10 Top Brand Susu Bubuk Terlaris 2022, Brand Kamu Ada? 296F39F3 BFF5 4A37 97FB DAFB8945CA62 scaled

10 Top Brand Susu Bubuk Terlaris 2022, Brand Kamu Ada?

Author: Nimas Cemara

Updated by: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Siapa bilang susu hanya dikonsumsi oleh anak kecil? Ternyata, semakin bertambah usia, susu menjadi semakin penting. Sayangnya, konsumsi susu di Indonesia masih terbilang cukup rendah.

Hal ini mendorong pemerintah Indonesia untuk meningkatkan produk susu dalam negeri sehingga masyarakat tidak perlu bergantung lagi dengan produk impor yang lebih mahal. Dengan usaha ini, bagaimana dengan penjualan susu bubuk di marketplace?

Dalam artikel kali ini, kita akan melihat tujuh top brands susu bubuk di Shopee dan Tokopedia pada periode 1—15 Juni 2022. Data yang dilihat adalah angka market share yang didapatkan dari riset internal tim Compas dengan metode online crawling. Terdapat ± 1,7 ribu listing produk di official store pada kategori Susu Bubuk. Yuk, kita lihat daftarnya!

 

Data Penjualan Susu Bubuk Terlaris 2022 Periode 1—15 Juni


data penjualan 10 top brand susu bubuk terlaris 2022

1. HiLo

Sesuai dengan tagline “Tumbuh tuh ke atas!,” angka market share HiLo tumbuh ke atas menjadi 20,3% dan mengantar mereka ke peringkat puncak di jajaran top brand susu bubuk. Dengan kandungan vitamin D dan kalsium yang tinggi dan rendah lemak, susu HiLo menjadi susu pertumbuhan favorit.

Susu tinggi kalsium yang menjadi produk favorit konsumen adalah HiLo School Chocolate 1000gr. Susu bubuk ini dikhususkan untuk anak usia sekolah dibawah 12 tahun dan memiliki banyak varian rasa lainnya.

 

2. Anlene

Semakin tinggi usia, semakin tinggi kalsium yang dibutuhkan. Dengan misi menghadirikan susu tinggi kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, Anlene hadir di peringkat lima dengan market share 18,4%.

Produk terlaris mereka adalah Anlene Gold 5X Original 900gr yang dikhususkan untuk usia lebih dari 50 tahun. Susu ini cocok bagi lansia karena rendah gula dan dapat membantu kadar tekanan darah.

 

3. Dancow

Di peringkat ketiga, susu tumbuh kembang anak Dancow hadir dengan market share sebesar 7,9%. Dancow fokus pada nutrisi pertumbuhan anak mulai dari usia 1 tahun sampai usia 12 tahun.

Dancow Fortigro Instant Pouch 1kg menjadi produk terlaris mereka. Selain protein dan kalsium, susu untuk anak usia 6—12 tahun ini memiliki kandungan minyak ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

 

4. Entrasol

Selanjutnya, Entrasol hadir di peringkat empat dengan capaian sales volume sebesar 6,06%. Entrasol merupakan susu yang dapat melindungi organ tubuh dari penyakit degeneratif seperti osteoporosis, jantung koroner, dsb.

Entrasol Planitum 800gram menjadi produk terlaris mereka. Dengan varian rasa vanila dan coklat dan ekstrak buah zaitun yang dapat menangkal radiasi 4x lebih kuat dari Vitamin C, produk ini menjadi produk andalan para lansia.

 

5. Frisian Flag

Pada periode 1—15 Juni 2022, Compas menemukan bahwa Frisian Flag mencapai sales volume sebesar 5,46% untuk produk bundle Frisian Flag Purefarm Fullcream 800g isi 2 pcs. Dengan capaian tersebut, brand yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun ini berhasil menduduki peringkat kelima.

 

6. Ensure

Peringkat keenam diduduki Ensure dengan sales volume sebesar 5,30%. Ensure— yang berada di bawah perusahaan Abbot— merupakan susu untuk meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh pada orang dewasa dan lansia.

Salah satu produk mereka yang menjadi favorit adalah Ensure Vanila 900g. Susu rendah kolesterol ini baik untuk jantung lansia karena rendah lemak. Selain itu, susu ini juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin D dengan kandungannya yang tinggi vitamin D.

 

7. Tropicana Slim

Dengan menjaga manisnya hidup lebih lama, Tropicana Slim dengan angka manis market share 3,79% hadir di peringkat ketujuh pada daftar top brand susu bubuk. Brand ini konsisten menghasilkan produk sehat rendah gula untuk  mencegah diabetes.

Produk terlaris Tropicana Slim adalah Tropicana Slim Milk Low Fat Vanilla 500gr. Susu ini diklaim dapat menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung. Dengan paket bundling, produk ini pun menjadi produk paling laris di periode 1—15 Juni 2022.

 

8. Zee

Di urutan kedelapan, terdapat produk susu di bawah naungan Kalbe Nutritionals. Siapa lagi kalau bukan Susu Zee! Brand susu anak-anak ini berhasil mencapai sales volume di angka 2,79% pada periode 1—15 Juni 2022.

Produk terlarisnya, yakni Zee Reguler Jumbo Swizz Chocolate Milk 450g (bundling 2 pcs) terjual sebanyak 125 pcs per bulannya di Shopee. Sama seperti Tropicana Slim, strategi marketing dengan menerapkan bundling pack yang dibanderol lebih murah ini terbukti berhasil menaikkan sales volume Susu Zee di e-commerce!

 

9. Milo

Milo, brand susu yang identik dengan warna hijau ini berhasil menduduki peringkat 9 dari jajaran 10 top brand susu bubuk terlaris 2022. Perolehan sales volume sebesar 2,67% membawa  Milo ACTIV-GO jadi favorit di Shopee dan Tokopedia!

Terbukti, penjualan produk Milo ACTIV-GO— baik yang kemasan pouch 300g maupun renceng 22g— masing-masing berhasil terjual lebih dari 1.000 pcs per bulannya di Shopee. Sebagai produk susu cokelat, memang belum ada yang bisa mengalahkan Milo karena rasa cokelatnya yang khas dan tidak bisa ditemukan dalam produk susu lainnya.

 

10. Diabetasol

Brand susu bubuk yang mengeluarkan produk snack dan susu yang diformulasikan khusus untuk penderita diabetes.

Dengan capaian sales volume sebesar 2,58%, Diabetasol Jumbo Vanilla 1000g berhasil menempati hati warga e-commerce sebagai salah satu susu bubuk terlaris. Di Shopee Mall, produk ini bahkan laris terjual sebanyak 135 pcs per bulannya.

 

Kesimpulan

Berdasarkan data yang didapat oleh tim internal Compas, dapat disimpulkan bahwa kesepuluh brand susu di atas dapat mencapai kesuksesannya berkat identitas, tagline, branding, dan strategi marketing yang jitu.

Hal ini dapat dilihat dari masing-masing brand yang mempunyai “identitas” tersendiri. Contohnya, ada Anlene yang terkenal sebagai spesialis susu lansia dan terus berinovasi mengeluarkan produk susu yang menargetkan konsumen berusia 50 tahun ke atas.

Selain itu, ada juga HiLo dan Zee dengan target konsumen anak-anak remaja. Adapun Tropicana Slim dan Diabetasol sama-sama fokus mengeluarkan produk susu bubuk rendah gula untuk memberi asupan yang cukup pada penderita diabetes.

 

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

 

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.