logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
brand blush on terlaris

10 Top Brand Blush On Terlaris di Marketplace Indonesia: Brand Asli Lokal, Menebar Pesona di Peringkat Pertama!

10 Top Brand Blush On Terlaris di Marketplace Indonesia: Brand Asli Lokal, Menebar Pesona di Peringkat Pertama!

Author : Raga Putra Wiwaha 

Compas.co.id – Dunia kecantikan memang tidak pernah habis dalam berinovasi produk-produk dari berbagai kategorinya. Salah satunya pada perawatan kecantikan wajah yang memang merupakan bagian tubuh paling disorot oleh kebanyakan orang.

Tidak hanya skincare, tren penggunaan blush on juga cukup digandrungi oleh perempuan Indonesia. Blush on merupakan rangkaian dari kosmetik yang biasa digunakan pada bagian pipi dan berfungsi untuk mempertegas bentuk wajah serta memberikan kesan segar.

Berkat fungsinya, kini banyak orang tertarik untuk mencari brand blush on berkualitas di online marketplace. Bahkan, sempat viral di Tiktok hingga telah ditonton sebanyak 1.4 juta kali terkait review blush on.

Mendengar hal tersebut membuat para pemilik brand berlomba-lomba dalam menciptakan blush on dengan kualitas baik dan dikemas dengan menarik. Tak heran banyak strategi marketing yang diterapkan dalam menjangkau para konsumennya.

Pada artikel ini, tim Compas telah mengumpulkan data dari dashboard internal terkait data penjualan brand blush on terlaris di marketplace. Lantas, brand apa saja yang paling diminati orang dan strategi apa saja yang dilakukan brand tersebut? Simak, yuk, selengkapnya disini.

Top Rank Blush On Terlaris di Shopee dan Tokopedia Periode 14-28 Februari 2022

brand blush on terlaris

1. Madame Gie

Siapa yang tidak mengenal Madame Gie? Brand lokal ini berhasil menduduki peringkat pertama dalam daftar top rank brand blush on terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 23,7%. Mempunyai tagline “Cantik Ekonomis” membuktikan bahwa untuk tampil cantik itu tidak perlu mahal menurut versi Madame Gie. Hebatnya, tak hanya di kategori ini saja Madame Gie berhasil menjadi juara, namun pada kategori Eyeliner Madame Gie juga menjadi juara.

Fakta menarik kenapa brand ini berhasil menjuarai top rank yaitu Madame Gie dengan giat menerapkan strategi diskon produk, bundling, dan gratis ongkir. Hasilnya salah satu produk mereka yaitu Sweet Cheek Blushed MakeUp Blush On Powder Matte, yang memiliki keunggulan tekstur halus dan powdery agar wajah menjadi lebih fresh terkesan natural, menjadi yang terlaris. 

2. Y.O.U.

Selanjutnya Y.O.U. berhasil menduduki peringkat kedua dalam daftar top rank brand blush on terlaris dengan memiliki jumlah sales volume mencapai 14,4%. Memiliki tagline #Revealtherealyou yang mengajak untuk berani mengungkapkan tampilan natural, brand ini berhasil menggaet icon film Dilan yaitu Vanesha Prescilla sebagai brand ambassador-nya.

Tak hanya menggaet Vanessa sebagai BA, brand ini juga telah melakukan beberapa strategi marketing yang mereka terapkan seperti challenge berhadiah dan giveaway. Hasilnya, terdapat produk terlaris mereka yaitu Y.O.U. Simplicity Flush Blush yang memiliki fungsi memberikan tampilan wajah segar setiap hari.

3. Focallure

Brand asal negeri Tiongkok, Focallure, berhasil menduduki peringkat ketiga dalam top rank blush on terlaris dengan memiliki jumlah sales volume sebanyak 10,8%. Pada tahun 2021 lalu, Focallure meluncurkan kampanye #Mulaidarisnack yang merupakan hasil kolaborasi dengan salah satu platform yaitu snack video.

