logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
penjualan teh botol sosro

Trending Twitter! Teh Botol Sosro vs Teh Pucuk Harum, Siapa Juaranya di E-commerce?

Trending Twitter! Teh Botol Sosro vs Teh Pucuk Harum, Siapa Juaranya di E-commerce?

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Beberapa waktu lalu, dua brand teh lokal ternama tengah jadi topik perbincangan hangat. Hal ini bermula dari thread @belajarlagiHQ yang menjelaskan 4 strategi Teh Pucuk Harum yang berhasil menyaingi Teh Botol Sosro. 

Berdasarkan survei Top Brand Index (TBI), skor yang diraih Teh Pucuk Harum memang lebih tinggi ketimbang Teh Botol Sosro. Masing-masing skornya, yakni 32,6% dan 20,1% dengan kategori offline dan online

Sontak, hal ini mengundang perhatian netizen mengingat Teh Botol Sosro dikenal sebagai pioner teh siap minum sejak dulu. Thread tersebut juga ramai dipenuhi argumen para netizen akan pilihan brand teh yang difavoritkan. 

Sebagai e-commerce monitoring tools yang berpengalaman memantau performa brand, topik ini pun menarik perhatian Tim Compas untuk melakukan riset data penjualan kedua brand teh tersebut. Mari simak data selengkapnya berikut ini. 

Riset Compas Dashboard: Performa Teh Botol Sosro Lebih Unggul di E-commerce!

penjualan teh botol sosro

Melalui riset dengan metode crawling di Shopee dan Tokopedia, ditemukan -/+ 415 listing produk Teh Botol Sosro dan -/+ listing produk Teh Pucuk Harum sepanjang periode Januari – Juni 2022. 

Data Compas Dashboard menunjukkan, Teh Botol Sosro lebih unggul ketimbang Teh Pucuk Harum dengan 12.3K produk selama semester I 2022. Produk teh terlaris dari brand ini adalah Teh Botol Sosro Kotak 1 L yang laku terjual sebanyak 1.140 produk. 

Sementara Teh Pucuk Harum hanya mencetak penjualan hingga 9.9K produk. Produk terlarisnya, yakni Teh Pucuk Harum Jasmine 350 ml yang mengantongi penjualan sebanyak 460 produk. 

Secara branding, sebenarnya Teh Botol Sosro sudah tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Brand yang populer dengan tagline “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro” ini sudah berdiri sejak 1969 di bawah naungan PT Sinar Sosro. 

Jika dibandingkan dari segi umur, tentu Teh Pucuk Harum kalah telak karena baru berdiri pada tahun 2011 melalui PT Mayora Indah Tbk. Kendati demikian, brand teh ini begitu progresif performanya karena mampu bersaing ketat dengan Teh Botol Sosro. 

Hal ini tak lepas dari serangkaian strategi yang dijalankan Teh Pucuk Harum. Mulai dari kemasan yang praktis, harga terjangkau dengan produk berkualitas, hingga pemasaran offline secara intensif. 

Strategi Teh Pucuk Harum juga dikuatkan dengan branding melalui tagline “Rasa teh terbaik ada di pucuknya”. Dengan ikon Ulat Bulu dan sebutan “Pucuk, pucuk” yang terkesan unik, brand ini sukses menguatkan citranya di masyarakat. 

Di sisi lain, Teh Botol Sosro tak tinggal diam dalam menghadapi ketatnya persaingan industri teh kemasan di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari ragam inovasi yang diluncurkan terutama dari segi kemasan yang makin beragam. 

Jika ditelusuri, pemain dalam industri teh kemasan ini tidak hanya dari kedua brand tersebut. Masih banyak brand-brand teh lainnya yang tidak kalah strategi bisnisnya, bahkan pemain luar pun turut memasuki pasar teh dalam negeri. 

Lantas, bagaimana performa brand teh lainnya di e-commerce? Temukan data selengkapnya melalui fitur Compas Dashboard dan pantau kompetitor secara real time!

Kesimpulan

Melalui data dan analisis strategi kedua brand teh tersebut, dapat dilihat bahwa pergerakan bisnis begitu dinamis seiring munculnya berbagai kompetitor baru. Menariknya, Teh Botol Sosro berhasil mengambil langkah tepat dalam strateginya sehingga bertahan unggul di industri teh kemasan ini. 

Kondisi ini juga berlaku bagi setiap sektor bisnis sehingga perusahaan perlu waspada terhadap perubahan tren dan pergerakan kompetitor. Sebab itu, perkuat posisi bisnis perusahaan melalui riset pasar yang akan memperjelas dan mempermudah Anda melihat peluang pasar.

Melalui data Compas Dashboard, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.