Inilah Perbedaan e-Business dan e-Commerce
Author: Ivana Deva Rukmana
Compas.co.id – Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi membawa dampak bagi masyarakat, termasuk dalam dunia bisnis. Dari sini, kemudian muncul adanya konsep dan strategi e-business.
Perkembangan konsep e-business adalah salah satu wujud maraknya penggunaan teknologi internet pada awal hingga pertengahan tahun 1990an.
Pada perkembangan lebih lanjut, muncul suatu inovasi berupa “pasar virtual” bernama e-commerce yang dalam praktiknya dibuat semirip mungkin dengan keadaan pasar konvensional, mulai dari ketersediaan fitur keranjang, etalase, komunikasi dengan penjual hingga memungkinkan untuk menukar barang yang rusak.
Lantas, apa yang membuat e-Business dan e-Commerce disebut sebagai dua hal yang berbeda meskipun sama-sama memiliki wadah virtual?
Apa itu e-Business?
Secara umum, definisi dari e-business adalah kegiatan bisnis dengan melibatkan sistem informasi yang terhubung satu dengan lain dan terkomputerisasi. E-Business bisa dikatakan juga sebagai proses bisnis yang terintegrasi secara online.
Dengan begitu, semua transaksi mulai dari pemesanan, pembayaran hingga pengadaan barang dilakukan dengan meminimalisir kontak secara langsung dari pihak yang terlibat.
Apa itu e-Commerce?
Secara sedehana, e-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya.
Ada berbagai macam platform e-commerce, mulai dari aplikasi, media sosial hingga website yang dijadikan toko online.
3 Perbedaan e-Business dan e-Commerce
Walaupun memiliki beberapa kesamaan, tetapi e-business dan e-commerce tetap dianggap sebagai dua hal yang berbeda. Lantas, apa bedanya e-Business dengan e-Commerce? Simak penjelasannya di bawah ini!
1. Perbedaan Menurut Pengertian
Berdasarkan pengertiannya, e-commerce merupakan pemanfaatan jaringan internet untuk proses jual-beli, penggantian produk, dan pelayanan. Dengan kata lain, e-commerce merupakan transaksi bisnis yang meliputi transfer maupun serah-terima kepemilikan hak atas suatu barang atau jasa dengan menggunakan internet.
Adapun transaksi bisnis yang dimaksud meliputi pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet.
2. Perbedaan dari Segi Teknis
Jika dilihat dari teknisnya, e-commerce merupakan bagian dari e-business. Hal tersebut dapat dilihat dari pengertian e-business itu sendiri.
E-business merupakan semua transaksi yang terjadi di dalam bisnis online, transaksi tersebut meliputi penjualan langsung ke konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, interaksi yang dilakukan dengan mitra bisnis.
Dengan kata lain, e-business merupakan aktivitas dalam menjalin relasi dengan konsumen dan pertukaran data dalam satu perusahaan dengan memanfaatkan jaringan internet.
E-business bisa juga disebut sebagai perluasan dari e-commerce, sebab di dalamnya tidak hanya melakukan pembelian dan pembayaran barang, tetapi juga pelayanan konsumen. Jadi, dapat diartikan juga sebagai kolaborasi dengan konsumen dengan menggunakan elektronik sebagai alat.
3. Perbedaan Transaksi
Selain itu, perbedaan yang mendasar adalah dalam transaksinya. E-commerce berorientasi pada transaksi perolehan uang yang melibatkan pertukaran uang.
Di sisi lain, e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang bersifat abstrak (misal: kepercayaan dan pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, serta penanganan kasus sosial lainnya) dan semua aspek dalam berbisnis yang di dalamnya termasuk perancangan dan pemasaran produk, manajemen pemasok, dan lain sebagainya.
Kesimpulan
Usai tuntas menyimak pembahasan di atas, kini Anda tentu tak bingung lagi dalam membedakan e-business dan e-commerce, bukan?
Dengan memiliki pemahaman akan perbedaan e-business dan e-commerce, Anda jadi lebih terarah dalam menentukan platform yang tepat untuk menjajakan produk bisnis online Anda.
Namun, perlu diingat bahwa selain pemilihan platform yang tepat, Anda juga harus melakukan riset pasar terlebih dulu untuk mengetahui respons konsumen terhadap produk yang akan dijual.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!
Source: Dashboard Compas.co.id