Top 5 Merek Frozen Food yang Membekukan Kenikmatan dengan Profesionalitas Tinggi, Kanzler Menang!
Author: Salsabila
Compas.co.id – Data dari Frozen Food Global Market Report 2023 mencatatkan pasar frozen food global tumbuh dari $227.01 miliar pada tahun 2022 menjadi $244.67 miliar pada tahun 2023 dengan prediksi persentase pertumbuhan per tahunnya sebesar 7,8%.
Pasar frozen food pun diproyeksikan akan tumbuh menjadi $317.34 miliar pada tahun 2027 dengan pertumbuhan 6,7% per tahun. Nilai tersebut menurun karena faktor perang Rusia-Ukraina mengganggu pemulihan ekonomi global dari pandemi Covid-19.
Perang kedua negara tersebut telah menyebabkan beberapa gangguan ekonomi, salah satunya adalah menyebabkan inflasi yang mempengaruhi harga barang dan jasa banyak pasar di seluruh dunia.
Adapun data dari Compas Market Insight: Tokopedia WIB Februari 2023 melihat Food & Beverage adalah kategori dengan penjualan tertinggi. Produk terjual sebanyak 651 ribu. Dan kategori Makanan Segar & Beku atau Frozen Food menjadi kategori ketiga dengan penjualan terbesar sebanyak 85.1 ribu produk.
Compas Dashboard, business intelligence (BI) tools yang digunakan untuk memberikan data market insight tersebut hanya melakukan proses online crawling dari Tokopedia dan Shopee.
Artikel di bawah memaparkan data penjualan top 5 merek frozen food favorit konsumen di Tokopedia dan Shopee. Apakah merek Anda termasuk di jajaran merek frozen food ini?
Dari Freezer ke Piring, Kanzler Menjadi Merek Frozen Food Favorit di Tokopedia
1. Kanzler
Compas Dashboard dapat melihat merek mana saja yang menguasai market makanan segar dan beku olahan di Tokopedia periode 1-15 Mei 2023. Revenue yang didapatkan Rp40.2 juta dari official storenya tersebut dengan market share 13.01%
Dengan menggunakan filter seller type dan memilih tipe official store, Kanzler menjadi top merek frozen food dengan penjualan 900 produk. Filter seller type adalah salah satu fitur unggulan di Compas Dashboard, dimana brand dapat melihat tingkat penjualan berdasarkan tipe penjual/seller. Ada 2 pilihan, yakni official store dan nonofficial store.
Kualitas dan rasa produk yang enak sudah tak perlu diragukan. Kanzler tidak mau hanya mengandalkan kualitas rasanya, Kanzler pun aktif mengajak audiens untuk terlibat dengan brand dengan cara membuat challenge berupa recook masakan menggunakan produk Kanzler.
Kemudian Kanzler rutin sharing resep-resep masakan rumahan, ide bekal anak sekolah yang dikreasikan dengan menarik sehingga anak mau menghabiskannya. Dan kerja samanya dengan selebriti kondang Nicholas Saputra untuk mempromosikan produk cukup mengundang hype, terutama pada kaum wanita.
2. So Good
So Good sebagai kompetitor Kanzler meraup Rp31.2 juta. Merek frozen food yang terkenal dengan nuggetnya ini menjual 800 produk, dimana market sharenya di angka 10,11%.
Produk So Good tidak hanya olahan seperti nugget dan sosis, tapi juga ayam potong berbumbu, donat, ebi, telur omega, bakso dan pangsit kuah. Nuggetnya yang terkenal pun bukan sekedar nugget, tapi So Good berinovasi dengan menggunakan crispy bubble crumbs. Inovasi tersebut sesuai dengan selera orang Indonesia yang menyukai makanan gorengan yang renyah.
So Good juga banyak memberikan ide kreasi masakan rumahan menggunakan berbagai produknya. Produksi video-video pendek yang memperlihatkan produk So Good pun tak lupa dibuatnya agar audiens bisa melihat langsung dan menggugah seleranya.
