logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
merek pewarna rambut

Compas Data Market Insight: 7 Merek Pewarna Rambut yang Bagus di Shopee dan Tokopedia

Compas Data Market Insight: 7 Merek Pewarna Rambut yang Bagus di Shopee dan Tokopedia

Author: Salsabila

Compas.co.id – Laporan data dari Research and Markets menyatakan nilai pasar global pewarna rambut sebesar $21.19 miliar pada 2022 dan diekspektasikan mencapai $23.3 miliar pada tahun 2023 dengan persentase pertumbuhannya sekitar 10% per tahun. Laporan tersebut juga memproyeksikan pasar pewarna rambut akan bernilai $32.99 miliar pada tahun 2023 dengan persentase pertumbuhan 9,1% per tahunnya.

Inovasi produk adalah tren utama yang mendapatkan popularitas di pasar hair color. Perusahaan-perusahaan besar yang beroperasi di pasar hair color harus berfokus pada pengembangan produk pewarna rambut yang baru dan inovatif untuk memperkuat posisi mereka.

Contohnya pada tahun 2022, L’Oréal meluncurkan Copyright. Copyright adalah sistem hair color yang terhubung dengan AI untuk memberikan warna rambut sesuai permintaan dan personal bagi konsumen. Sistem ini memecahkan tantangan untuk mendapatkan warna yang benar dan konsisten sehingga memungkinkan para colorist untuk meminimalkan komplikasi dan lebih memuaskan pengalaman konsumen.

Banner Insight

Artikel di bawah ini menginformasikan data market insight kategori Pewarna Rambut. Compas DashboardFMCG e-commerce data market insight tools–digunakan untuk mendapatkan data performa bisnis top 7 brand pewarna rambut di e-commerce Indonesia, yakni Tokopedia dan Shopee pada periode 1-15 Mei 2023. 

Fitur dan filter unggulan yang diaplikasikan pada Compas Dashboard antara lain fitur top seller, fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type.

7 Merek Pewarna Rambut yang Bagus Pilihan Konsumen di E-commercemerek pewarna rambut

1. Liese

Liese telah mencatat pertumbuhan yang mengesankan dalam penjualan dan pendapatannya. Dengan peningkatan sebesar 25,92% dalam sales growthnya dan 27,28% dalam revenue growth, Liese berhasil meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 26,86%. Pertumbuhan ini memberikan dorongan yang kuat bagi Liese.

Adapun Compas Dasboard memantau jumlah penjualan hair colornya di angka 1.3 ribu pieces dan dari penjualan ini Liese meraup Rp373.6 juta revenue.

Dari content marketingnya, Liese tidak hanya fokus pada promosi produk hair colornya, tetapi juga sharing informasi dan tips-tips seputar perawatan rambut. Liese menyediakan tutorial penggunaan produk, solusi masalah rambut umum, dan ide-ide gaya rambut. Strategi ini membantu Liese membangun kepercayaan dan kredibilitas sebagai ahli perawatan rambut di mata audiens mereka.

Banner E-Commerce Report

2. L’Oréal

Di sisi lain, L’Oréal sukses meludeskan 1.9 ribu pieces pewarna rambutnya di e-commerce. Pangsa pasar L’Oréal sekitar 19,74% dengan pendapatan di angka Rp274.6 juta hanya dari penjualan pewarna rambutnya ini. 

L’Oréal dikenal dengan kualitas produk-produknya yang tinggi. Brand perawatan rambut multinasional ini terus melakukan inovasi dan penelitian dalam pengembangan pewarna rambut untuk memberikan hasil yang memuaskan. Kualitas yang konsisten dan kemampuan L’Oréal untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal warna, tahan lama, dan perlindungan rambut memberikan kepercayaan diri bagi konsumen dan membangun loyalitas mereka.

3. Garnier

Garnier sebagai juara ke-3 brand perawatan rambut favorit di e-commerce mengantongi Rp190.4 juta revenue atau sekitar 4.2 ribu pieces hair colornya terjual. Pangsa pasar Garnier sebesar 13,68% di periode 1-15 Mei 2023.

