logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
popok bayi terbaik

Perang Popok Bayi Terbaik Bulan April 2023: MamyPoko Melangkah Kokoh Menuju Posisi Teratas

Perang Popok Bayi Terbaik Bulan April 2023: MamyPoko Melangkah Kokoh Menuju Posisi Teratas

Author: Salsabila

Compas.co.id – Data dari Future Market Insights tahun 2023 memprediksi market popok bayi bernilai US$70 miliar di tahun 2023 dan akan mencapai angka US$120 miliar di tahun 2033. Persentase pertumbuhannya selama periode forecasting tersebut sebesar 5,5%.

Beberapa poin peluang yang harus diperhatikan oleh para brand-brand popok bayi adalah:

  • Meningkatnya permintaan produk popok bayi yang sifatnya premium dan eco-friendly
  • Adanya peningkatan angka kelahiran di negara-negara berkembang mendorong pertumbuhan pasar popok bayi
  • Berkembangnya teknologi lebih canggih di bahan pembuatan popok dan desain membuka peluang baru untuk inovasi baru

Pada tahun 2019 Euromonitor International memproyeksikan penjualan popok bayi biasa dan disposable pants akan terus meningkat dengan persentase tingkat pertumbuhan 10,8% per tahun selama periode 2018-2023. Dan pada tahun 2023 proyeksi nilai mencapai Rp33,5 triliun.

Banner E-Commerce Report

Di industri Mom & Baby–khususnya kategori popok bayi–para produsen perlu aware terhadap trend yang berlangsung saat ini, yaitu:

  • adanya pergeseran menuju material yang lebih biodegradable dan berkelanjutan
  • tumbuhnya popularitas online diapers subscription
  • meningkatnya permintaan mengenai desain popok yang customizable dan gender-neutral

Artikel ini akan memaparkan data penjualan top 5 brand popok bayi terbaik dan strategi apa yang mereka lakukan sehingga bisa menjadi market leader di industri popok bayi di e-commerce

Performa Penjualan Top 5 Brand Popok Bayi Terbaik Berdasarkan Compas Dashboard Periode 1-30 April 2023

popok bayi terbaik

1. MamyPoko

Compas Dashboard melaporkan MamyPoko unjuk diri lagi dengan memenangi pertarungan popok bayi terbaik pada periode April 2023. Sebanyak 9 ribu produk MamyPoko ludes dari official storenya di Shopee atau sekitar Rp2.1 miliar revenue. Pangsa pasar popok MamyPoko pun berada di angka tertinggi, yakni 35,39% dari market popok bayi keseluruhan.

Brand MamyPoko gencar mengedukasi dan mempromosikan produknya di televisi pada awal peluncuran produknya. Hingga kini berkembangnya teknologi, media sosial seperti Instagram menjadi fokus MamyPoko untuk melancarkan strategi marketingnya. 

Banner Insight

Content marketing yang diformulasikan tak hanya edukasi penggunaan popok bayi, tapi juga seputar dunia bayi hingga toddler, parenting, dan relationship orang tuanya. Selain produknya yang mengikuti perkembangan teknologi sehingga sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen, MamyPoko memiliki program loyalti bernama Pokojang. Dimana hanya brand MamyPoko saja yang punya program loyalti seperti itu.

2. Merries

Merries menjadi juara 2 popok bayi terbaik dengan sales revenue Rp1.4 miliar. Dari official store Merries terjual 8 ribu popok pilihan para mama. Adapun market share popok Merries di angka 23,28%.

Banner E-Commerce Report

Brand Merries dari PT KAO Indonesia membuat inovasi produk dengan penggunaan bahan-bahan alami yang membuat popok lebih lembut, mencegah bau, teknologi cepat kering, alarm penanda urine sudah penuh. Lalu ada juga inovasi stretchable tape dengan ukuran lebih panjang yang lebih memudahkan mama untuk mengganti popok dan menjaga kebersihan.

