data penjualan di Tokopedia

Tren dan Data Penjualan di Tokopedia Periode September 2022, Kategori Beauty & Care Tembus Rp79 Miliar!

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Sebagai salah satu raksasa e-commerce di Indonesia, Tokopedia menjadi market potensial yang persaingan bisnisnya begitu ketat sehingga perlu dipantau pergerakan pasarnya. Pada bulan September 2022, terpantau kategori Perawatan dan Kecantikan merajai tangga penjualan di e-commerce bernuansa hijau tersebut.

Tercatat, sales revenue kategori Perawatan dan Kecantikan tembus Rp79 miliar dalam waktu sebulan. Lantas, bagaimana dengan performa penjualan kategori lainnya dan siapakah brand-brand yang menguasai pasar pada periode September 2022 ini?

Compas Market Insight Report: Ini Performa 4 Kategori Penguasa Pasar FMCG di Tokopedia

data penjualan di Tokopedia

Data Compas Dashboard menemukan ada 263.068 listing produk sepanjang periode September 2022 di official store Tokopedia. Produk tersebut berasal dari kategori Perawatan Kecantikan, Kesehatan, Ibu-Bayi, dan Makanan-Minuman. 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kategori Perawatan dan Kecantikan menjadi jawaranya pada September 2022 ini. Posisi kedua ada kategori Kesehatan yang sukses mengantongi sales revenue hingga Rp56 miliar. 

Sementara urutan ketiga dan keempat berasal dari kategori Ibu-Bayi dan Makanan-Minuman yang masing-masing meraih sales revenue sebanyak Rp51 miliar dan Rp49 miliar. 

Sebagai pemenang pasar kali ini, sub kategori apa yang berhasil memimpin pasar Perawatan dan Kecantikan di Tokopedia? Temukan data selengkapnya sebagai berikut. 

3 Kategori Pemimpin Pasar Perawatan dan Kecantikan di Tokopedia

data penjualan di Tokopedia

1. Perawatan Wajah

Dengan mencetak sales revenue lebih dari Rp26 miliar, perawatan wajah berhasil menjadi sub kategori dari Perawatan dan Kecantikan terlaris di Tokopedia pada September ini. Jika ditelusuri secara mendalam, serum menjadi produk paling laku dengan sales revenue capai Rp6 miliar. 

Menariknya, penjualan produk terlaris tersebut sukses diraih pemain lokal yang terbilang masih baru dalam industri Perawatan dan Kecantikan. Pencapaian sales revenue Rp729 juta berhasil membawa Somethinc kokoh di puncak, kemudian disusul Avoskin dan Skintific. 

Pada peringkat 4 dan 5 ada G****** dan T******* yang masing-masing meraih sales revenue sebanyak Rp2xx juta dan Rp2xx juta. Siapa dan bagaimana performa tiap brand serum tersebut? Dapatkan data selengkapnya melalui Compas Market Insight Report Tokopedia – September 2022 berikut ini. 

2. Perawatan Tubuh

Performa sub kategori perawatan tubuh di Tokopedia hanya mampu mencapai setengah dari sales revenue perawatan wajah. Ini menunjukkan bahwa konsumen cenderung lebih merawat wajah ketimbang memelihara tubuh. 

Namun, setidaknya dengan raihan sales revenue Rp13 miliar membuat perawatan tubuh berhasil menduduki peringkat kedua sebagai sub kategori terlaris periode September 2022. 

3. Perawatan Rambut

Beda tipis dengan sub kategori sebelumnya, perawatan rambut mampu memperoleh sales revenue hingga Rp12 miliar di Tokopedia selama bulan September 2022. Dalam pantauan Tim Compas, ada sejumlah nama besar yang konsisten unggul sebagai top brands pada sub kategori tersebut. 

Tertarik memantau performa top brands tersebut? Langsung saja akses informasi data penjualan tersebut DI SINI

Kesimpulan

Melalui riset Tim Compas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Perawatan dan Kecantikan jadi kategori FMCG terlaris di Tokopedia sepanjang bulan September 2022. Data tersebut menandakan, produk Perawatan dan Kecantikan jadi keperluan prioritas konsumen di e-commerce dibandingkan kebutuhan pokok. 

Temuan Tim Compas juga mengungkap, ada beberapa indie brands yang sukses masuk jajaran top 10 brands terlaris pada kategori tersebut. Selain itu, diketahui ada beberapa tipe produk serum tertentu yang jadi favorit konsumen selama bulan September 2022 ini. 

Butuh data riset pasar secara akurat dan cepat? Hubungi Team Compas atau DM Instagram Compas. Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.