logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
parfum pria terlaris

Compas Data Market Insight: Aroma Kemenangan Top 7 Brand Parfum Pria Terlaris di Indonesia

Compas Data Market Insight: Aroma Kemenangan Top 7 Brand Parfum Pria Terlaris di Indonesia

Author: Salsabila

Compas.co.id – Data market insight dari Fortune Business Insights menunjukkan pasar parfum global bernilai $48.85 miliar pada 2022. Pasar ini diproyeksikan tumbuh dari $48.05 miliar pada tahun 2023 menjadi $69.25 miliar pada tahun 2030, dengan persentase pertumbuhan per tahun sebesar 5,36% selama periode forecasting.

Sedangkan di Indonesia sendiri, data dari Statista memproyeksikan revenue di segmen parfum bernilai $0.43 miliar pada tahun 2023. Pasar tersebut dikatakan akan bertumbuh sebesar 2,69% per tahun pada periode forecasting 2023-2027.

Banner Insight

Artikel di bawah ini menginformasikan data market insight kategori Parfum Pria. Compas DashboardFMCG e-commerce data market insight tools–digunakan untuk mendapatkan data performa bisnis top 7 brand parfum pria di e-commerce Indonesia, yakni Tokopedia pada periode 1-15 Mei 2023. 

Fitur dan filter unggulan yang diaplikasikan pada Compas Dashboard antara lain fitur top seller, fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type.

Laris Ribuan Pieces: 7 Parfum Pria Terlaris di Indonesia Ini Kuasai E-commerceparfum pria terlaris

1. Barristama

Compas Dashboard mencatat penjualan parfum Barristama sebanyak 12.6 ribu pieces atau sekitar Rp351.3 juta revenue. Market share parfumnya sekitaran angka 10,93% dengan sales volume 21,94%.

Dari content marketing-nya, terlihat Barristama memiliki visual menarik. Barristama menggunakan aset gambar dan foto yang menarik dan estetis dalam feed mereka. Setiap postingan memiliki pencahayaan yang baik, komposisi yang menarik, dan pemilihan warna yang sesuai. Hal ini membantu menarik perhatian audiens Instagram dan membuat Barristama terlihat profesional dan menarik secara visual.

Banner E-Commerce Report

2. Miniso

Miniso menjadi juara 2 parfum pria terlaris di Indonesia dengan penjualan 9.8 ribu pieces. Pendapatan Miniso dari penjualan parfum prianya ini sebanyak Rp530.5 juta. Sales volume-nya sendiri sekitar 16,95% dan di periode 1-15 Mei 2023 pangsa pasar parfum prianya sebesar 16,50%.

Miniso merupakan brand retail yang menjual berbagai macam barang kebutuhan rumah tangga, elektronik, kecantikan, dan berbagai aksesoris hingga produk parfum. Dan diketahui dari data Compas Dashboard di atas, parfum Miniso berhasil masuk top 5 brand parfum pria terlaris. 

Dalam industri parfum, kualitas parfum merupakan faktor kunci yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Aroma parfum Miniso yang beragam dan unik menjadi daya tarik konsumen. Apalagi sudah terkenal jika produk Miniso berharga ramah di kantong sehingga membuat orang tak segan loyal terhadap parfumnya.

3. Kahf

Parfum pria terlaris di Indonesia nomor 3 adalah brand Kahf yang mengantongi pendapatan hingga Rp507.1 juta hanya dari produk parfumnya. Kahf tercatat berhasil melariskan 5.6 ribu pieces parfum. Pangsa pasar parfum Kahf sebesar 15,77% dan sales volume-nya di angka 9,66%.

Strategi Kahf yang sekiranya bisa menjadikannya juara 3 parfum pria antara lain fokus pada konten yang berkualitas tinggi dan menarik. Kahf menggunakan foto dan video visual yang menarik, maskulin, dan estetis, sesuai dengan maskulinitas brand-nya. 

