Author: Nabila Suci Andini
Compas.co.id – Selama bulan suci ramadan, konsumen di Indonesia cenderung mencari produk yang tidak hanya memuaskan selera, tetapi juga dapat dinikmati oleh seluruh keluarga. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan atau cemilan manis, yakni Permen. Adapun tren kategori Permen yang akan dipantau oleh Compas.co.id ialah Permen jenis Lollipop. Lollipop tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga populer di kalangan remaja dan orang dewasa. Banyak keluarga yang produk tersebut sebagai bagian dari tradisi iftar, menambahkan variasi dan keceriaan pada hidangan berbuka puasa. Beberapa komunitas juga mengadakan acara khusus, di mana kategori Permen jenis Lollipop seringkali dibagikan untuk merepresentasikan tanda persahabatan dan kebersamaan.
Berikut ini Compas.co.id telah merangkum beberapa brand yang berhasil meraih market share tertinggi di e-commerce untuk kategori Permen jenis Lollipop dengan periode selama ramadan 2024. Simak data selengkapnya di bawah ini.
Top 5 Brand Kategori Permen Jenis Lollipop dengan Market Share Tertinggi di E-commerce Periode Ramadan 2024
1. Milkita
Dalam data pantauan Compas.co.id mengenai Top 5 Brand kategori Permen jenis Lollipop dengan market share tertinggi di e-commerce menunjukkan bahwa Milkita memimpin pangsa pasar sebesar 45,3%. Data tersebut membuktikan bahwa Milkita jauh lebih unggul dibandingkan brand lainnya. Selain itu, Milkita berhasil menarik perhatian konsumen untuk terus mengkonsumsi produk mereka.
Keunggulan lain yang dimiliki Milkita selain rasanya yang enak, yaitu Milkita Lollipop memiliki kandungan Kalsium yang tinggi, sehingga baik dan aman jika dikonsumsi setiap hari oleh seluruh anggota keluarga (Unifam.com, 2024). Milkita Lollipop tersedia enam varian rasa yang terdiri dari rasa Cokelat, Stroberi, Melon, Mangga, Jeruk, dan Anggur (Unifam.com, 2024). Hasil Top Seller Location untuk kategori Permen jenis Lollipop menunjukkan bahwa wilayah Jakarta Barat menjadi lokasi penjualan tertinggi untuk kategori tersebut dengan seller bernama Unifam Official Store.
2. Chupa Chups
Di era digital ini, Chupa Chups masih terus berjaya dengan memimpin pasar kategori Permen jenis Lollipop dan berhasil mencatat market share tertinggi di e-commerce sebesar 26,2%. Chupa Chups dikenal karena berbagai rasa yang unik dan inovatif, mulai dari rasa buah klasik hingga rasa cola dan yogurt. Inovasi dalam varian rasa ini berhasil menjaga minat konsumen tetap tinggi dan terus menarik generasi baru pecinta Permen dengan jenis Lollipop. Selain itu, desain kemasan yang menarik dan sering kali mengadopsi tema tertentu menjadikan Chupa Chups sebagai salah satu pilihan di kalangan anak-anak dan remaja.
Keberhasilan Chupa Chups di e-commerce menunjukkan bahwa brand klasik pun bisa tetap relevan dan sukses di era digital. Chupa Chups telah membuktikan bahwa dengan strategi yang tepat, adaptasi terhadap tren, dan inovasi yang berkelanjutan, brand tersebut dapat meraih atau bahkan membuat peluang suksesnya sendiri.
3. Fantasy
Brand lain yang menyusul Milkita dan Chupa Chups adalah Fantasy. Fantasy berhasil mempertahankan eksistensinya dengan menempati posisi ke-3 dalam Top 5 Brand kategori Permen jenis Lollipop dengan market share tertinggi di e-commerce, yakni 17,4%. Kualitas produk adalah salah satu faktor utama yang membuat Fantasy berhasil mencapai market share yang tinggi. Dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan proses produksi yang ketat, Fantasy memastikan setiap Lollipop yang diproduksi memenuhi standar tinggi. Kualitas yang konsisten ini akan sangat membantu membangun kepercayaan konsumen, sehingga berdampak pada meningkatnya pembelian berulang.
4. Mentos
Bagi pecinta Permen yang suka dengan sensasi segar dan unik, Mentos adalah nama yang tak asing lagi. Brand permen asal Italia ini tak hanya digemari di toko-toko tradisional, tetapi juga di platform e-commerce. Mentos menduduki posisi keempat dalam Top Brand Kategori Permen Jenis Lollipop dengan market share tertinggi di e-commerce selama Ramadan 2024. Sebuah pencapaian yang membanggakan bagi Mentos di tengah persaingan ketat di era digital. Mentos telah membangun brand image yang kuat sebagai permen yang menyegarkan, modern, dan penuh gaya. Image ini diperkuat melalui berbagai kampanye iklan dan promosi yang menarik.
5. Split
Split berhasil menduduki posisi ke-5 dalam Top Brand kategori Permen jenis Lollipop dengan market share tertinggi di e-commerce selama Ramadan 2024. Diversifikasi produk adalah strategi kunci lainnya yang membantu Brand Split menarik berbagai segmen pasar. Dengan menawarkan berbagai varian lollipop yang memenuhi selera yang berbeda-beda, mereka berhasil menarik berbagai segmen konsumen. Varian rasa yang inovatif dan desain kreatif ini membantu Brand Split tetap relevan dan menarik di mata konsumen.
Kesimpulan
Dari lima brand teratas ini, jelas bahwa inovasi, kualitas produk, diversifikasi rasa, dan strategi pemasaran yang efektif adalah kunci utama untuk meraih dan mempertahankan pangsa pasar dalam industri permen jenis lollipop. Milkita memimpin dengan keunggulan rasa dan manfaat kesehatan, sementara Chupa Chups, Fantasy, Mentos, dan Split masing-masing menonjol melalui keunikan rasa, kualitas konsisten, dan citra merek yang kuat. Kesuksesan mereka di platform e-commerce menunjukkan bahwa adaptasi terhadap tren digital dan kebutuhan konsumen adalah faktor krusial dalam meraih kesuksesan di pasar yang kompetitif.