logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Compas Data Market Insight: Oreo Rajanya Biskuit, Ini Dia Top 7 Brand Kue Kering Terlaris di Tokopedia!

Compas Data Market Insight: Oreo Rajanya Biskuit, Ini Dia Top 7 Brand Kue Kering Terlaris di Tokopedia!

Author: Nabila Suci Andini

Compas.co.id Biskuit atau kue kering merupakan camilan yang telah menjadi favorit di berbagai budaya di seluruh dunia, walaupun ukurannya kecil, namun kelezatannya tiada tanding. Salah satu keunggulan biskuit atau kue kering, yaitu dapat disimpan dalam waktu lama tanpa menurunkan kualitas rasanya. Kemasan yang praktis juga membuatnya menjadi camilan yang ideal untuk dibawa bepergian atau disajikan secara spontan kepada para tamu yang datang, sehingga tak bisa dipungkiri bahwa biskuit atau kue kering memiliki daya tarik yang luar biasa dalam mempererat hubungan sosial.

Merujuk pada pernyataan di atas, maka tidak heran jika jelang ramadhan hampir seluruh keluarga yang merayakan selalu menyajikan kue kering sebagai salah satu hidangan berbuka. Bagi umat muslim, sajian kue kering di bulan Ramadhan tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga mewakili tradisi yang telah dilestarikan dari tiap generasi. Dampak dari tradisi tersebut membuat peluang di bisnis FMCG khusus kategori kue kering selalu terbuka lebar.

Dengan besarnya peluang dan momentum yang tepat, yakni jelang Ramadhan, maka Tim Compas.co.id memantau kondisi pangsa pasar dari sektor FMCG, khusus kategori kue kering. Hasil pantauan tersebut terdiri dari Top 7 Brand dengan capaian market share tertinggi dan menjadi produk terlaris di e-commerce periode Februari 2024. Berikut ini rinciannya:

Tertarik data FMCG E-commerce Report 2023? Segera akses selengkapnya secara GRATIS DI SINI.

Baca juga: Top 7 Brand Sirup Terlaris di Tokopedia Jelang Ramadhan

Top 7 Brand Kue Kering Terlaris di Tokopedia Jelang Bulan Ramadhan

1) Oreo

Oreo adalah merek biskuit kue kering yang terkenal secara global. Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1912, Oreo telah menjadi salah satu merek biskuit yang paling iconic dan populer di dunia, serta dengan penjualan yang meningkat signifikan di berbagai negara. Oreo tidak hanya dikenal karena rasa khasnya yang lezat, tetapi juga karena campaign pemasaran kreatif dan kolaborasinya dengan merek dan selebriti terkenal, sehingga berdampak pada kuatnya brand awareness dan loyalitas konsumen.

Pernyataan diatas sejalan dengan data yang dimiliki oleh Compas.co.id, pada periode jelang Ramadhan tahun ini Oreo berhasil mempertahankan posisinya sebagai brand kue kering terlaris di e-commerce Tokopedia dengan peroleh market share tertinggi sebesar 15,48%. Pada tahun 2022 lalu, Oreo juga mencapai market share terbesar dengan nilai share 28,31% dengan angka sales volume mencapai 40,20%.

2) Ritz

Dalam momen jelang ramadhan tahun ini, brand Ritz berada di posisi ke-2 menggeser jauh posisi Roma yang sempat berada di urutan ke-2 tahun lalu. Jika di tahun lalu Ritz berada di posisi ke-empat dengan market share 5,76%, namun di tahun ini market share Ritz melesat pesat, adapun perolehan yang dicapai sebesar 9,21%. Sebagai merek yang dikenal secara luas dan memiliki sejarah panjang dalam industri makanan, Ritz berhasil membangun reputasi yang kuat dan menjaga kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan konsistensi produknya. Hal tersebut membuat Ritz berhasil naik peringkat mengalahkan brand lain dan menjadi pilihan yang populer di pasar makanan ringan.

3) Monde Butter Cookies

Brand kue kering Monde juga mengalami peningkatan yang sama dengan Ritz. Pada tahun lalu, Monde berada di urutan tiga terbawah, namun di tahun ini Monde berhasil naik sampai ke posisi tiga dengan perolehan market share 6,82%. Monde berhasil meningkatkan market sharenya sebesar 2,28% dari tahun lalu.

Monde telah tumbuh menjadi salah satu merek biskuit terkemuka di Indonesia dengan berbagai produk yang populer. Salah satu nilai unik dari Monde adalah hubungannya dengan momen-momen kebersamaan keluarga. Produk Monde sering dihubungkan dengan momen berkumpul dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga, menjadikannya pilihan camilan yang cocok untuk dinikmati bersama orang-orang tercinta.