Riset mendalam yang dilakukan memungkinkan Merries menciptakan inovasi sesuai yang dibutuhkan dan personal. Oleh karena itu, tak heran produk ini dicintai oleh konsumennya. Distribusi popok hingga ke toko retail pun memudahkan konsumen menemukan produk ini dimanapun.

3. Makuku Air Diapers

Selanjutnya ada Makuku Air Diapers yang market sharenya 21,17%. Produknya terjual sebanyak 19.9 ribu pieces dengan revenue Rp1.3 miliar dari Shopee.

Baru berusia 2 tahun di tahun 2023 ini, brand Makuku sudah langsung meroket menduduki posisi ke 3 dalam top 5 brand popok bayi terbaik. Apa yang membuat produk Makuku melesat ke jajaran top brand dalam waktu singkat?

Baru-baru ini Makuku menerima 2 penghargaan MURI karena berhasil membuat inovasi produk popok sekali pakai (disposable pants) paling tipis hanya 1,6 mm dan produk popok dengan fasilitas anti gumpal pertama dengan teknologi SAP. 

Kerjasamanya dengan selebriti Asmirandah, Dion Wiyoko, dan Chelsea Olivia ikut meramaikan persaingan pasar popok bayi tanah air, terutama di e-commerce. Makuku berhasil membedakan produknya dengan yang lain sehingga diingat selalu oleh konsumen.

4. Sweety

Popok Sweety berada di peringkat ke 4 popok bayi terbaik versi Compas Dashboard. Compas Dashboard yang dapat melihat performa brand secara real time, memantau penjualan produk Sweety di angka 4.3 ribu pieces. Penjualan pada periode April 2023 tersebut membuat Sweety mengantongi Rp641.7 juta. Dan market sharenya sekitar 10,77%.

Banner Insight

Hingga kini Sweety masih berfokus pada content marketing di Instagram. Selain konten edukasi dan promosi, Sweety juga mengadakan banyak challenge dan giveaway untuk para mama. 

Sweety juga mengadakan sebuah event yang cukup besar yaitu Sweety Amazing Baby Star 2023. Event tersebut memilih 5 pemenang–mama dan bayinya–yang berlomba untuk berpose paling baik sambil memakai produk Sweety.

5. Baby Happy

Terakhir ada brand Baby Happy dari PT Wings yang sukses menjual 1.4 ribu popok dengan pendapatan Rp93.1 juta. Pangsa pasar brand Baby Happy masih di angka 1,56%

Yang menarik dari Baby Happy adalah inisiasinya membuat campaign #FuntasticDad dengan challenge lomba foto aktivitas bayi dan papanya. Disamping itu, Baby Happy juga rutin membuat event tahunan secara offline di beberapa daerah di Indonesia.

Dalam event tersebut mengundang semua keluarga untuk playdate bersama. Dalam event Mom & Baby ini ada berbagai booth, talkshow, lomba, performance, dan banyak diskon produk Baby Happy.

Kesimpulan

Dalam industri popok bayi, kualitas produk tetaplah menjadi nomor satu dalam pertimbangan sebelum memutuskan beli. Selain menjaga dan meningkatkan kualitas popoknya, strategi marketing MamyPoko untuk mempertahankan loyalitas konsumen adalah membuat program loyalti Pokojang. 

Merries berfokus pada kualitas produknya yang sudah teruji belasan tahun dan tak pernah mengecewakan kepercayaan para mama. Merries pun tak hentinya melakukan riset agar bisa menciptakan inovasi-inovasi produk popok terbaik.

Makuku yang terbilang pemain baru dalam industri ini mampu melesat karena berinovasi di teknologi produknya. Oleh karena itu produk ini menjadi cukup hype di antara para mama dan nyatanya kualitas produk sesuai dengan promosi dan edukasi yang digaungkan.

Sweety dan Baby Happy terus berusaha menjaga posisinya dengan rutin mengadakan event. Brand-brand ini pun juga menjalankan riset mendalam untuk tetap berinovasi menghasilkan produk yang personal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.