Kahf pun mempertahankan konsistensi visual dalam feed Instagramnya. Kahf memakai tema, warna, dan gaya yang konsisten untuk membangun brand identity yang kuat dan mudah dikenali.

Strategi influencer marketing yang relevan dengan brand image-nya pun tak dilupakan Kahf. Influencer dan/atau selebriti dapat membantu memperluas jangkauan brand dan memberikan rekomendasi kepada audiens mereka.

4. Morris

Morris menempati urutan ke-4 brand parfum pria terlaris di Indonesia dengan market share 3,82%. Pada periode 1-15 Mei 2023 parfumnya ludes sebanyak 4.4 ribu pieces dan meraih pendapatan Rp122.8 juta. Sales volume parfum pria Morris sebesar 7,56%.

Morris membangun hubungan yang kuat dengan audiensnya sehingga bisa meningkatkan loyalitas mereka. Parfum-parfum yang ditawarkannya pun beragam dan memiliki aroma-aroma yang unik sesuai dengan preferensi konsumennya. Oleh karena itu produknya menjadi lebih personal karena memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.

5. Evangeline

Parfum pria Evangeline laris 3.7 ribu pieces dari official store-nya di Shopee dan Tokopedia. Dari penjualan itu, pendapatan Evangeline mencapai Rp102 juta dengan pangsa pasar 3,17%. Sales volume parfum prianya sebanyak 6,43%.

Evangeline membangun brand identity yang kuat dan konsisten sehingga membantu brand dalam mengomunikasikan pesan marketing yang jelas kepada audiens. Produk Evangeline sendiri sudah hadir secara fisik di toko-toko retail Indonesia sehingga brand awarenessnya cukup tinggi. 

6. AXE

Selanjutnya AXE meraih pendapatan Rp35.2 juta pada 2 minggu pertama bulan Mei 2023. Parfum AXE menjadi incaran di e-commerce dan berhasil di-check out sebanyak 2.1 ribu pieces. Adapun sales volume-nya 3,61% dan pangsa pasar AXE di angka 1,10%.

AXE terkenal dengan produk-produk perawatan pria mereka, dan melalui content marketingnya, terlihat bahwa AXE mengarahkan segmen pasar mereka kepada pria muda yang aktif. Strategi ini mengacu pada pemahaman mereka tentang audiens target mereka dan menyesuaikan konten dan pesan merek dengan minat dan gaya hidup pria muda tersebut.

AXE berusaha membangun kekuatan brand mereka melalui campaign iklan yang mengandalkan daya tarik seksual dan kepercayaan diri. Content marketing AXE mencerminkan elemen ini dengan menyoroti citra pria yang maskulin dan percaya diri. Strategi ini berusaha membangun asosiasi antara brand dengan daya tarik pria dan membantu menciptakan brand image yang kuat.

7. Morabito

Brand parfum pria terlaris di Indonesia nomor 7 ada Morabito yang berhasil melariskan 1.6 ribu pieces parfum dan sukses meraih pendapatan Rp16.3 juta. Pangsa pasar parfum Morabito sebesar 0,51% dengan sales volume sebanyak 2,86%.

Brand yang berada di bawah naungan PT Aroma Prima Livindo ini merupakan brand parfum yang dibanderol dengan harga ramah di kantong. Harganya yang murah dan aromanya yang sesuai dengan selera konsumen menjadikan Morabito salah satu brand parfum incaran di e-commerce.

Kesimpulan 

Dari paparan di atas terdapat beberapa kesimpulan tentang faktor-faktor yang membantu 7 brand parfum pria meraih popularitas dan penjualan yang tinggi. Kualitas parfum yang baik, aroma yang menarik dan ketahanan parfum menjadi faktor penting dalam industri parfum. 

Strategi pemasaran yang efektif juga berperan penting. Jajaran brand menggunakan content marketing yang menarik dengan visual yang estetis dan konten yang relevan dengan target audiens mereka. Mereka juga menggabungkan penggunaan strategi influencer marketing dan konsistensi dalam membangun brand identity yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.