3. Fiesta
Market share Fiesta sekitar 16,71% dimana lebih tinggi daripada Kanzler, namun penjualannya yang sebanyak 600 produk membuatnya menempati juara ke 3 di jajaran top merek frozen food. Dari penjualan tersebut, Fiesta mengantongi Rp51.6 juta berdasarkan data Compas Dashboard.
Berkolaborasi dengan Raffi-Nagita, Fiesta mengadakan challenge membuat kreasi masakan di Fiesta Fun Cooking. Challenge seperti ini perlu dibuat oleh brand untuk meningkatkan engagement yang menyenangkan dengan konsumennya. Juga untuk mempertahankan loyalitas mereka.
Mengenai channel marketing, semua orang tahu Fiesta karena produknya sudah tersebar di seluruh Indonesia melalui banyak channel offline. Produk Fiesta dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen di toko-toko retail. Fiesta juga membuka peluang reseller sehingga produknya juga ada di tingkat bisnis rumahan. Adanya Fiesta Official Store di e-commerce semakin membuka peluang kemudahan konsumen untuk melihat dan mendapatkan produk Fiesta.
4. Seafood Lovers
Seafood Lovers merupakan merek frozen food bagian dari PT JAPFA. Compas Dashboard yang bisa mengatur filter tanggal, pada periode 1-15 Mei 2023 mencatatkan sales revenue Seafood Lovers sebesar Rp8.7 juta. Adapun sales quantity merek frozen food ini sebanyak 400 produk. Pangsa pasarnya sendiri masih di angka 2,82%.
Berbeda dengan 3 kompetitornya, produk-produk Seafood Lovers adalah produk makanan olahan binatang laut seperti ikan dan udang. Produk olahan bekunya antara lain bakso ikan bakso udang, siomay ikan, ebi popcorn, ikan pangasius fillet, otak-otak dan lainnya.
Seafood Lovers dan beberapa toko retail bekerja sama dengan membuat program Top Spender, dimana pembelian produk Seafood Lovers terbanyak akan mendapatkan hadiah fun trip untuk pemenang utama dan hadiah uang untuk runner-up.
5. Beringin
Terakhir ada merek frozen food Beringin yang meraih pendapatan Rp22.8 juta atau sekitar 300 produk sukses di check out dari official storenya di Tokopedia. Sedangkan market sharenya sebesar 7,37%.
Beringin adalah merek pempek asli Palembang, bisnis pempek ini adalah bisnis keluarga sejak 1970an. Merek frozen food satu ini mungkin tidak sefamiliar Kanzler, So Good, Fiesta, akan tetapi penjualannya sudah mulai terdistribusi ke beberapa daerah di Indonesia.
Beringin perlahan mulai dikenal masyarakat karena terpantau oleh Compas Dashboard dalam top 5 merek frozen food favorit. Kesuksesan ini tidak main-main karena artinya kualitas produk Beringin mampu bersaing dengan merek-merek besar seperti Seafood Lovers dari JAPFA, Fiesta, So Good, dan Kanzler.
Aktivitas marketing Beringin cukup banyak dan aktif mengajak audiens berinteraksi dengannya. Beringin bekerja sama dengan Musi Kreatif untuk pembuatan film dokumenter, berkolaborasi dengan Youtuber dari Belanda untuk cooking demo. Sebagai pemain di industri F&B, Beringin juga banyak memproduksi video reels yang dapat meningkatkan selera makan audiens dan brand awareness.
Kesimpulan
Dari paparan di atas, secara keseluruhan jajaran top 5 merek frozen food ini berhasil mencapai kesuksesan melalui strategi pemasaran yang berfokus pada kualitas produk, proaktif untuk meningkatkan interaksi dengan audiens, inovasi produk, kolaborasi dengan toko retail dan influencer, serta channel distribusi yang kuat.
Strategi ini membantu mereka membangun merek frozen food yang kuat, meningkatkan penjualan, dan memenangkan persaingan di pasar frozen food yang semakin kompetitif di e-commerce.