Menariknya, terdapat berbagai kegiatan marketing lainnya yang menghebohkan dan telah dijalankan brand ini. Salah satunya dengan menggaet tujuh content creator unggulan, salah satunya yang paling digemari masyarakat Indonesia berkat video-video originalnya yaitu Galih Sampurno Aji dan Nobitadit.

Hasilnya, terdapat salah satu produk terlarisnya dalam kategori ini yaitu Natural Blush on Sweet Face Cheek Make Up Powder yang memiliki keunggulan untuk membuat wajah tampak cerah dan membuat tampilan pipi menjadi cantik.

4. Luxcrime

Di peringkat keempat, brand Luxcrime berhasil menduduki daftar top rank blush on terlaris dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 5,6%. Dilansir dari laman website denpasarnow.com bahwa Luxcrime merupakan salah satu brand lokal yang justru laris manis di masa pandemi ini

Di balik kesuksesannya menjual berbagai produknya di masa pandemi ini tak terlepas dari beberapa strategi marketing yang mereka terapkan seperti melakukan giveaway, open reseller, hingga berinovasi dalam menciptakan produk. Hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu  Luxcrime Flushy-Cheek Blush Strawberry Pie yang memberikan warna merona pada pipi serta membuat wajah tampak fresh.

5. Make Over 

Make Over berhasil menduduki peringkat kelima dengan memiliki jumlah sales volume sebanyak 4,3%. Sesuai tagline yang dimilikinya “ beauty beyond rules” yang diharapkan perempuan Indonesia mengekspresikan kepribadian sesungguhnya.

Strategi yang dilakukan Make Over dalam menarik minat pelanggannya yaitu dengan menjadikan istri youtuber darmawan, yaitu Paula Verhoeven, sebagai brand ambassador. Selain itu, Make Over juga mengadakan campaign serta diskon. Salah satu produk yang menjadi terlaris pada kategori ini yaitu Make Over Blush On Single 6g yang memiliki keunggulan full coated particle sehingga hasil lebih maksimal dan memiliki partikel yang lebih halus serta tahan lama.

6. Wardah

Terkenal dengan brand “halal,” popularitas Wardah tidak usah diragukan lagi sehingga kini berhasil menduduki peringkat keenam dalam top rank brand blush on terlaris dengan dengan jumlah sales volume sebanyak 4,0%. Wardah diklaim merupakan pelopor merek kosmetik halal Indonesia sehingga tak jarang brand ambassador-nya rapi dengan balutan hijab.

Banyak cara yang dilakukan Wardah agar bisa menjadi brand kosmetik populer. Salah satu strategi marketing yang sering dilakukan yaitu dengan berinovasi menciptakan beberapa produk dan dipasarkan dengan cara memberi diskon untuk produk tersebut. Salah satu produk terlaris pada kategori ini yaitu Wardah Colorfit Cream Blush yang diklaim mengandung vitamin E dan bertekstur creamy sehingga mudah diratakan baik diatas bedak maupun foundation.

7. O.TWO.O

Brand asal Tiongkok, O.TWO.O, berhasil menduduki peringkat ketujuh daftar top rank brand blush on terlaris dengan memiliki jumlah sales volume hingga 4,0%. Dikutip dari laman Beautynesia.id bahwa brand ini ramai diperbincangkan karena selain memiliki packaging yang cantik, brand ini memiliki kualitas juara dan ekonomis.

Di dalam perjalanannya dalam menjual berbagai produk kecantikan tak terlepas dari strategi marketing yang mereka terapkan, seperti memberikan diskon produk hingga melakukan challenge berhadiah. Hasilnya, terdapat produk terlaris dari brand ini yaitu Liquid Blusher On Long Lasting Natural Blusher Face Cheek Makeup yang dapat menciptakan tampilan kulit alami dan bersinar meskipun menggunakan kerudung.

