Compas Data Market Insight: Rahasia Dibalik Kulkas dari 3 Top Seller Frozen Food
Author: Nimas Cemara
Compas.co.id – Dalam periode forecasting dari tahun 2021–2028, pasar frozen food diprediksi mencapai $385.04 miliar di tahun 2028. Sedangkan, kategori Makanan Segar dan Beku di Indonesia mencapai addressable market sebesar Rp1.1 triliun di tahun 2022 berdasarkan Indonesia FMCG E-commerce Report 2022.
Lantas, Compas Dashboard kembali meninjau performa pasar frozen food di e-commerce. Selama dua minggu dalam periode 1–15 Juni 2023, kategori Frozen Food memiliki peluang bisnis yang besar dengan total sales revenue mencapai lebih dari Rp1.5 Miliar di e-commerce.
Melalui artikel ini, kita akan melihat secara rinci tentang top seller frozen food di dua platform terkemuka, yaitu Shopee dan Tokopedia. Dengan menggunakan beberapa fitur dan filter unggulan Compas Dashboard, seperti fitur top seller; fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan; filter merchant; filter subkategori produk; dan filter seller type, di bawah ini adalah 3 top seller frozen food di Shopee & Tokopedia.
3 Top Seller Frozen Food yang Mendominasi Pasar Beku
1. Ferry Fish
Posisi pertama diisi oleh official store Ferry Fish di Tokopedia. Ferry Fish berhasil menjual habis 1.8K produk dalam periode 1–15 Juni 2023. Angka ini setara dengan revenue Rp208 juta dan market share 12,64%, membuatnya duduk di peringkat paling atas.
Ferry Fish menjual berbagai jenis ikan, daging, dan makanan beku lainnya. Produk ikan dan daging yang dijual pun merupakan produk lokal dan dalam negeri. Sedangkan untuk makanan beku tersedia berbagai brand sehingga konsumen memiliki banyak pilihan.
Strategi marketing yang efektif dijalankan oleh Ferry Fish di Tokopedia. Dalam meningkatkan daya tarik pelanggan, ada beberapa pendekatan yang dapat diterapkan store ini mengoptimalkan deskripsi dan gambar produk yang informatif, menarik, dan jelas.
Melalui laman media sosialnya, Ferry Fish aktif membagikan info dan tips mengenai seafood dan hidangan daging.
2. Japfa Best Official
Peringkat kedua juga diisi oleh official store di platform Tokopedia. Japfa Best Official menjual produk lebih banyak dari peringkat sebelumnya yaitu sebesar 5K produk. Namun, revenue yang diraih ada di angka Rp193 juta dan market share yang dicapai sebesar 11,7%.
Japfa, yang identik dengan brand makanan beku So Good, tidak hanya menjual produk dari brand itu saja. Japfa Best Official juga menjual brand Japfa lainnya seperti Best Chicken yang berupa daging ayam beku. Ada juga produk daging sapi potong, seafood, bebek, dan makanan beku lainnya seperti kentang goreng beku dan sayuran beku.
Dengan pilihan produk yang banyak dan potongan harga yang terus diberikan, Japfa Best Official menjadi salah satu official store yang patut dikunjungi.
3. Meatbank
Lagi-lagi, official store dari Tokopedia mengisi daftar 3 Top Seller Frozen Food. Di urutan ketiga, Meatbank hadir dengan penjualan sebesar 0.4K produk makanan beku. Walau angka penjualan terbilang sedikit, Meatbank mampu mencatatkan revenue sebesar Rp176 juta dengan market share sebesar 10,68%!
Berbeda dengan seller lainnya, Meatbank mengambil langkah marketing yang cukup unik. Meatbank memberikan promo hampers yang berisi berbagai daging pilihan. Kemudian, toko ini juga menawarkan Black Box yang berisi daging wagyu terbaik dari Meatbank. Selain potongan harga dan paket daging, strategi penjualan yang dilakukan Meatbank adalah konsumen bisa memilih ketebalan potongan daging yang mereka beli yang sangat memudahkan konsumen.
Kesimpulan
Walau 3 Top Seller Frozen Food didominasi oleh seller di Tokopedia, Compas Dashboard memantau seller di Shopee juga turut meramaikan 10 Seller Terlaris! Kira-kira, official store Shopee apa yang berhasil masuk jajaran 10 besar?
Ketiga top seller frozen food di atas telah berhasil mencapai kesuksesan. Keberhasilan mereka dalam mencatat market share yang tinggi tidak terlepas dari strategi pemasaran yang mereka terapkan.
Dengan mengoptimalkan deskripsi dan gambar produk, memberikan potongan harga dan promo menarik, menawarkan pilihan produk yang beragam, serta menggunakan pendekatan unik dalam promosi, ketiga toko online ini telah berhasil menarik perhatian pelanggan dan mempertahankan posisi mereka sebagai pemain terdepan di industri makanan beku.