Compas Data Market Insight: Menyelami Top Produk Listing dan Strategi Wafer Tango di E-Commerce
Author: Nimas Cemara
Compas.co.id – “Berapa lapis? Ratusan!” penggalan kalimat tersebut terdengar familiar di telinga sebagian masyarakat Indonesia. Catchphrase tersebut dapat terdengar di televisi ketika iklan wafer Tango diputar.
Tango adalah merek biskuit kue kering atau wafer yang terkenal di bawah naungan OT Group. Brand ini kembali menunjukkan pencapaian cukup baik di e-commerce. Dalam periode dua minggu di awal bulan Juni, tepatnya 1–15 Juni 2023, Tango menempati peringkat ke-21 dalam kategori Biskuit di Shopee & Tokopedia. Di bawah brand Tango, masih banyak lagi brand biskuit yang berebut posisi. Siapa saja brand itu?
Compas Dashboard pun memantau persebaran produk wafer Tango di e-commerce. Dengan menggunakan fitur dan filter andalan dari dashboard tim Compas, artikel ini akan membahas menngenai 5 Top Product Listing serta strategi wafer Tango bisa masuk ke daftar ini.
5 Top Product Listings Serta Strategi Wafer Tango di Shopee & Tokopedia
1. TANGO WAFFLE CHOCO HAZELNUT 25G – 1 BOX
Top produk listing dari wafer Tango yang merajai Shopee & Tokopedia adalah TANGO WAFFLE CHOCO HAZELNUT 25G – 1 BOX. Dalam kurun waktu dua minggu, produk yang dijual oleh official store OT STORE OFFICIAL di Tokopedia ini ludes dengan angka market share 7,1%. Apa strategi wafer Tango ini hingga sampai mengalahkan lebih dari 200 produk Tango lainnya di e-commerce?
Uniknya, di laman produknya di Tokopedia, Tango mencantumkan hal-hal yang penting saja sehingga laman produk terkesan “sepi.” Deskripsi produk tertulis jelas dan singkat dengan keyword jenis, isian, dan rasa produk membantu konsumen mendapat gambaran mengenai produk.
Selain itu, Tango juga menuliskan penjelasan mengenai alur pemesanan dan alur untuk mengajukan komplain di deskripsi produk. Hal ini sangat informatif bagi konsumen. Mengikuti peringkatnya sebagai top produk listing, tulisan “Stok Habis” pun tertera di laman produk ini.
2. TANGO WAFER LONG CHOCOLATE 110 GR
Di peringkat kedua, top produk listing diisi oleh TANGO WAFER LONG CHOCOLATE 110 GR. Produk listing ini dijual oleh official store Hypermart Paragon Authorized Store di Shopee. Tango Wafer Long Chocolate di toko ini memiliki market share 4,6% di pasar.
Kehadiran official store dari sebuah supermarket besar sangat memudahkan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Ulasan positif dari pembeli sebelumnya di laman produk membantu konsumen memberikan gambaran langsung tentang pengalaman dan kepuasan pelanggan yang telah mencoba Tango Wafer Long Chocolate atau yang berbelanja di toko ini.
3. TANGO WAFER CHOCOLATE 47 GR
Berbagai varian dan ukuran wafer Tango tersebar di e-commerce dan menjadi top 5 produk listing. Tango Wafer Chocolate kembali hadir di daftar ini di urutan ketiga. Kali ini, dengan ukuran yang berbeda, TANGO WAFER CHOCOLATE 47 GR mendominasi pasar sebesar 3,9% market share.
Produk ini dijual oleh official store Hypermart Arif Rahman hakim Authorized Store di Shopee. Sama dengan store Hypermart lainnya, laman produk tidak terlalu ramai dengan penjelasan. Namun, brand awareness Tango dan Hypermart yang sudah akrab dengan konsumen tetap membawa produk dan official store ini sebagai Top Product Listings.
4. TANGO WAFER LONG VANILLA 110 GR
Di urutan keempat, TANGO WAFER LONG VANILLA 110 GR duduk dengan market share sebesar 3,6%. Produk ini dijual oleh official store Hypermart Paragon Authorized Store di Shopee, sama seperti Top Product Listing urutan kedua.
5. TANGO WAFER CHOCOLATE 47 GR – COKELAT
Nampaknya varian rasa cokelat dari wafer Tango memang menjadi favorit konsumen. Lagi-lagi, varian ini memasuki Top Product Listing. TANGO WAFER CHOCOLATE 47 GR – COKELAT yang dijual oleh official store Hypermart Kemang Village berhasil mendominasi market share sebesar 3,1%.
Kesimpulan
Persebaran produk wafer Tango ternyata cukup luas di e-commerce. Dalam pantauan Compas Dashboard, terdapat lebih 200 produk listing untuk produk wafer Tango. Kira-kira siapa saja dan dimana lokasi seller yang menjual wafer Tango di e-commerce? Lantas, apa saja yang dilakukan sebagai strategi penjualan untuk wafer Tango di tengah pasar yang cukup luas?