8. Esqa

Di peringkat delapan, brand lokal Esqa hadir dengan sales volume sebesar 3,8%. Esqa merupakan brand lokal pertama yang mengusung konsep vegan cosmestics atau produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan. Dengan konsep unik, ramah lingkungan, dan tidak melakukan tes pada hewan, Esqa menjadi brand kosmetik yang disukai para penggemar makeup peduli lingkungan.

Esqa menempatkan brand-nya seperti seorang teman di tengah para konsumen. Dengan unggahan kasual dan caption yang relatable di akun Instagram mereka, Esqa berhasil mendekatkan diri dengan konsumen. Selain itu, unggahan tips dan trik makeup dengan menggunakan produk Esqa juga berhasil membuat konsumen penasaran dengan produk yang digunakan. Hal ini membuat salah satu produk blush on mereka yaitu ESQA Blush – Honolulu menjadi yang terlaris!

9. Pinkflash

Siapa yang tidak mengenal brand ini? Brand ini hadir di musim pandemi dan terbukti mulus dalam memasarkan produknya dengan berhasil menduduki peringkat kesembilan dalam top rank blush on terlaris dengan sales volume 3,7%. Tidak ada yang menyangka diluncurkan saat pandemi justru penjualan Pinkflash meningkat. Seperti dilansir dari suara.com, bahkan penjualan Pinkflash di Malaysia tembus 7.600pcs dan di Thailand tembus 3.400pcs.

Terlepas dari suksesnya angka penjualan brand ini saat pandemi, tak lepas dari strategi marketing yang mereka terapkan. Seperti pantauan tim Compas dari laman Instagram resminya, mereka melakukan giveaway hingga meluncurkan kategori baru dengan memiliki produk terlarisnya dalam kategori ini yaitu Pinkflash Ohmyhoney Blush Soft Powder Naturally yang diklaim tahan lama serta terdapat warna matte dan shimmery blush yang indah.

10. Emina

Daftar top brand  blush on terlaris pada periode ini ditutup dengan brand Emina dengan memiliki sales volume 3.6%. Dengan tagline “Born to be loved,” brand ini mengingatkan bahwa setiap perempuan memiliki kecantikan masing-masing. Emina merupakan produk kecantikan yang fokus kepada remaja wanita.

Brand yang menjadi penutup ini memiliki beberapa strategi marketing yang unik yaitu dengan memaksimalkan konten marketing di instagram dengan dibalut warna-warna pastel yang cocok untuk remaja karena memiliki kesan lemah lembut. Strategi lainnya, brand ini selalu mengadakan diskon. Hasilnya salah satu kategori produk terlarisnya yaitu Emina Cheek Lit Pressed Blush 3.5gr – Blush On yang diklaim memiliki pigmentasi baik dan tidak mudah pudar.

Kesimpulan 

Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa brand lokal madame gie masih berjaya dalam kategori brand blush on terlaris  setelah sebelumnya juga berjaya pada kategori eyelinernya. lantas bagaimana hal tersebut bisa terjadi? 

Berdasarkan pantauan tim Compas, sebagian besar brand-brand tersebut menerapkan strategi marketing seperti diskon produk, menggunakan jasa beauty influencer hingga rutin mengadakan challenge berhadiah di laman instagram official masing-masing brand. Hal tersebut bisa kamu jadikan insight baru dalam memasarkan produk produk andalan.

Berdasarkan hal tersebut, Compas Dashboard hadir dan dapat membantu Kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang Kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! Kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

Compas baru saja merilis laporan data penjualan bulan Ramadan 2021. Dari laporan tersebut, terlihat penjualan sirup Marjan pada saat bulan Ramadan 2021 cukup menjanjikan. Untuk melihat datanya, kamu bisa akses link ini, ya.

source : Dashboard Compas.co.id kategori kecantikan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.