Author: Nabila Suci Andini
Top Market Share Kategori Beauty & Care di E-commerce
Compas.co.id – Di bulan Februari 2024, beberapa marketplace e-commerce telah mencuat sebagai pusat utama bagi para penggemar beauty & care untuk mendapatkan informasi, tips, produk terbaru dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah beberapa platform atau marketplace yang unggul dalam market share untuk kategori beauty & care selama bulan Februari 2024, yakni:
1. Shopee
Shopee adalah salah satu platform e-commerce yang populer dan memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan yang dimiliki Shopee berhasil membuat marketplace ini mendominasi di e-commerce. Dari data yang dirilis oleh Compas.co.id, Shopee berhasil mencapai 63,5% market share untuk kategori Beauty & Care di periode Februari 2024. Shopee memiliki model bisnis marketplace, yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk berinteraksi langsung di platform tersebut. Hal ini menciptakan ekosistem yang dinamis dan memungkinkan berbagai produk tersedia di satu tempat.
Shopee memiliki tempat tersendiri di hati para pelanggan, yakni Shopee sering menawarkan berbagai promosi, diskon, dan voucher kepada pengguna. Hal ini tidak hanya menarik pelanggan, namun juga mendorong penjual untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan penjualan mereka. Dengan demikian, para pengguna Shopee, baik dari pelanggan maupun penjual mendapatkan dukungan dan keuntungan dari Shopee.
2. TikTok Shop
Posisi ke-2 yang cukup mendominasi marketplace di e-commerce Februari tahun ini adalah TikTok Shop, walaupun sempat ditutup TikTok Shop berhasil membuktikan bahwa peminatnya tidak berkurang sedikit pun. Menurut data Compas.co.id, TikTok Shop berhasil mencapai market share sebesar 18,2% untuk kategori Beauty & Care, dari data Compas.co.id sebelumnya TikTok Shop pun sempat unggul dalam jumlah penjualan untuk kategori Makanan dan Minuman manis daripada marketplace lain.
Hal yang membuat TikTok Shop tetap bergerak maju walaupun sempat ditutup karena TikTok memiliki ciri khas yang tidak ada dalam platform e-commerce lainnya, yakini fitur format video pendek kreatif. TikTok Shop dapat memanfaatkan potensi format ini untuk mempromosikan produk dengan cara yang inovatif dan menarik. Selain itu, TikTok shop membuat pelanggan jauh lebih dekat dengan produk yang mereka butuhkan dengan menyediakannya dalam satu aplikasi yang memiliki dua manfaat, yaitu menghibur dan berbelanja.
3. Lazada
Lazada, yang didirikan pada tahun 2012, telah menjadi salah satu platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara. Lazada mendapatkan dukungan kuat dari Alibaba Group, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Investasi dan dukungan teknologi dari Alibaba telah membantu Lazada untuk mengembangkan infrastruktur, teknologi, dan kapabilitas logistiknya.
Menurut hasil pantauan data Compas.co.id, di bulan Februari ini Lazada berhasil mencapai market share sebesar 13,8% dan berada di posisi ke-3 dari 5 marketplace yang dipantau oleh tim Compas.co.id. Lazada memiliki kebijakan untuk mendukung penjual lokal dan UMKM, sehingga memungkinkan mereka untuk memasarkan produk mereka secara online. Hal ini tentunya akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan memberikan keberagaman produk. Lazada pun berhasil menggabungkan konsep “shoppertainment” dengan live streaming, acara, dan konten interaktif. Hal ini memberikan pengalaman belanja yang lebih menarik dan dapat menjadi daya tarik unik.
4. Tokopedia
Tokopedia, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia memiliki fokus yang kuat pada pasar lokal Indonesia. Hasil analisis data dari tim Compas.co.id menunjukkan bahwa Tokopedia berhasil mencapai market share sebesar 4,26% di periode Februari 2024, khusus untuk kategori Beauty & Care. Tokopedia memahami kebutuhan dan preferensi konsumen Indonesia serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).
Hal inilah yang membedakan Tokopedia dari marketplace e-commerce global yang mungkin tidak sepenuhnya menyesuaikan diri dengan pasar lokal. Hal lain yang membuat Tokopedia beda dari marketplace lainnya terletak pada sistem keamanan Tokopedia, dimana Tokopedia memprioritaskan keamanan transaksi dan memberikan jaminan kepercayaan kepada konsumen. Ini mencakup perlindungan pembeli dan penjual, serta dukungan pelanggan yang responsif untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
5. Blibli
Blibli adalah salah satu marketplace e-commerce yang beroperasi di Indonesia. Blibli menawarkan berbagai kategori produk yang luas, mencakup elektronik, fashion, kecantikan, perlengkapan rumah, hingga produk kebutuhan sehari-hari. Pada bulan Februari 2024, Compas.co.id memantau bahwa Blibli berhasil mencapai market share untuk kategori beauty & care sebesar 0,13% walaupun hasil tersebut lebih kecil dibanding dengan marketplace lain, namun Blibli menempatkan berupaya untuk fokus pada kualitas dan keamanan produk. Melalui kerja sama dengan berbagai brand ternama untuk menyediakan produk-produk berkualitas tinggi. Hal tersebut akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan agar dapat berbelanja tanpa perlu khawatir mengenai keaslian atau kualitas produk.
Peran Compas.co.id terhadap Kemajuan Marketplace
Compas.co.id memiliki peran kunci dalam mendorong kemajuan marketplace, terutama dalam konteks pemantauan data market share. Dengan melakukan pemantauan secara rutin, Compas.co.id memberikan kontribusi yang signifikan dalam memberikan wawasan mendalam mengenai kinerja dan tren penjualan di berbagai kategori. Informasi ini tidak hanya memberikan kejelasan kepada setiap pelanggan maupun penjual di marketplace, tetapi juga menjadi panduan berharga bagi pelaku industri lainnya.
Dengan demikian, peran Compas.co.id dalam memantau dan menganalisis data market share adalah untuk mendukung kemajuan marketplace secara keseluruhan melalui penyediaan informasi yang relevan dan berguna bagi pemangku kepentingan industri.