pentingnya data penjualan di e-commerce

4 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Memiliki Data Penjualan di e-Commerce

Peran data saat ini menjadi esensi dalam kesuksesan bisnis online khususnya di e-commerce. Data riwayat penjualan menuntun bisnis Anda agar terstruktur dan bisa meraih posisi tinggi di e-commerce.

Tak bisa dipungkiri bahwa e-commerce memiliki peluang besar dalam menjangkau pangsa pasar besar. Para seller mampu menempatkan bisnisnya sesuai dengan target market. Besar peluang yang ada, semakin besar pula kompetisi Anda dan para pesaing. Hal ini tentunya dalam mendapatkan angka penjualan yang tinggi.

Lalu, seberapa penting peran data untuk penjualan toko Anda di e-commerce? Simak penjelasan Compas berikut ini!

4 Alasan Pentingnya Data Penjualan di E-Commerce

1. Personalisasi Produk

Dalam menjangkau pangsa pasar, Anda harus bisa memposisikan toko di e-commerce dengan target pasar. Hal ini tentunya membutuhkan analisa terkait kebutuhan potensial konsumen. Personalisasi produk membantu Anda menyesuaikan apa yang dicari dan dibutuhkan mereka khususnya di e-commerce.

Peran data dalam kondisi ini adalah menuntun Anda untuk menjual produk yang tepat berdasarkan riwayat penjualan nyata. Compas Quick Report membantu menyediakan data riwayat pembelian kategori produk mu di e-commerce dalam periode tertentu. Alhasil, potensial konsumen akan menilai bahwa toko mu bisa dipercaya tentunya dengan kualitas yang baik.

2. Bersaing dengan Kompetitor

data penjualan

Memproduksi barang yang banyak tentu tidak cukup untuk berbisnis di e-commerce. Akan banyak seller lainnya yang yang juga menjual produk kategori yang sama. Oleh karena itu, Anda harus mampu memposisikan toko Anda ditengah persaingan dengan kompetitor.

Data riwayat penjualan akan menuntun Anda khususnya dalam melihat performa penjualan para kompetitor. Anda bisa menganalisa nilai unggul apa yang ada pada kompetitor. Dengan demikian, value bersaing mu akan lebih tinggi dan berpotensi mengungguli kompetitor.

3. Kuasai Penjualan di e-Commerce

Dua poin di atas tentunya sangat berdampak pada performa toko Anda di e-commerce. Peran data utamanya adalah demi mendapatkan angka penjualan yang tinggi pada kategori produk yang sama.

Dengan data riwayat penjualan dan personalisasi produk yang tepat, angka penjualan toko Anda tentunya akan meningkat. Hal ini juga berhubungan dengan penjualan para kompetitor, Anda berpotensi menjuarai dan unggul dari toko yang lain.

4. Tingkatkan Inovasi e-Commerce

Saat bermodal data nyata, Anda akan mengetahui upaya dan langkah apa yang harus dilakukan dalam mensukseskan toko online Anda. Data nyata ini membantu Anda berinovasi dan meningkatkan performa toko Anda di e-commerce.

Inovasi yang bersifat kontinu, membuat toko Anda terlihat terpercaya dan mampu menarik banyak potensial konsumen. Konsumen akan menilai toko mu dengan rating tinggi dan berpotensi menjadi langganan. Kepuasan pelanggan menjadi tujuan nomor satu dalam inovasi ini, dimana pelanggan dimanjakan dengan kelengkapan dan kemudahan membeli produk di toko Anda.

Menyusun Strategi e-Commerce Bermodal Data Penjualan

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam jangka panjang, bisnis online merupakan alat investasi yang sangat menguntungkan yang dapat diwariskan dan diwariskan kepada generasi mendatang. Namun untuk mempertahankan atau meningkatkan kinerja bisnis, tidak mudah bagi Anda untuk memiliki keterampilan yang baik.

Persaingan dan arus bisnis telah berkembang begitu pesat sehingga mereka yang tidak dapat menemukan cara untuk bertahan dan makmur akan terbawa oleh tren ini. Salah satu cara untuk meningkatkan potensi bisnis secara efektif adalah dengan menggunakan data nyata konsumen.

Berbisnis tanpa rencana akan membuat operasi mereka kacau. Dengan bantuan data nyata pada Compas Quick Report, Anda dapat membuat rencana jangka panjang dengan melihat pola pembelian.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari data penjualan, misalnya menyusun strategi langkah bisnis kedepannya. Promosi dinamis dan penjualan strategis untuk produk yang kurang populer akan meningkatkan pendapatan dan margin keuntungan lebih cepat.

Misalnya, dengan mempromosikan produk yang berbeda di e-commerce, melalui big data, para pelaku bisnis akan memahami perilaku konsumen dan kebutuhannya, sehingga meningkatkan daya saing dan retensi pelanggan.

Baca juga:

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us