Bagaimana Performa Penjualan dan Data e Commerce di Indonesia?
Author: Ivana Deva Rukmana
Compas.co.id – Antusiasme masyarakat terhadap aktivitas belanja online semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan data pengguna e-commerce yang berhasil dikumpulkan oleh Kata Data.
Melansir dari Databoks Kata Data, dari riset yang dilakukan oleh We Are Social, pada April 2021 ditemukan sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia yang memakai layanan e-commerce untuk melakukan pembelian produk-produk tertentu, khususnya FMCG.
Dalam bisnis FMCG di e-commerce Indonesia, terdapat dua aplikasi yang menjadi pemegang market share terbesar di Indonesia, yakni Shopee dan Tokopedia.
Disebut-sebut sebagai marketplace terbesar, lantas bagaimana perfoma penjualan dan data e commerce di Indonesia? Simak pembahasannya di bawah ini!
Penjualan dan Data e Commerce di Indonesia Kategori Beauty: Shopee VS Tokopedia
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pada artikel ini Compas akan membahas mengenai performa dan data e commerce di Indonesia, khususnya Shopee dan Tokopedia. Dalam periode 1 semester pertama tahun 2022, Compas Dashboard menunjukkan data bahwa Shopee menjadi e-commerce dengan porsi market share terbesar.
Berdasarkan visualisasi data penjualan e commerce di atas, terlihat bahwa Shopee berhasil mengalahkan Tokopedia dari segi market share, di mana Shopee berkontribusi pada market share sebanyak 82,3%, sedangkan Tokopedia mengambil porsi sisanya yang sebesar 17,7%.
Berkaitan dengan data penjualan yang didapatkan, pada artikel ini Tim Internal Compas akan fokus pada pembahasan mengenai sub kategori produk-produk beauty terlaris di aplikasi Shopee dan Tokopedia.
Data e Commerce di Indonesia: Performa Shopee Kategori Beauty
Yang pertama, Compas akan mulai membahas Shopee terlebih dahulu sebagai pemegang porsi market share terbesar di semester pertama 2022.
Berdasarkan visual data penjualan di atas, dapat diperoleh informasi bahwa sub kategori perawatan wajah, tubuh, dan rambut jadi top 3 produk kecantikan dengan market share tertinggi.
Bahkan, produk perawatan wajah hampir mencapai setengah porsi dari keseluruhan angka market share!
Subkategori Perawatan Wajah
Jadi subkategori beauty dengan kontribusi terbesar, perawatan wajah sukses mendulang kemenangan dengan capaian market share di angka 41.8%.
Adapun produk-produk kecantikan yang berada di bawah naungan sub kategori perawatan wajah adalah serum, pelembap, pembersih, masker wajah, sunscreen, dan lain sebagainya.
Subkategori Perawatan Tubuh
Menyusul produk perawatan wajah, sub kategori perawatan tubuh menempati posisi kedua dari segi perolehan market share terbesar, yakni di angka 13,3%.
Subkategori perawatan tubuh menaungi sejumlah produk yang digunakan sehari-hari, seperti sabun mandi, scrub badan hingga body oil dan body serum.
Di wilayah Indonesia yang beriklim tropis, kesehatan dan kelembapan kulit tubuh memang harus dijaga dengan ekstra. Tak heran jika produk-produk perawatan tubuh memiliki demand yang besar.
Subkategori Perawatan Rambut
Selain kulit, rambut merupakan bagian yang harus dirawat juga. Saking pentingnya mengurus dan merawat rambut, muncul ungkapan yang berbunyi “rambut adalah mahkota”.
Tampaknya, masyarakat Indonesia sendiri telah aware dengan pentingnya merawat rambut. Hal ini dibuktikan melalui data penjualan yang ditampilkan Compas Dashboard. Di semester pertama 2022, subkategori perawatan rambut meraih ranking ketiga dalam urutan produk dengan market share tertinggi di e-commerce.
Dengan angka market share sebesar 8%, sub kategori perawatan rambut membawahi produk shampoo, vitamin rambut, kondisioner hingga creambath.
Data e Commerce di Indonesia: Performa Penjualan Tokopedia Kategori Beauty
Senada dengan data statistik penjualan Shopee, 3 subkategori yang berhasil jadi juara market share semester ini adalah sub kategori perawatan wajah, rambut, serta tubuh seperti pada visualisasi data berikut.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sub kategori kecantikan dengan capaian market share terbesar di Tokopedia lagi-lagi diraih oleh Perawatan Wajah.
Namun, jika dibandingkan dengan Shopee, produk pembersih wajah di Tokopedia meraih angka market share yang lebih besar. Jika produk pembersih wajah memiliki porsi market share sebanyak 13,5% di Shopee, kelompok produk yang sama meraih market share di angka 16,7%!
Serupa dengan Shopee, dua sub kategori kecantikan yang berhasil menyusul angka market share produk perawatan wajah adalah produk perawatan rambut dan perawatan tubuh dengan perolehan masing-masing sebesar 14,7% dan 13,19%.
Compas Siap Membantu Bisnis Online Anda
Kamu memiliki brand atau toko online yang beroperasi di e-commerce dan ingin melihat performa penjualanmu? Compas Dashboard solusinya!
Compas Dashboard sebagai spesialis data penjualan dan e-commerce market insight dapat membantumu dalam memantau performa penjualanmu sekaligus kompetitor.
Melalui produk Compas, kamu dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, kamu juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!
Source: Dashboard Compas.co.id