logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Minyak Telon 2021

Waspada! Minyak Telon Bisa Tenggelam di Tahun 2021 Kalau Tidak Masuk Top 5 Transaksi di Marketplace

Waspada! Minyak Telon Bisa Tenggelam di Tahun 2021

Author : Valerie Joan

Bagi para orangtua di Indonesia, minyak telon merupakan salah satu barang wajib yang diberikan untuk bayi, khususnya setelah mandi. Selain aromanya yang khas, minyak telon juga bisa memberikan kehangatan dan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Oleh karena itu minyak telon tentunya juga menjadi produk yang penjualannya bersaing ketat di pasaran, khususnya di kategori perlengkapan bayi.

Minyak Telon Masih Jadi Jawara Sementara

Berdasarkan data yang dikumpulkan Compas.co.id, penjualan minyak telon masih menguasai pasar online alias marketplace di kategori baby needs pada penghujung tahun 2020. Dengan market share sebesar 41%, melampaui produk-produk kebutuhan bayi lainnya seperti baby wipes alias tisu basah di 24%, serta shampo/lotion rambut bayi di 12%.

3 Kategori Baby Needs yang Menguasai Marketplace Desember 2020

Bagi para pengusaha atau brand minyak telon, tentunya untuk saat ini boleh bernafas lega. Namun juga harus mempersiapkan strategi untuk lebih gencar memasarkan produknya supaya tetap merajai kategori baby needs, atau setidaknya tetap berada di Top 5 transaksi di marketplace.

Di kategori minyak telon sendiri, My Baby kokoh di puncak penjualan dengan 42% dari total transaksi di bulan Desember, diikuti oleh Cessa dengan 15%, dan Cap Lang 14%.

Bagi pengusaha besar maupun kecil, kategori produk kebutuhan bayi merupakan salah satu bagian dari pasar FMCG yang sangat menarik dan menguntungkan untuk dimasuki. Bagaimana tidak, total transaksi kategori ini di bisa mencapai lebih dari 25 miliar dalam satu bulannya di marketplace*.

Baca juga : Top 5 Penjualan Alat Kebutuhan Bayi di Marketplace

Transaksi Harbolnas Lampaui Natal-Tahun Baru

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh brand untuk memaksimalkan penjualan di marketplace. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan campaign pesta belanja bulanan di tanggal cantik seperti 10.10 di bulan Oktober, 11.11 di November, serta pesta belanja puncak di Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.

Berdasarkan pemantauan tim Compas di bulan Desember 2020, jumlah transaksi tertinggi terjadi pada momen kampanye Harbolnas yaitu sebanyak 60%, jauh melampaui momen libur Natal (12%) dan tahun baru (26%). 

Transaksi Harbolnas Lampaui Natal dan Tahun Baru

Untuk dapat menyusun strategi terbaik, pastikan brand atau tokomu mengetahui market share milikmu maupun kompetitor. Di momen awal tahun 2021, pastikan semuanya terukur untuk bisa jadi jawara di marketplace dengan e-commerce market insight dari Compas.co.id. 


*Compas Market Insight periode 1-31 Desember 2020 berdasarkan total transaksi kategori Perlengkapan Bayi di Tokopedia dan Shopee.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.