logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Data Penjualan Sunscreen di Tokopedia dan Blibli, Ini 7 Brand Terlarisnya

Data Penjualan Sunscreen di Tokopedia dan Blibli, Ini 7 Brand Terlarisnya

Author : Raga Putra Wiwaha

Sunscreen menjadi salah satu produk kecantikan perawatan kulit yang sedang ramai bahkan sempat viral di platform Tiktok. Hal ini didasari karena sunscreen memiliki banyak manfaat yang mengatasi permasalahan kulit kebanyakan orang Indonesia.

Data penjualan sunscreen bulan Februari 2021 lalu menggambarkan Emina menjuarai pasar pada periode tersebut. Lantas, bagaimana dengan penjualan sunscreen pada tahun 2022 ini? 

Pada artikel ini, Compas merangkum hasil riset internal tim kami di Tokopedia dan Blibli dengan metode online crawling. Toko yang di riset merupakan non official dan official store dengan rating lebih dari 4. Simak daftar top brandnya di bawah ini.

Top Brand Sunscreen di Tokopedia dan Blibli periode April – Juni 2022

sunscreen

1. Azarine

Azarine yang merupakan brand lokal menduduki peringkat pertama dalam data penjualan sunscreen terlaris dengan market share 20,68 % di Tokopedia dan Blibli. Azarine disebut-sebut sebagai brand kosmetik pertama yang menggunakan kakadu plum.

Dilansir dari laman website resmi Azarine, Sunscreen Gel Azarine merupakan produk terlaris dan  unggulan kategori sunscreen yang memiliki banyak manfaat dan keunggulan diantaranya mampu melindungi kulit dari sinar matahari, menjadikan warna kulit tetap merata dan mencegah kanker.

Menurut penelusuran Tim Compas, ada dua varian produk sunscreen Azarine yang populer karena sering jadi perbincangan hangat di media sosial. Kedua produk tersebut, yakni  Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++ dan Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum SPF50 PA++++.

2. L’Oreal

Brand asal Perancis ini berhasil tembus posisi kedua sebagai top brand sunscreen dengan market share 7,17%. Produk sunscreen-nya yang laris terjual, yakni L’Oreal Paris UV Defender UV Protector SPF50+ / PA++++ yang laku hingga 1.6K pcs. 

Sebagai brand kecantikan global, bukanlah hal sulit bagi L’Oreal untuk menembus pasar skincare di Indonesia termasuk di e-commerce. Kendati demikian, brand ini turut aktif melakukan promosi di dalam negeri dengan menggaet sederet public figure ternama, salah satunya Cinta Laura.

3. Banana Boat 

Selanjutnya, Banana Boat menduduki posisi ketiga dengan market share 5,84%. Brand asal Australia ini memang memiliki salah satu produk sunscreen yang dapat melindungi kulit ketika di outdoor.

Produk sunscreen yang menjadi unggulan oleh banana adalah Banana Boat Protect Sunscreen Continuous Spray SPF50 UVB 170 gram. Sunscreen yang dapat memberikan manfaat serta perlindungan terhadap kulit dari sengatan matahari dengan memberikan UVA/UVB yang tahan lama.

4. Nivea

Nivea menjadi brand asal kota Berlin, Jerman dengan market share tertinggi keempat yaitu 4,91%. Sudah sejak 1911, Nivea menjadi brand yang fokus membantu merawat kecantikan dengan meluncurkan beberapa produk perawatan yang sudah banyak digunakan penikmatnya, salah satunya sunscreen.

Dilansir dari halaman website Nivea, salah satu produk sunscreen after sun terlaris dan memiliki rating penjualan bagus adalah NIVEA Sun Face Serum Oil Control 30 ml yang memiliki manfaat untuk melembabkan kulit, memberi perlindungan terhadap matahari dan tidak lengket.

5. Somethinc

Selanjutnya, brand lokal yang diusung oleh Irine Ursula yang berdiri pada tahun 2019. Meski masih muda usianya, Somethinc berhasil meraih posisi kelima sebagai top brand sunscreen. 

Hal ini didukung dengan penjualannya yang memperoleh market share sebesar 3.68% sepanjang bulan April – Juni 2022. Produk sunscreen unggulan dari brand ini adalah Somethinc Glowing Up Sunscreen Stick SPF 50+ PA++++ dengan penjualan sebanyak 1K produk.

6. Skin Aqua

Brand asal Jepang, yaitu Skin Aqua mengisi posisi keempat dalam data penjualan sunscreen kulit dengan market share 3,46%. Skin Aqua memang dikenal sebagai brand yang memiliki fokus sendiri dalam menghasilkan berbagai produk sunscreen.

Terdapat beberapa keunggulan dari produk Skin Aqua asal Jepang ini. Dilansir dari halaman website Tokopedia, ada 4 produk andalan dari Skin Aqua ini, yaitu UV Moisture Gel, UV Moisture Milk, UV Whitening Milk dan UV Mild Milk yang berfungsi untuk membuat kulit kering tampak lembab dan bersinar.

7. Biore

Selain SKIN AQUA, adapula brand kecantikan Jepang lainnya bernama Anessa. Brand di bawah naungan Shiseido Group ini menutup top brand sunscreen pada peringkat ketujuh dengan market share 3,26%.

Melansir dari Journal Sociolla, Anessa memang dirancang sebagai brand yang fokus mengembangkan produk-produk yang bermanfaat melindungi kulit dari sinar UV. Dengan mengusung Triple Defence Technology pada produk sunscreen pertama di dunia, Anessa terpilih sebagai brand sunscreen No.1 di Jepang selama 20 tahun berturut-turut.

Dari daftar top brand sunscreen di atas, 2 diantaranya merupakan lokal dan bahkan dengan jumlah market share yang tinggi. Ini menandakan produk lokal juga dapat bersaing dengan brand asing. Khususnya pada kategori ini, dengan merek sunscreen asal Jepang.

Ingin mengakses data penjualan kategori kecantikan lainnya? Hubungi segera Team Compas atau DM Instagram Compas untuk mengaksesnya atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.