logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
top brand kacang

Compas Data Market Insight: 7 Top Brand Kacang Dibalik Gurihnya Angka Penjualan di Platform Shopee & Tokopedia

Compas Data Market Insight: 7 Top Brand Kacang Dibalik Gurihnya Angka Penjualan di Platform Shopee & Tokopedia

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id –  Kacang, dengan beragam jenis dan rasa yang menarik, merupakan salah satu camilan yang populer di seluruh dunia. Kacang adalah biji tumbuhan yang kaya akan nutrisi, dan protein. 

Dalam pantauan Compas Dashboard—FMCG E-commerce Market Insight Tools—pada periode 1–15 Mei 2023 di official store di Shopee dan Tokopedia, kategori Kacang memiliki total revenue hingga Rp500 juta! 

Banner Insight

Dari 120 brand kacang yang terpantau Compas, terdapat 7 brand yang memimpin di e-commerce. Siapa saja mereka?

7 Top Brand Kacang yang Meraih Penjualan yang Renyah!

top brand kacang

1. John Farmer

John Farmer, salah satu brand kacang lokal, telah berhasil mencatatkan penjualan sebesar 0.9K produk dengan revenue mencapai Rp107.8 juta dalam periode dua minggu di awal bulan Mei. Market share yang diraih oleh John Farmer berada di angka 16,14%.

Dengan klaim “Specialist in Quality Nuts,” John Farmer memiliki kualitas tinggi. Produk kacang yang digadang memiliki rasa renyah dan aroma harum menjadi salah satu alasan mengapa konsumen membeli produk mereka. 

John Farmer menuliskan beberapa manfaat penggunaan produk dan spesifikasi produknya secara rinci. Walau tidak terlalu aktif dalam mengaplikasikan promo potongan harga, brand kacang ini tetap menjadi pilihan konsumen loyal.

2. Greenara

Tidak jauh di peringkat ke-2, brand makanan organik Greenara menjadi pesaing utama John Farmer. Mereka berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 1.3K produk namun dengan revenue yang lebih sedikit dengan peringkat sebelumnya yaitu Rp101.3 juta dan menguasai market share sebesar 15,17%.

Jika John Farmer nampaknya lebih berfokus untuk konsumen yang merupakan produsen kue dan sejenisnya, konsumen Greenara fokus untuk keluarga yang ingin menyediakan makanan sehat dan organik. Berbagai promo potongan harga pun tersebar di beberapa produk kacang Greenara di toko resmi di e-commerce.

Banner E-Commerce Report

3. Legit Snack

Legit Snack hadir di peringkat ketiga dengan penjualan yang sejajar dengan Greenara, yaitu 1.3K produk. Revenue yang didapatkan dari penjualan tersebut sebesar Rp93.1 juta dan berhasil meraih market share sebesar 13,94%.

Legit Snack adalah brand makanan ringan kiloan. Maksudnya, produk-produk yang dijual oleh brand ini dijual secara grosir. Konsumen dapat membeli produk dengan kuantitas yang banyak dan harga yang terjangkau. Pilihan kacang yang ditawarkan oleh Legit Snack pun sangat beragam sehingga konsumen memiliki banyak pilihan.

4. Garuda

Sementara itu, brand legendaris Garuda hadir di urutan ke-4. Dengan jumlah penjualan mencapai 2.6K produk, revenue yang diraup sebesar Rp45.2 juta. Garuda mencatatkan market share sebesar 6,78%.

Masalah strategi marketing, Garuda mungkin menjadi juaranya. Dengan laman sosial media yang sangat aktif dan iklan di televisi, brand awareness Garuda sudah tersebar ke konsumen sejak lama. Garuda juga aktif mengikuti campaign di e-commerce sehingga berbagai promo cukup tersebar di berbagai produk kacangnya.

5. Nourish

Nourish berhasil duduk di peringkat 5 dengan penjualan sebanyak 0.6K produk dan revenue Rp35.4 juta. Brand makanan bernutrisi tinggi ini berhasil meraih market share sebesar 5,30%. Meskipun jumlah penjualannya lebih rendah dari yang lain, Nourish tetap percaya bahwa produk berkualitas tinggi akan selalu menarik pelanggan.

Selain makanan bernutrisi tinggi, produk yang ditawarkan oleh Nourish adalah produk berbahan dasar organik. Nourish juga aktif di media sosial untuk berbagi info dan tips tentang pola makan sehat.

6. Almonesia

Selain itu, Almonesia yang berada di bawah satu perusahaan yang sama dengan John Farmer juga hadir. Dengan penjualan sebanyak 0.3K produk dan revenue sebesar Rp33.1 juta, brand ini berhasil mencatatkan market share sebesar 4,96%. Sesuai dengan namanya, brand ini fokus dalam menjual kacang almond berkualitas untuk konsumennya

7. House Of Organix

Brand makanan sehat dan organik kembali muncul sebagai Top Brand Kacang. Penjualan dari House Of Organix mencapai 0.4K produk dan revenue-nya 24.9 juta, dengan market share sebesar 3,73%. Walaupun berada di peringkat bawah, mereka tetap semangat dalam menghadapi persaingan dan berusaha untuk memperluas pangsa pasarnya.

Dalam mempromosikan produknya, brand ini sangat aktif di media sosial untuk melakukan giveaway dan bahkan kolaborasi dengan brand lainnya.

Kesimpulan

Setiap brand dalam daftar Top Brand Kacang ini memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing yang berhasil menarik perhatian konsumen setianya. Dengan beragam strategi pemasaran dan fokus produk yang berbeda, mereka tetap berkomitmen untuk memberikan kualitas terbaik kepada pelanggan. Persaingan yang ketat di pasar kacang semakin mendorong setiap brand untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam menjaga kepercayaan dan kesetiaan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.