Compas Data Market Insight: Oreo Rajanya Biskuit, Ini Dia Top 7 Brand Kue Kering Terlaris di Tokopedia!

4) Roma

Jika sebelumnya Roma menempati posisi di urutan ke-2 pada tahun 2023 dan 2022, di tahun ini Roma terpaksa turun dari posisi tiga besar top brand terlaris kategori kue kering di Tokopedia. Jelang ramadhan kali ini, market share yang dicapai oleh Roma mengalami penurunan sebesar 0,32%, angka tersebut terbilang kecil, namun jika dilihat dari kondisi pangsa pasar F&B saat ini, setiap brand dengan kategori kue kering mengalami kenaikan pesat, sehingga berhasil mengamankan posisi tiga besar market share tertinggi. Adapun market share yang diperoleh Roma kali ini sebesar 6,66%.

Biskuit Roma dikenal karena rasa autentik kelapanya yang khas. Penggunaan kelapa asli dalam pembuatan biskuit ini memberikan aroma dan rasa yang segar dan lezat. Meskipun memiliki kualitas premium, biskuit Roma memiliki harga yang terjangkau, sehingga banyak dipilih untuk menjadi cemilan andalan bagi para penikmatnya.

5) Mondelez

Selanjutnya, di posisi ke-5 ditempati oleh Mondelez International dengan capaian market share 4,84%. Mondelez International adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Mondelez International dapat dikatakan memiliki pengaruh kuat dalam berbagai kategori, termasuk makanan ringan, cokelat, biskuit, permen, keju, dan minuman. Beberapa merek terkenal di bawah naungan Mondelez International termasuk Oreo, Cadbury, Toblerone, Milka, Ritz, Chips Ahoy!, dan Trident.

Mondelez International sangat menekankan inovasi dalam pengembangan produk baru dan perbaikan produk yang sudah ada. Perusahaan ini terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan dan selera konsumen yang terus berkembang melalui pengembangan produk yang baru dan menarik.

6) Hatari

Hatari merupakan brand produk yang berkualitas dan inovatif dari ASWFoods. Beberapa jenis produk yang dihasilkan, yakni Crackers, Malkist, Cream Sandwich. Dan, di momen jelang ramadhan tahun ini, brand Hatari berhasil mencapai market share sebesar 4,69%.

7) Nissin

Selama periode 4 – 25 Februari, Nissin berhasil memperoleh market share sebesar 3,19%. Meskipun Nissin terkenal dengan produk mie instan, produk biskuit mereka juga menjadi pilihan yang populer di kalangan konsumen yang mencari camilan yang praktis dan lezat.

Kesimpulan

Jelang Ramadhan, kue kering menjadi hidangan berbuka favorit bagi hampir seluruh keluarga yang merayakan. Tradisi sajian kue kering di bulan Ramadan tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga mewakili tradisi yang telah dilestarikan dari tiap generasi. Berdasarkan data dari sektor FMCG, kategori kue kering menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, terutama menjelang bulan Ramadhan. Top 7 Brand kue kering terlaris di Tokopedia pada Februari 2024 adalah Oreo, Ritz, Monde Butter Cookies, Roma, Mondelez, Hatari, dan Nissin.

Oreo memimpin sebagai brand kue kering terlaris dengan market share tertinggi, diikuti oleh Ritz dan Monde Butter Cookies. Hal ini menunjukkan bahwa produk-produk tersebut memiliki daya tarik yang besar di kalangan konsumen, baik karena rasa, kualitas, maupun strategi pemasaran yang efektif. Perusahaan-perusahaan seperti Mondelez International, Nissin, dan Hatari juga berhasil masuk ke dalam daftar Top 7 Brand kue kering terlaris. Ini menunjukkan variasi produk dan kekuatan merek di pasar kue kering.

Compas Data Market Insight: Oreo Rajanya Biskuit, Ini Dia Top 7 Brand Kue Kering Terlaris di Tokopedia!

Dengan demikian, mulai dari jelang sampai selama Ramadhan, peluang bisnis di sektor kue kering sangat terbuka lebar. Compas.co.id telah merangkum banyak data dalam sektor FMCG, khususnya di kategori F&B. sehingga bagi para pelaku FMCG dapat memanfaatkan momentum ini untuk mengoptimalkan penjualan dan memperluas pangsa pasar mereka melalui data yang disajikan oleh Compas.co.id disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.