari Benua Eropa, tepatnya di Perancis. Mustela telah hadir menemani orang tua dalam memenuhi kebutuhan perawatan si kecil sejak tahun 1950. Berangkat sebagai brand keluarga, Mustela berkomitmen untuk mendukung orang tua sehingga lebih mudah dalam merawat buah hatinya. 

Brand yang menjadi bagian B Corp ini mampu menguasai pasar perawatan bayi di Shopee dan Tokopedia dengan market share 8,51%. Adapun dari segi sales revenue, Mustela mengantongi pendapatan sekitar Rp988.8 juta sepanjang 1-15 September. 

Apabila ditelusuri lebih lanjut, pencapaian Mustela ini hanya meraih sales quantity sekitar 5 ribuan produk selama dua pekan. Dengan sales revenue sebesar itu, maka bisa dikatakan harga jual produk Mustela tergolong lebih tinggi ketimbang kompetitornya. 

Data Compas Dashboard menemukan, average price Mustela berkisar Rp205.723* per produknya. Harga tersebut menjadikan produk perawatan bayi Mustela paling mahal kedua dari kelima top brand yang ada dalam daftar ini. Hal ini juga dapat dilihat dari produk terlarisnya, Mustela Hydrabebe Facial 40ml yang meraih sales revenue Rp115.2 juta hanya dengan menjual 784 pcs. 

4. My Baby

Akhirnya posisi top brand perawatan bayi diisi oleh pemain lokal, yakni My Baby yang sukses menempati peringkat ke-4. Brand ini merupakan salah satu anak perusahaan dari Tempo Scan Pacific dan selama lebih dari 30 tahun telah menjadi kepercayaan para bunda.

Pada periode 1-15 September 2022, My Baby berhasil memperoleh sales revenue hingga Rp881.9 juta. Perolehan tersebut membuat brand tersebut mampu menguasai pasar dengan market share sebesar 7,59%. 

Dalam penjualannya di e-commerce, My Baby menawarkan harga rata-rata Rp23.749* per produknya. Sementara produk terlarisnya diraih Minyak Telon My Baby 150ml. Produk tersebut laku terjual hingga 1.900 pcs lebih di Shopee dan Tokopedia. 

Tim Compas menelusuri, produk tersebut memang jadi andalannya My Baby dan termasuk minyak telon terpopuler. Menariknya, produk ini bukannya laris terjual di Tempo Store Official Tokopedia, tapi justru laku di SEHATI MARKET di Tokopedia. Padahal, Minyak Telon My Baby diproduksi oleh Tempo Scan Pacific. 

Riset Tim Compas menemukan fakta bahwa produk Minyak Telon My Baby di SEHATI MARKET dibanderol dengan harga normal Rp32.378, sedangkan di Tempo Store Official dijual normal Rp39.400. Selain itu, banyak konsumen memberikan ulasan bahwa harga produk minyak telon tersebut murah pada kolom komentar di SEHATI MARKET. 

Dari segi rating, SEHATI MARKET memperoleh 12,7 ribu penilaian dan Tempo Store Official hanya mendapatkan 3 ribuan ulasan. Hal ini menandakan bahwa produk yang dijual produsen secara langsung tidak menjamin akan lebih dipilih konsumen. Faktanya, harga masih jadi pertimbangan utama konsumen untuk membeli produk di toko lainnya. 

Tertarik dengan data pricing para kompetitor Anda di e-commerce? Dapatkan segera datanya dengan mencoba 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis DI SINI

5. Buds Organics

Sebagai penutup top 5 brand perawatan bayi di Shopee dan Tokopedia, Buds Organics berhasil mencetak sales revenue senilai Rp869.8 juta pada periode penjualan 1-15 September 2022. Angka tersebut setara dengan market share sebesar 7,49%, nilai yang cukup tipis bedanya dengan perolehan My Baby. 

Apabila ditinjau dari harganya, maka Buds Organics bisa disandingkan dengan Mustela karena keduanya tidak jauh berbeda. Data Compas Dashboard menunjukkan, brand asal Perancis ini mematok produknya dengan average price Rp223.172*. 

Untuk produk terlarisnya, Buds Organics Calming Tummy Rub Cream yang terjual hingga 600-an pcs. Dengan harga produknya yang tidak ekonomis, Buds Organics mampu meraih sales revenue sebanyak Rp154.7 juta hanya dari penjualan satu produk tersebut. 

Buds Organics merupakan brand yang dibawa oleh PT Inti Berkat Jaya ke Indonesia dengan menawarkan keunggulan sebagai produsen bersertifikasi ECOCERT. Sertifikasi ini menguatkan citra Buds Organics sebagai brand perawatan global yang berlabel organik. Sertifikasi tersebut menjadi senjata utama bagi brand ini dalam meyakinkan konsumen bahwa produknya aman bagi bayi baru lahir hingga orang dewasa. 

Kesimpulan

Data penjualan produk perawatan bayi di Shopee dan Tokopedia ini mengungkapkan bahwa industri Baby & Care didominasi oleh brand-brand luar negeri. Namun, keberadaan My Baby sebagai satu-satunya perwakilan brand lokal juga patut diapresiasi. 

Dapat dicermati pula bahwa setiap brand memiliki top product yang berbeda-beda meski dalam segmentasi pasar yang sama sebagai produsen perawatan bayi. Produk unggulan tersebut juga dapat dijadikan sebagai strategi utama untuk meningkatkan revenue atau menguatkan posisi bisnis perusahaan. 

Tingkatkan performance bisnis Anda dengan menghubungi Team Compas atau DM Instagram Compas. Bersama Compas, jadilah the next market leader di e-commerce!

Source: Dashboard Compas.co.id

*Penentuan average price berdasarkan riset Compas Dashboard di official store Shopee dan Tokopedia dengan tidak mengikutsertakan produk bundling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.