penjualan lip tint lokal

7 Brand Lip Tint Lokal Memimpin Penjualan di Shopee dan Tokopedia: Ini Data Penjualannya

Author: Farah Ramadhani

Produk lokal saat ini banyak digemari oleh masyarakat, terutama pada kategori kecantikan seperti serum, foundation, hingga lip tint lokal. Hal ini dibuktikan oleh penjualan produk lokal yang meningkat 2 kali lipat di akhir 2020.

Kepopuleran produk lokal dikuatkan oleh data yang berhasil dikumpulkan oleh tim internal Compas terkait penjualannya di Shopee dan Tokopedia, khususnya pada kategori lip tint. Pada kategori tersebut, brand terlarisnya dikuasai oleh perusahaan kecantikan lokal. 

Tim internal Compas berhasil mendata urutan brand yang memiliki market share atau jumlah penjualan yang tinggi di Shopee dan Tokopedia periode penjualan 1-15 Agustus 2021. Simak daftar brand lip tint lokal terlaris di bawah ini.

Brand Lip Tint Lokal Terlaris Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 Agustus 2021

1. Implora

Berawal dari perusahaan yang menyediakan parfum pada tahun 2002, Implora kini menjual berbagai macam kosmetik. Pada pasar lip tint, Implora berhasil meraih market share tertinggi, yaitu 32.8%.

Implora Cheek & Lip Tint berhasil menempati peringkat kedua produk terlaris untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Agustus 2021. Selain berfungsi sebagai kosmetik bibir, lip tint lokal ini juga mengandung vitamin C dan Omega 3,6,9 yang baik untuk kesehatan bibir.

2. Emina

Emina merupakan penyedia produk kecantikan yang aman untuk remaja usia 12 tahun ke atas. Pada kategori lip tint, merek lokal ini berhasil meraih peringkat kedua dengan 11.4% marketshare.

Dilansir dari official storenya di Shopee dan Tokopedia, Emina memiliki 3 jenis produk lip tint. Emina Glossy Stain Lip Tint merupakan produk yang berhasil menempati peringkat 8 di produk lip tint terlaris.

3. Madame Gie

Dengan brand ambassador Giselle Anastasia, Madame Gie berhasil meraih peringkat ketiga di kategori lip tint terlaris periode 1-15 Agustus 2021. Brand lokal ini memiliki market share sebesar 8.6%.

Produk Madame Gie Madame LiPill – Lip Tint berhasil menempati peringkat pertama produk terlaris di Shopee dan Tokopedia. Dengan oil-based formula, produk lokal ini diklaim tidak membuat bibir kering.

4. Secondate

Dirilis tahun 2020 lalu, Secondate sempat meramaikan pasar lip tint karena saat launching berhasil menjual 10 ribu produk dalam 7 menit melalui situs resminya. Brand lokal yang didirikan oleh Titan Tyra dan Gitta Amelia ini memiliki 2.7% market share untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia.

Produk  Secondate Milky Gel Lip Tint mengandung castor oil sehingga tidak membuat bibir kering ketika dipakai. Pilihan warnanya pun sesuai dengan kulit wanita Indonesia, mulai dari warna peach hingga merah keunguan.

5. Raecca

Raecca merupakan merek lokal yang berdiri pada tahun 2018 lalu. Baru merilis produk lip tint pada bulan Juli 2021, Raecca telah meraih market share sebesar 2.5% pada periode penjualan 1-15 Agustus 2021.

Raecca Glow Up Tint juga meraih posisi 6 untuk lip tint terlaris di Shopee dan Tokopedia. Produk lokal ini memang cukup populer di Instagram karena memiliki kandungan Hyaluronic Acid yang berfungsi untuk melembabkan bibir.

6. Y.O.U

Y.O.U merupakan singkatan dari Youthful, Outstanding, Unique. Brand lokal ini rilis pada tahun 2018 silam. Pada periode 1-15 Agustus 2021, Y.O.U meraih 2.5% market share di kategori lip tint.

The Simplicity Love You Tint merupakan produk lip tint dari Y.O.U yang menawarkan 6 varian warna. Formulanya di desain agar cepat kering dan tidak lengket di bibir. Tentunya, semua produk Y.O.U juga sudah terdaftar BPOM. 

7. Luxcrime

Brand lokal terakhir yang berhasil masuk daftar lip tint terlaris adalah Luxcrime dengan 2.1% market share. Berdiri pada tahun 2015, Luxcrime memiliki tujuan utama meningkatkan kepercayaan diri wanita Indonesia.

Pada pasar lip tint, Luxcrime memiliki produk Ultra Light Lip Stain. Lip tint lokal ini mengandung 3 jenis bahan utama yang berfungsi untuk menjaga bibir tetap lembab, yaitu Jojoba seed oil, Macademia seed oil, dan Glycerin.

 

Masyarakat Indonesia saat ini mulai beralih untuk menggunakan produk lokal. Survey oleh KataData yang dirangkum melalui suara.com menyatakan bahwa 82,3 persen responden memilih untuk menggunakan produk kosmetik lokal dibanding brand asing.

Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mendukung produk lokal merupakan salah satu alasan dibalik meningkatnya penjualan brand asal  Indonesia di berbagai e-commerce. Pada artikel ini, tim Compas telah melakukan riset di pasar lip tint dan menemukan dari 10 brand terlaris di Shopee dan Tokopedia, terdapat 7 merek lokal yang bersaing.

Data di atas didapat dari riset internal tim Compas dengan metode online crawling di Shopee dan Tokopedia. Kriteria yang digunakan merupakan official dan non official store yang memiliki rating di atas 4. Pengambilan data dilakukan untuk periode 1-15 Agustus 2021 saja.

Ingin melihat data penjualan lebih jauh? Compas Dashaboard menampilkan data seputar penjualan di kategori yang Anda inginkan. Data yang akan diperoleh adalah penjual terlaris, produk terlaris, brand terlaris, total penjualan, hingga total transaksi. Anda juga bisa mengatur sendiri periode data yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan Compas Dashboard, Anda dapat menganalisa kompetitor untuk penyusun strategi penjualan online yang tepat. Tunggu apa lagi, dapatkan produk Compas melalui link ini atau follow Instagram Compas dan DM kami di link ini.


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.