strategi pemasaran tokopedia

Ini 5 Strategi Pemasaran Tokopedia Agar Produk Anda Naik!

Author: Farah Ramadhani

Ketika menjual produk baru di e-commerce, Anda pasti mengalami kesulitan untuk menaikkan popularitasnya. Karena itu, tim Compas telah merangkum strategi pemasaran Tokopedia untuk menaikkan penjualan produk Anda. Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

6 strategi pemasaran tokopedia

1. Strategi Storytelling

Deskripsi produk memang salah satu elemen penting di strtegi pemasaran Tokoepdia. Pasalnya, hal tersebut menjadi clue untuk pelanggan dalam menentukan pembelian. Selain menjelaskan produk, Anda juga dapat membuat storytelling agar deskripsi produk lebih menarik.

Dalam teori ilmu komunikasi, kemampuan bercerita memang dapat meningkatkan perhatian audience dalam mempresentasikan sesuatu. Hal ini termasuk mempresentasikan produk di Tokopedia untuk dijual.

Dengan menggunakan strategi storytelling, Anda dapat terhubung dengan pelanggan melalui cara yang personal. Produk Anda juga akan terlihat lebih “hidup” dan seperti manusia karena memiliki back story.

2. Aktifkan Sosial Media

Walaupun Anda menjual produk di Tokopedia, penting untuk melakukan promosi aktif di sosial media pula. Misalnya, sosial media yang saat ini sedang populer diantaranya adalah Instagram, TikTok, dan Twitter.

Promosi dapat berupa penjelasan terkait produk yang Anda jual. Misal, jika menjual skincare, Anda bisa membuat konten edukasi urutan pemakaian perawatan wajah tersebut di pagi dan malam hari.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur yang ada di Instagram untuk membuat campaign dan kontes berhadiah. Cara ini berguna untuk membuat pelanggan menjadi lebih dekat dan meningkatkan engagement.

Misalnya, menggunakan fitur “quiz” di Instagram Story terkait brand Anda dan memberikan hadian bagi followers yang menjawab dengan benar. Melalui cara ini, selain mendapat followers baru, awareness terhadap produk Anda juga akan meningkat.

3. Influencer Marketing

Strategi pemasaran dengan bantuan influencer cukup populer sejak munculnya Instagram. Influencer marketing berati Anda menggunakan jasa dari pengguna sosial media yang memiliki followers tinggi di Instagram, YouTube, blog, TikTok, ataupun Twitter.

Metode ini dapat efektif jika Anda memilih influencer yang sesuai. Saat ini, para influencer memiliki bidangnya masing-masing. Bidang tersebut juga berpengaruh pada followers dan engagement mereka.

Jika Anda ingin memasarkan produk kosmetik, tentunya influencer yang Anda pilih merupakan beauty enthusiast. Perhatikan juga rate atau tarif yang mereka pasang. Pastikan budget dan tujuan Anda sesuai dengan influencer yang Anda pilih.

4. Strategi Customer Review

Review pelanggan setelah membeli juga bisa menjadi strategi pemasaran Tokopedia yang tak kalah penting. Kebanyakan orang akan melihat review produk sebelum membeli sesuatu secara online.

Di Tokopedia, customer review terletak di bawah deskripsi produk. Dengan membuat pelanggan puas, rating produk Anda akan meningkat dan review yang mereka tulis akan bagus pula.

Strategi ini mirip dengan mouth-to-mouth dari orang terdekat seperti keluarga, teman, atau kolega. Kepercayaan dari calon pembeli bisa Anda dapatkan melalui review yang ada di Tokopedia tersebut.

5. Manfaatkan Fitur di Tokopedia

Tahukah Anda bahwa Tokopedia juga menyediakan berbagai layanan untuk iklan toko? Manfaatkan fitur-fitur tersebut dapat meningkatkan popularitas toko Anda, lho.

Ada berbagai fitur yang dapat Anda pilih, antara lain: voucher toko, broadcast messages, dan TopAds. Iklan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau pula, yaitu mulai dari Rp250.

Voucher toko merupakan potongan yang diberikan untuk para pelanggan dengan ketentuan yang Anda tentukan. Potongan tersebut dapat berupa diskon harga barang ataupun ongkos kirim.

Anda bisa memaksimalkan voucher toko jika menggabungkannya dengan fitur broadcast messages. Melalui pesan otomatis tersebut, pelanggan Anda akan diberi notifikasi terkait promosi yang sedang berlangsung di toko.

6. Pelajari Performa Penjualan Kompetitor 

Terakhir yang tak kalah penting adalah mempelajari posisi brand Anda di Tokopedia. Dengan mengetahui posisi peringkat, Anda bisa mengetahui siapa kompetitor terbesar Anda.

Melalui informasi tersebut, strategi pemasaran kompetitor bisa terlihat dan diadaptasi sehingga brand Anda bisa menjadi yang terbaik. Lantas bagaimana cara melihat data tersebut?

Compas Dashboard menyediakan data penjualan real-time berbagai kategori produk di Tokopedia dan Shopee. Jangan khawatir, data yang ditampilkan mudah dipahami dan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Misal, Anda ingin melihat penjualan kategori lipstik periode bulan Agustus 2021 sebelum brand Anda meluncurkan produk yang sama bulan depan. Dari data yang tersedia, Anda bisa melihat tren produk apa yang populer dan menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk produk baru tersebut.

Dari data penjualan Compas Dashboard Anda juga bisa melihat kompetisi top brand dan melihat posisi brand Anda di daftar tersebut. Dengan mengetahui kompetitor terbesar, penentuan strategi marketing menjadi lebih terpusat dan efektif.

 

Nah, itu tadi 6 strategi pemasaran Tokopedia yang perlu Anda ketahui. Anda juga dapat mengkombinasikan strategi-strategi di atas untuk mendapatkan hasil yang efektif. 

Misal, walaupun Anda sudah menggunakan TopAds, implementasikan pula pemasaran sosial media dengan menggunakan metode storytelling. Sama halnya dengan strategi pemasaran Tokopedia influencer marketing akan lebih efektif jika Anda juga menggunakan Compas Dashboard.

Melaui Compas Dashboard, Anda bisa menganalisis performa penjualan sebelum. Sedang, dan sesudah menggunakan jasa influencer sosial media. Jika ternyata efektif, maka campaign tersebut dapat Anda lanjutkan dan sebaliknya.

Dengan Compas Dashboard, Anda dapat mengetahui performa penjualan brand Anda maupun kompetitor. Data yang tersedia meliputi top brand, produk terlaris, sales revenue, market share, total produk terjual, dan ranking toko sesuai periode dan kategori yang Anda pilih.

Tertarik mencobanya? Ketahui produk Compas lebih lanjut dengan follow Instagram kami di link ini. Anda bisa mengirim pesan melalui DM atau langsung menghubungi kami lewat link ini. Yuk, jadi jawara di Tokopedia bersama data penjualan Compas!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us