logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
merek masker wajah

Compas Data Market Insight: 7 Merek Masker Wajah Terlaris Agar Kulit Sehat

Compas Data Market Insight: 7 Merek Masker Wajah Terlaris Agar Kulit Sehat

Author: Nimas Cemara

 

Compas.co.id – Di antara berbagai skincare yang kerap bermunculan, produk masker wajah telah menjadi salah satu produk skincare yang paling diminati di platform Shopee dan Tokopedia. 

 

Sudah dianggap sebagai salah satu basic skincare, masker wajah menghadirkan berbagai manfaat seperti membersihkan pori-pori, mengangkat kotoran dan minyak berlebih, serta memberikan kelembaban dan nutrisi yang diperlukan oleh kulit.

 

Berdasarkan data 2022 FMCG E-commerce Market Insight, kategori Perawatan Wajah hadir dengan market share 39,5%. Lantas, bagaimana dengan subkategori Masker Wajah yang berada di dalam kategori tersebut?

Banner Insight

Artikel di bawah ini menginformasikan mengenai performa top 7 brand masker wajah di Shopee & Tokopedia. Compas DashboardFMCG e-commerce data market insight tools–digunakan untuk mendapatkan data e-commerce market insight pada periode 1-15 Mei 2023 menggunakan beberapa fitur dan filter unggulan antara lain fitur top seller, fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type.

Data Top 7 Merek Masker Wajah Terlaris di Shopee & Tokopedia

merek masker wajah

1. Skintific

Skintific, merek teratas dalam tabel, mengalami sedikit penurunan penjualan sebesar -4,74% dan memengaruhi penurunan revenue sebesar -2,03%, menunjukkan adanya penurunan performa yang signifikan. Namun, di periode 1-15 Mei 2023, pasar Skintific masih cukup kuat dengan menjual 48.3K produk, setara dengan revenue Rp4.5 miliar, dan meraih market share di angka 34,35%.

 

Salah satu produk masker wajah dari Skintific yang terkenal adalah produk masker wajah Mugwort. Produk ini terkenal di kalangan customer dengan kulit rawan jerawat. Kemudian, di laman Instagramnya, konten reguler dengan foto produk yang sangat memanjakan mata sangat menarik perhatian dan menciptakan daya tarik visual yang kuat

 

Compas Dashboard yang menggunakan real-time market insight data di e-commerce memungkinkan brands untuk memantau performa kompetitor. Dengan data real-time, Skintific dapat menyesuaikan strategi untuk tetap bersaing di e-commerce.

2. Eileen Grace

Selanjutnya di peringkat 2, Eileen Grace dengan klaim brand “No. 1 Jelly Mask di Indonesia” mengalami kenaikan yang signifikan dalam kuantitas penjualan sebesar +30,52% dan revenue sebesar +35,21%. 

 

Compas Dashboard memantau Eileen Grace berhasil menjual habis produknya sebanyak 4.7K item dengan revenue sebesar Rp1.6 miliar. Market share yang berhasil diraih mencapai 11,99%. Hal ini menunjukkan bahwa Eileen Grace telah berhasil menarik perhatian pelanggan dengan produk-produk mereka. 

Banner E-Commerce Report

3. The Originote

Di urutan ketiga, berdasarkan data Compas Dashboard, The Originote hadir dengan mencatat pertumbuhan yang luar biasa dengan penjualan naik +150,18% dan revenue meningkat +134,41%. Brand skincare yang sedang viral ini sangat menunjukkan kepopuleran mereka yang sedang naik daun dengan menjual 23.1K produk setara dengan revenue Rp779.3 juta dan market share 5,99%.

4. Polynia

Data real-time Compas Dashboard pun juga memantau brand Polynia yang turut mengalami peningkatan penjualan yang positif. Brand ini mengalami growth penjualan sebesar +34,14% dan growth revenue 24,62%.Compas Dashboard melihat Polynia laris menjual 2.3K produk dengan revenue sebesar Rp605.6 juta dan market share 4,66%.

 

Dengan klaim “Cream Mask Organic No. 1 di Indonesia,” Polynia mengedepankan produk masker dengan tekstur krim yang berasal dari 100% bahan organik dan tidak mengandung paraben. Karena itu, brand ini pun aman bagi kaum vegan.

5. Garnier

Di urutan kelima, tidak jauh dari Polynia, penjualan brand Garnier juga mengalami peningkatan. Penjualan brand ini meningkat +28,34%. Namun, pertumbuhan revenuenya tidak sebesar itu. Garnier hanya mengalami kenaikan pendapatan +1,90%. 

 

Compas Dashboard melihat Garnier berhasil menjual ludes 4.3K produk masker wajah dan menghasilkan revenue Rp428.3 juta serta market share 3,29%.

6. Innisfree

Brand asal Korea, Innisfree, juga mencatat pertumbuhan yang baik dengan kenaikan penjualan sebesar +37,24% dan revenue meningkat +63,90%. Pertumbuhan yang kuat ini menunjukkan bahwa Innisfree masih tetap eksis di pasaran. 

 

Selama periode awal Mei, Compas Dashboard menunjukkan Innisfree sukses menjual 2.4K masker wajah dan meraih revenue Rp318.5 juta serta pangsa pasar mencapai 2,45%.

 

Saat ini, Innisfree tengah bekerja sama dengan Jang Wonyoung, idol Korea yang sedang naik daun, sebagai Brand Ambassador. Selain itu, Innisfree pun juga turut bekerja sama dengan artis dalam negeri seperti Bryan Domani dan Megan Domani dengan menampilkan video kedua artis berbagi info tentang produk favorit mereka dari Innisfree.

7. Whitelab

Last but not least, Whitelab mengalami peningkatan yang sangat signifikan! Whitelab meraih peningkatan penjualan sebesar +164,90% dan revenue meningkat sebesar +142,60%. 

 

Walau di urutan ke-7, Compas Dashboard melihat Whitelab menjual 5.7K produk dan meraih revenue Rp301.6 juta dengan angka market share mencapai 2,32%.

 

Brand yang lebih terkenal dengan kehadiran serum dan moisturizer ini pun pelan-pelan turut mendominasi pasar masker wajah. Produk masker andalan dari Whitelab adalah Mugwort Pore Clarifying Mask, Bamboo Charcoal Brightening Gel Mask, dan Heartleaf Acne Soothing Gel Mask. Ketiga produk ini “dipamerkan” dalam laman Instagramnya dengan preview tekstur asli produk.

Kesimpulan 

Dalam keseluruhan, meskipun beberapa merek mengalami penurunan dalam kuantitas penjualan dan pendapatan, ada juga merek yang mencatat pertumbuhan yang signifikan seperti Eileen Grace dan Whitelab. Pangsa pasar menjadi cerminan dari performa merek tersebut di pasaran. Dengan menganalisis data ini, para pelaku bisnis dapat memahami tren dan membuat keputusan strategis untuk memperkuat posisi merek mereka dalam industri yang kompetitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.