Harga Vitamin Melonjak Melebihi Kenaikan Harga Gula dan Garam

Gara-gara Corona, Harga Vitamin Melonjak Melebihi Kenaikan Harga Gula dan Garam

E-commerce Hub di Indonesia, Telunjuk.com mencatat produk vitamin mengalami kenaikan yang paling tinggi dibandingkan kategori produk lainnya.

Pada 31 Maret 2020 kemarin, vitamin mengalami rata-rata kenaikan harga hingga 87,86 persen menjadi Rp 32.068 per satuan dengan berat 100 miligram (mg) dibandingkan dengan rata-rata harga vitamin di 2 Maret 2020.

Dalam penelitian ini ada beberapa toko online di antaranya adalah Tokopedia, Shopee dan BukaLapak. Dari data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa estimasi total transaksi di dari tiga e-commerce selama pandemi COVID-19 ini berlangsung mencapai puncaknya pada saat setelah pengumuman kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Selasa (31/3).

Baca juga: Sejak Himbauan Pemerintah Memakai Masker Kain, Kini Masker Medis Turun Harga Hingga Rp.8,500/Pcs Di Toko Online

“Yang mencapai 670.755 transaksi,” tulis laporan tersebut seperti dikutip kumparan, Kamis (16/4).

Melonjaknya permintaan sembako ini juga diikuti oleh kenaikan harga produk-produk bahan pokok yang tersedia. Rata-rata harga komoditas sembako mengalami kenaikan hingga lebih dari 18 persen sejak tanggal 16 Maret 2020. Harga itu terus menunjukkan kenaikan signifikan hingga PSBB diberlakukan.

Salah satu contohnya adanya kenaikan harga gula yang mencapai sekitar 40,84 persen menjadi Rp 17.605 dalam periode yang sama yaitu sejak 2 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020. Sementara untuk garam mengalami kenaikan 4,40 persen menjadi Rp 4.726 selama periode yang sama.

“Harga di produk-produk sembako juga mengalami kenaikan rata-rata hingga 18,82 persen di Tokopedia, Shopee dan BukaLapak sejak tanggal 16 Maret 2020. Yaitu pengumuman Presiden mengenai bekerja di rumah, belajar di rumah dan ibadah di rumah atau biasa disebut work from home. Kemudian kembali lagi meroket harganya dengan puncak kenaikan setelah pengumuman PSBB, yaitu sebesar 30,96 persen dibandingkan harga eceran tertinggi (HET),” jelas riset tersebut.

source: kumparan.com


Related Posts

Heboh Corona, Harga Hand Sanitizer Meroket di Ecommerce
Heboh Corona, Harga Hand Sanitizer Meroket di Ecommerce

Jakarta, CNN Indonesia — Harga cairan hand sanitizer meroket dua hingga tiga kali...

harga vitamin turun
JELANG PUASA, HARGA VITAMIN TURUN HINGGA 50%

Bulan suci Ramadan merupakan saat yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia....

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *

X