masker wajah terlaris

10 Masker Wajah Terlaris Shopee dan Tokopedia: Brand Lokal Memimpin!

Author: Farah Ramadhani

 

Riset studi oleh Kantar Indonesia menemukan bahwa pertumbuhan industri skincare atau perawatan tubuh mengalami peningkatan sekitar 3% sejak awal pandemi atau kuarter pertama 2020 hingga saat ini. Kenaikan ini diperkuat dengan banyaknya rekomendasi masker wajah dan perawatan wajah lain oleh para pengguna sosial media.

Ditambah lagi, brand lokal saat ini sudah semakin berkembang dan semakin diminati masyarakat khususnya di era pandemi ini. Fakta ini diperkuat dengan hasil riset data penjualan masker wajah di Shopee dan Tokopedia oleh tim Compas. 

Data penjualan tersebut menunjukkan 6 dari 10 brand masker wajah terlaris ditempati oleh merek lokal. Simak daftar selengkapnya di artikel ini, ya.

Masker Wajah Terlaris Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 Agustus 2021

top brand masker terlaris

Apa yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli produk masker di e-commerce? Review produk, rating toko dan performa penjualan produk tentu menjadi bagian dari poin penting pertimbangannya.

Dalam artikel kali ini, tim Compas telah merangkum market share masker wajah berdasarkan sales revenue atau total penjualan brand tertinggi. Data yang didapat berdasarkan riset pada ±255 ribu listing  produk kategori Masker Wajah di Shopee dan Tokopedia official dan non-official store periode 1-15 Agustus 2021. Berikut uraiannya.

1. Camille

Camille merupakan brand lokal penyedia masker bubuk organik yang berhasil menempati peringkat pertama masker wajah terlaris dengan 11.9% market share. Ada 6 varian yang ditawarkan masker Camille sesuai fungsinya, yaitu lemon, coklat, greentea, milk, coffee, dan strawberry.

2. Tiens

Merupakan perusahaan multinasional, Tiens mulai masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2000. Pada kategori masker wajah, Tiens berhasil meraih market share 9.5% untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Agustus 2021.

3. Lea Gloria

Brand lokal kembali menyusul di peringkat ketiga, yaitu masker Lea Gloria dengan 4.3% market share. Tak hanya masker bubuk organik, Lea Gloria juga memiliki varian masker peel off dan sheet mask.

4. Innisfree

Innisfree merupakan merek skincare asal Korea yang baru masuk pasar kecantikan Indonesia di tahun 2017 lalu. Untuk penjualan masker wajah di Shopee dan Tokopedia selama periode 1-15 Agustus 2021, brand ini berhasil mendapat market share 3.1%.

5. Breylee

Penyedia skincare asal Tiongkok, Breylee, menduduki peringkat berikutnya dengan 3.0% market share. Produk masker dari Breylee antara lain eye mask, sheet mask, dan masker anti-komedo.

6. Ms Glow

Peringkat keenam memiliki market share sebesar 2.7% dan ditempati oleh brand lokal MS Glow. Telah memiliki cabang di 11 kota besar Indonesia, varian masker yang dimiliki brand lokal ini meliputi Clay Mask Charcoal dan Greentea, serta MS Glow Red Jelly.

7. Lacoco En Nature

Memiliki visi untuk menyediakan produk skincare berbahan dasar dari alam, Lacoco En Nature berhasil menempati peringkat masker terlaris selanjutnya dengan 2.6% market share. Produk masker Lacoco yang tersedia di e-commerce antara lain Watermelon Glow Mask, Amazonian Charcoal Glow Mask, dan Bakuchiol Sheet Mask.

8. Daisy Organic

Produk masker dari Daisy Organic sebenarnya hampir sama dengan brand sebelumnya, yaitu masker bubuk organik. Penjualannya di Shopee dan Tokopedia selama 1-15 Agustus 2021 berhasil meraih 2.1% market share. Selain masker bubuk, Daisy Organic juga memiliki produk masker lain, yaitu peel-off mask.

9. Garnier

Peringkat kesembilan ditempati oleh brand asal Paris, Garnier dengan market share 2.0%. Garnier memiliki berbagai varian masker sesuai fungsinya, antara lain berbagai jenis sheet mask, jelly mask, hingga clay mask. 

10. Whitelab

Brand lokal Whitelab menutup daftar rekomendasi masker wajah terlaris dengan 1.8% market share. Hanya dengan satu listing produk masker, Whitelab sudah bisa menembus top 10 brand masker terlaris. Masker Whitelab yang tersedia di e-commerce adalah Mugwort Pore Clarifying Mask.

Tren Masker Wajah Terlaris Bulan Agustus 2021

tren masker wajah terlaris

Dari daftar brand masker wajah terlaris di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Agustus 2021 di atas, dapat ditarik kesimpulan jenis masker apa yang memiliki demand tinggi di e-commerce. Tim Compas telah merangkum pula rekomendasi masker wajah berdasarkan jenisnya melalui data produk listing terlaris. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Masker Organik

Masker organik menjadi yang populer di urutan pertama. Dapat dilihat dari daftar, terdapat 3 brand penyedia masker organik, yaitu Camille di peringkat pertama, Lea Gloria di peringkat ketiga, dan Daisy Organic di peringkat kedelapan.

Ditambah lagi, ada 3 produk masker organik dari daftar top 10 produk terlaris. Produk tersebut diantaranya adalah Masker Camille Organic di peringkat pertama, Masker Daisy Organic di peringkat kelima, dan Moringa Leaf Organic Mask by Acnelogy di peringkat kedelapan.

2. Sheet Mask

Digemari banyak orang karena kepraktisannya, sheet mask memiliki potensial besar di pasar masker e-commerce. Mengapa praktis? Pemakaian sheet mask hanya perlu ditempelkan di wajah karena bentuk produknya yang terdiri dari kapas atau katun berbentuk wajah yang telah direndam serum tertentu.

Performa penjualan produk sheet mask pun cukup tinggi. Innisfree Sheet Mask berhasil menduduki peringkat 4 produk terlaris di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Agustus 2021.

3. Sleeping Mask

Produk masker terakhir yang memiliki performa penjualan baik adalah sleeping mask. Tidak seperti maske pada umumnya yang hanya didiamkan 15-20 menit, sleeping mask bisa didiamkan selagi Anda tertidur.

Dari 10 produk masker wajah terlaris, terdapat 3 listing sleeping mask, yaitu Lacoco Watermelon Glow Mask, MAKO Fresh Glow Sleeping Mask, dan MS Glow Red Jelly. Umunya, sleeping mask tersebut memiliki benefit mencerahkan wajah di pagi hari setelah pemakaian.

 

Daftar masker terlaris Shopee dan Tokopedia tersebut menunjukkan brand penyedia masker organik menjadi yang populer. Data tersebut dapat digunakan untuk menentukan tren masker di bulan Agustus 2021 diikuti dengan riset melalui data produk terlaris.

Ingin mengakses data masker wajah terlaris selengkapnya? Compas Dashboard bisa membantu Anda melakukan riset pasar dengan menyediakan data berupa brand terlaris, produk terlaris, total penjualan, hingga total transaksi di Shopee dan Tokopedia.

Tidak perlu khawatir, data yang disediakan Compas Dashboard mudah dipahami. Anda juga dapat menentukan sendiri kategori dan periode waktu pilihan Anda. Tertarik mengakses datanya? Yuk, hubungi kami melalui link ini atau DM melalui Instaram Compas di link ini.


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us