logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Mind Mapping Dalam Bisnis: Simak Pengertian, Tujuan, Hingga 5 Manfaatnya dalam Menjalankan Bisnis

Mind Mapping Dalam Bisnis: Simak Pengertian, Tujuan, Hingga Manfaatnya dalam Menjalankan Bisnis 

Author : Nimas Cemara

Compas.co.id – Memiliki bisnis yang sukses merupakan impian bagi semua orang, namun kenyataannya hal tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan. Tentu menjalankan sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah terutama bagi kamu yang baru merintisnya dari nol.

Berbicara soal bisnis, pasti tidak lepas dengan istilah konsep, strategi hingga action ketika di lapangan. Tak jarang banyak pemula dalam bisnis gagal untuk meneruskan bisnisnya  karena tidak dibekali dengan persiapan yang matang. Dalam mengatasi kegagalan tersebut kamu bisa membaca terkait strategi launching produk bagi pemula yang telah ditulis oleh tim Compas.

Melihat fenomena tersebut, di zaman modern seperti ini, semua hal terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Terutama dengan melihat banyaknya inovasi, baik dalam bidang teknologi maupun metode baru dalam dunia bisnis, semua hal menjadi semakin mudah. Salah satunya metode yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan metode Mind Mapping dalam bisnis untuk membantu kamu lebih mudah dalam melakukan perencanaan. 

Lalu, apa sebenarnya mind mapping dalam bisnis? Seberapa penting mind mapping dalam membantu melakukan perencanaan bisnis? Untuk lebih jelasnya, tim Compas telah merangkumnya untuk kamu. Simak, yuk, artikelnya sampai habis.

Apa itu Mind Mapping Dalam Bisnis? 

Apakah kamu sudah familiar dengan metode mind mapping dalam bisnis? Metode mind mapping tidak hanya digunakan pelajar/mahasiswa untuk belajar, tapi juga bisa digunakan untuk mengambil keputusan bisnis, lho!

Mind mapping adalah sebuah teknik yang menggabungkan otak bagian kanan dan kiri untuk menerima berbagai macam ide baru. Visual yang dibuat dalam mind mapping dapat membantu kamu untuk mengatur informasi yang baru diterima dan menentukan tema besar yang ada dalam pembahasan tersebut.

Tujuan Mind Mapping Dalam Bisnis

Tujuan dari mind mapping dalam bisnis sendiri adalah agar mempermudah seseorang dan tidak cepat bosan untuk melihat rancangan bisnisnya dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Secara umum, mind mapping akan membantu kamu membaca dan mempresentasikan sebuah konsep dalam bisnis lebih singkat dan akurat.

Setelah mengetahui apa itu mind mapping khususnya untuk perencanaan bisnis, apakah siap untuk menerapkannya? Jika masih ragu, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu manfaat dari menerapkan mind mapping dalam perencanaan bisnis kamu.

Manfaat Mind Mapping Dalam Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, menerapkan metode mind mapping dalam bisnis dapat mempermudah kamu membuat perencanaan bisnis. Namun, lebih dari itu ternyata masih banyak manfaat lain dari mind mapping diantaranya sebagai berikut: 

1. Mempermudah pemahaman objektif bisnis dan mengatur business project

Menggunakan mind map akan sangat membantu kamu dalam memahami suatu konsep yang rumit. Dengan bantuan mind map yang hanya terfokus pada beberapa kata kunci dan inti materi, kamu dapat lebih mudah memahami dan mengingat materi bisnis.

Selain itu, mind map juga dapat membantu kamu untu mengatur berbagai jenis tugas dan projek. Karena tugas dan projek dalam suatu perusahaan tidak mungkin hanya ada satu, kamu dapat melihat PIC dan projek yang sedang terjadi di suatu tim atau bahkan seluruh perusahaan.

2. Meningkatkan kinerja tim

Masih menyambung dari poin sebelumnya, karena mind map dapat membantu untuk mengatur tugas atau projek, maka mind map dapat membantu anggota tim untuk melihat tugas apa yang sedang dijalankan.

Dengan bantuan “peta” atau mind map yang menuntun anggota tim untuk menyelesaikan tugas mereka, kegiatan operasional tim dapat berjalan dengan lancar dan akan menghasilkan peningkatan kinerja tim. Sebuah survei menunjukkan bahwa mind map dapat meningkatkan produktivitas tim hingga 30%.

3. Membantu mengingat hal yang penting dan prioritas

Peningkatan kinerja tim juga dapat terjadi karena anggota tim mampu mengingat hal yang penting dan prioritas dengan bantuan mind map. Saat membuat mind map, kamu bisa mencoba menggunakan bentuk atau warna-warna menarik yang membuat kamu semakin mudah mengingat poin penting.

4. Peningkatan produktivitas kerja

Dengan menggunakan bentuk dan warna yang bisa kamu pilih sendiri, mind mapping dalam bisnis juga membantumu untuk merangsang kreativitas. Berdasarkan sebuah survei, mind map membantu meningkatkan kreativitas sebesar 50%. 

Mulai dari hal-hal kecil seperti memilih warna dan bentuk, kreativitas kamu dapat terbentuk seiring berjalannya waktu!

5. Pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

Karena mind mapping dapat membantumu untuk memahami objektif bisnis dan mengatur proyek bisnis, selanjutnya adalah mind map siap membantumu mengambil keputusan bisnis. Dengan pemahaman dan skill mengatur tugas/projek, kamu dapat semakin mudah untuk mengambil keputusan.

Kesimpulan

Apakah kamu tertarik untuk menerapkan metode mind mapping dalam bisnis? Mind map bisa kamu gunakan sebagai alat dalam memahami konsep, baik itu perencanaan bisnis ataupun keputusan bisnis yang lebih baik.

Compas juga dapat membantu kamu untuk mengambil keputusan bisnis lebih baik, lho. Melalui Compas Dashboard, kamu dapat melihat data historis brand yang berguna untuk mengambil strategi pasar untuk produk yang akan kamu pasarkan. Dengan mengetahui data dan menganalisa data tersebut, kamu dapat mengambil langkah keputusan bisnis yang tepat sasaran.

Selain data historis brand, kamu juga dapat melihat market insight dan data lainnya seperti total sales quantity, market share, list top brands, top product listings, dan top sellers

Dengan mind mapping dan Compas Dashboard, bisnis online-mu semakin siap untuk mengambil keputusan yang lebih mantap. 

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.