Garnier adalah brand yang telah lama hadir di industri Beauty & Care dan membangun reputasi yang kuat. Garnier dikenal sebagai brand yang dapat dipercaya dengan kualitas produk yang konsisten dan penelitian ilmiah yang mendukung. Keberhasilan Garnier di berbagai segmen pasar lainnya, seperti skincare dan perawatan rambut, juga telah membantu membangun loyalitas konsumen yang luas terhadap brand ini.

4. Revlon

Revlon menjadi sorotan dengan pertumbuhan yang luar biasa dalam penjualan dan pendapatan. Dengan peningkatan mencolok sebesar 140,29% dalam sales growth dan 123,42% dalam revenue growth, pangsa pasar Revlon sebesar 7,95%. Keberhasilan ini mungkin disebabkan oleh strategi pemasaran yang efektif dan inovasi produk yang menarik bagi konsumen.

Penjualan hair colornya sebanyak 1.8 ribu pieces dan meraih pendapatan Rp110.6 juta pada periode 1-15 Mei 2023 ini.

Revlon menyediakan konten edukasi tentang hair coloring. Mereka memberikan informasi mengenai cara menggunakan produk dengan benar, tips pewarnaan rambut yang sukses, dan solusi untuk masalah umum yang terkait dengan pewarnaan rambut. Strategi konten seperti ini membantu konsumen merasa lebih percaya diri dalam menggunakan produk hair color Revlon dan meningkatkan loyalitas mereka

5. Mise en Scene

Selanjutnya, Compas Dashboard mencatatkan penjualan Mise en Scene sebanyak 600 pieces dari official storenya di Shopee dan Tokopedia. Pendapatan Mise en Scene mencapai Rp87.7 juta dari penjualan ini. Pangsa pasar Mise en Scene sekitar 6,31%.

Mise en Scene adalah brand hair color asal Korea Selatan. Brand ini menggunakan strategi influencer marketing dan bekerja sama dengan mega girlband Blackpink untuk mempromosikan produk pewarna rambut mereka. Kolaborasi ini dapat membantu mencapai audiens yang lebih luas dan memperkuat brand image Mise en Scene sebagai brand Korea populer dalam pewarnaan rambut.

6. Miranda

Compas Dashboard melihat pewarna rambutnya laris 4.2 ribu pieces atau sekitar Rp79.1 juta revenue. Adapun hair color  Miranda memiliki pangsa pasar di angka 5,69%.

Event beauty offline dapat memberikan kesempatan kepada Miranda untuk berinteraksi langsung dengan konsumen potensial. Dalam event ini, Miranda dapat memberikan demonstrasi penggunaan produk hair color mereka, memberikan konsultasi langsung tentang pemilihan warna dan aplikasi, serta memberikan sampel produk kepada pengunjung. 

Partisipasi dalam event semacam ini memungkinkan Miranda untuk membangun hubungan personal dengan konsumen, meningkatkan kesadaran merek, dan membangun kepercayaan melalui pengalaman positif.

7. Nyu

Terakhir, ada brand Nyu yang menjual produk hair colornya sebanyak 3.6 ribu pieces. Dari penjualan di periode 1-15 Mei 2023 tersebut, Nyu mengantongi Rp73.8 juta revenue. Pangsa pasar Nyu sebesar 5,30%.

Nyu aktif sharing konten entertainment seperti challenge, diskon, dan giveaway di media sosial sebagai strategi marketing. Hal Ini melibatkan audiens dengan memberikan kesempatan untuk memenangkan produk hair color  atau hadiah lainnya. Strategi ini membantu meningkatkan dan membangun hubungan positif dengan audiens.

Kesimpulan

Berdasarkan paparan di atas terdapat kesimpulan yang dapat ditarik mengenai strategi pemasaran yang dilakukan oleh brand-brand pewarna rambut tersebut antara lain, kualitas produk yang konsisten dan inovasi selalu menjadi nomor 1 yang dicari konsumen. 

Ditambah penggunaan strategi influencer marketing, partisipasi dalam event-event beauty offline dan sharing konten edukasi serta entertainment dapat membangun dan meningkatkan brand awareness.

Adapun data market insight dari Compas Dashboard ini memberikan wawasan yang berharga bagi merek-merek tersebut. Pengetahuan tentang tren penjualan dan pendapatan dapat membantu merek-merek memahami posisi mereka di pasar dan mengidentifikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.